Home Tips Ide Renovasi Rumah Kecil dengan Budget Terbatas

Ide Renovasi Rumah Kecil dengan Budget Terbatas

by Lara Nifa
renovasi rumah kecil

Sudah bosan dengan suasana rumah yang gitu – gitu aja? Ingin suasana baru ? Saatnya melakukan renovasi. Budget terbatas? Ikuti saran – saran di artikel ini ya. Artikel ini akan memberikan beberapa ide Renovasi Rumah Kecil atau minimalis.

Ide Renovasi Rumah Kecil

Bagi banyak orang dan tentunya Anda pasti menginginkan hunian yang nyaman walaupun hunian yang mereka tempati tergolong kecil apalagi jika hunian atau rumah Anda masih menggunakan desain lama atau desain khusus perumahan. Nah, berikut adalah beberapa ide renovasi rumah kecil yang bisa Anda ikuti.

  1. Kembali ke Awal

Jika Anda ingin lebih murah dan mudah, Anda bisa mengembalikan atau menggunakan elemen – elemen dasar rumah Anda. Anda bisa menggunakan warna – warna dasar dalam melakukan renovasi dan menggunakan perabot atau furniture minimalis tanpa detail berlebih. Dengan begitu , Anda akan merasakan suasana rumah yang lebih baru dan tentunya dengan gaya yang umum dan abadi tidak mengharuskan Anda merenovasi rumah lagi di kemudian hari.

  1. Warna Baru

Suasana rumah yang tidak nyaman tentu dapat dihasilkan dari warna yang sudah mulai usang dan memudar. Sebenarnya untuk membuat rumah Anda terasa hidup dan nyaman lagi, tidak perlu harus melakukan renovasi besar besaran lho. Anda bisa mewarnai atau mengganti warna rumah Anda ke warna yang lebih cerah dan hidup. 

Sebelum Anda mengerjakan renovasi, Anda perlu memperhatikan warna – warna perabot di rumahmu agar Anda dapat memilih warna apa yang cocok untuk dinding, lantai, ataupun plafon yang sesuai dan serasi dengan warna perabot yang ada.

  1. Pola Floral

Pola floral saat ini sedang tren dan bisa Anda gunakan untuk melakukan renovasi rumah. Pola floral ini dapat membuat interior hasil renovasi menjadi lebih hidup.

  1. Material Desain

Masih merasa kurang puas dengan renovasi rumah yang Anda lakukan? Mungkin Anda perlu menambahkan material yang berbeda untuk visual yang lebih baik. Anda bisa merenovasi dinding utama dengan material yang berbeda. 

Lantai keramik yang Anda gunakan bisa Anda ubah atau kombinasikan dengan lantai vinyl atau parket. Hal ini bertujuan untuk memberikan visual yang jauh lebih kuat.

ide renovasi rumah

Anda juga dapat menambahkan elemen – elemen material melalui perabotan baru. Namun perlu Anda ingat bahwa Anda tidak perlu untuk mengganti semua perabot atau material yang lain. Anda dapat menghemat biaya dengan masih mempertahankan sebagian elemen material.

  1. Pencahayaan

Kebanyakan rumah yang tidak membuat nyaman adalah dengan pencahayaan yang sedikit sehingga suasana rumah akan terasa suram. Anda dapat menata ulang pencahayaan yang ada di rumah Anda.

Anda dapat mengkombinasikan jenis lampu yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruang rumah Anda. Anda bisa memaksimalkan dari lampu gantung, spotlight, lampu baca, hingga lampu dekorasi. Saat melakukan renovasi rumah, Anda perlu memperhatikan pemilihan warna cahaya lampu agar dapat sesuaikan dengan atmosfer ruangan yang Anda inginkan. Dan  pastikan semua posisi – posisi lampu memang sesuai pada tempatnya.

  1. Tanaman

Salah satu tujuan renovasi adalah agar dapat menyegarkan rumah, sehingga dalam beraktivitas di dalam rumah akan terasa lebih nyaman. Yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan dan penempatan tanaman saat melakukan renovasi rumah.

Penambahan tanaman didalam rumah dapat membuat rumah menjadi jauh lebih segar. Anda dapat menambahkan tanaman seperti aneka jenis monstera, kaktus, atau tanaman pembawa hoki lainnya.

Selain menempatkan tanaman di dalam rumah, Anda juga dapat memanfaatkan ruang terbuka untuk menyatukan lingkungan alam dengan bagian rumah.

  1. Update Gaya dengan Furniture Baru

Anda tentunya tidak ingin ketinggalan zaman dan tren yang ada. Saat melakukan renovasi rumah, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti gaya mulai dari perabot hingga ruangan lain yang Anda miliki. Anda dapat mencari referensi dari desain – desain terkini agar Anda dapat memastikan bahwa Anda berhasil memperbarui gaya . 

Anda juga perlu memperhatikan tren material dan menggunakan warna yang kekinian agar renovasi rumahmu tetap sesuai dengan masa kini.

Apakah Anda sudah mendapatkan ide bagaimana Anda akan melakukan renovasi rumahmu? Anda harus dapat memahami betul tentang bagaimana desain yang Anda inginkan agar proses renovasi rumahmu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan Anda.

Selain paham mengenai desain renovasi yang Anda inginkan, Anda juga harus teliti saat melakukan renovasi agar sesuai dengan urutan dan langkahnya. Jika Anda masih bingung , Anda dapat mengkonsultasikan dengan orang yang lebih ahli dan berpengalaman seperti arsitek atau kontraktor. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil renovasi yang sesuai dengan harapan Anda.

Demikian beberapa Ide Renovasi Rumah Kecil. Semoga informasi diatas dapat berguna dan bermanfaat buat Anda tentu dapat menjadi acuan Anda dalam merenovasi rumah agar lebih nyaman untuk dihuni.

Related Posts