Home Tips Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Belakang yang Diperbolehkan

Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Belakang yang Diperbolehkan

by Lara Nifa
Ide Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang

Untuk Anda yang baru mempunyai atau membeli rumah yang bersifat subsidi, pasti paham kalau rumah subsidi walau tidak luas, tetap akan menyisakan lahan belakang. Sesuai dengan aturan, rumah subsidi dapat direnovasi setelah menjalani kredit selama 5 tahun. Nah, sembari Anda menunggu selama 5 tahun, Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Belakang ini dapat menjadi acuan Anda jika nantinya mau melakukan renovasi. 

Selain telah menjalani kredit selama 5 tahun, ada beberapa aturan lagi yang harus dipatuhi jika ingin melakukan renovasi bagian belakang rumah. Seperti : dilarangnya membuat rumah bertingkat atau melakukan renovasi total.

Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Belakang

Umumnya pada bagian belakang rumah subsidi terdapat sisa lahan kosong dan Anda dapat memanfaatkan dan merubahnya menjadi ruangan yang Anda butuhkan. Berikut ini adalah beberapa ide renovasi yang bisa Anda lakukan untuk bagian belakang rumah subsidi:

  1. Dapur

Dengan menggunakan konsep terbuka untuk area Anda memasak, Anda bisa membuat dapur mini atau pantry minimalis di belakang rumah. Dapur dengan mini konsep yang terbuka ini akan membuat sirkulasi udara di rumahmu tetap terjaga karena asap dari hasil masakan Anda tidak akan masuk dan memenuhi bagian dalam rumah.

Konsep dapur terbuka pun memiliki daya tarik tersendiri. Disamping Anda akan mendapatkan sirkulasi udara yang bagus dan terjaga, dengan konsep dapur terbuka ini, Anda dapat membuat acara barbeque di sekitar area dapur terbuka. Anda dapat menambahkan meja dan kursi minimalis agar Anda dan teman – temanmu dapat duduk santai sambil membuat dan menikmati hidangan.

  1. Ruang Cuci

Anda juga dapat merenovasi rumah bagian belakang Anda menjadi ruang khusus untuk mencuci dan menjemur pakaian. Umumnya bagian atap menggunakan fiber atau kaca agar cahaya dapat masuk dengan maksimal ke area ruangan cuci. 

Anda ingin membuat pakaian lebih cepat kering dan ruang khusus terlihat lebih bagus, Anda dapat membuat ruangan cuci tersebut seperti area terbuka dengan memfokuskan bagian atap yang bisa dibuka dan ditutup. Dengan atap seperti itu, Anda dapat membuka ketika mengeringkan pakaian yang sedang Anda jemur dan menutupnya pada sore hari atau pada saat hujan turun.

  1. Kamar

Untuk Anda dengan kondisi keluarga banyak dan kekurangan tempat tidur, Anda dapat memanfaatkan lahan yang kosong di belakang rumah dengan menambahkan kamar. Untuk ukuran kamar tambahan memang tidak akan terlalu lebar dan luas karena memanfaatkan sisa lahan kosong, namun hal tersebut dapat Anda siasati dengan merancang desain yang tepat. Anda dapat menggunakan warna – warna yang netral atau pastel agar kamar tambahan terasa lebih luar.

  1. Taman

Bagi Anda yang menginginkan sirkulasi udara yang lancar, Anda dapat menjadikan lahan kosong di belakang rumahmu menjadi area terbuka dengan membuat taman kecil yang asri. Taman tersebut dapat Anda bentuk dengan menyesuaikan ukuran lahan seperti vertical garden atau taman mini. Taman mini inipun akan semakin mempercantik interior rumah Anda.

Beberapa tanaman yang bisa Anda pilih untuk mempercantik mini garden diantaranya lavender, melati, mawar, adenium , dan lain sebagainya.

  1. Kolam Ikan

Ide selanjutnya, Anda dapat membuat kolam ikan di lahan sisa belakang rumah. Anda dapat menambahkan unsur batu atau kaya pada kolam dan memberikan air mancur di bagian tengahnya agar kolam ikan Anda terlihat lebih indah dan estetik. Jenis ikan yang dapat Anda pelihara diantaranya ikan hias atau ikan yang dapat Anda konsumsi seperti nila, gurame, patin, ikan mas, dan lain – lain.

  1. Lahan Hijau

Anda dapat menjadikan area lahan kosong di belakang rumahmu sebagai lahan hijau. Anda dapat memberikan sentuhan atau dekorasi seperti rumput sintetis dan Anda dapat menambahkan beberapa tanaman obat yang dapat membuat lebih asri area belakang rumah.

  1. Area Bermain

Jika Anda termasuk keluarga kecil yang masih memiliki anak balita, ide area bermain bisa Anda terapkan untuk renovasi area belakang rumah. Anda dapat membuat taman kecil dan menambahkan beberapa permainan yang bisa anak Anda gunakan dengan aman seperti perosotan plastik, ayunan, ataupun fasilitas bermain yang lainnya. 

renovasi rumah

Desain semaksimal mungkin dengan menyesuaikan ukuran lahan agar area bermain tidak terkesan penuh. Yang perlu Anda perhatikan juga adalah jenis tanaman yang ada di area bermain anak. Usahakan agar tidak ada tanaman berduri yang dapat membahayakan anak ketika sedang bermain. 

Akan lebih baik jika Anda membuat dinding tembok yang tinggi agar area bermain terkesan lebih luar dan untuk bagian penutupnya, Anda dapat memakai kaca atau fiber agar pencahayaan yang masuk ke area bermain menjadi lebih baik dan pencahayaan akan tetap maksimal.

Bagaimana beberapa Ide Renovasi Rumah Subsidi bagian Belakang diatas? Apakah Anda sudah mendapatkan gambaran akan merancang desain seperti apa yang Anda inginkan dalam membangun lahan kosong di belakang rumah? Semoga beberapa ide di atas dapat menjadi acuan Anda. Selamat merenovasi.

Related Posts