Home Bisnis dan Usaha Ide Promosi yang Mudah Dijalankan UMKM

Ide Promosi yang Mudah Dijalankan UMKM

by Lara Nifa

Jika Anda sudah mempelajari hal terkait manajemen pemasaran serta riset pemasaran, sekarang Anda mulai untuk menerapkan pengetahuan yang dimiliki denagn menyusun strategi pemasaran. Seluruh jenis usaha dan bisnis baik skala yang besar atau kecil, memerlukan strategi pemasaran yang merupakan dasar dari aktivitas pemasaran.

Sementara itu, strategi pemasaran bukan hanya fokus dengan bagaimana cara memperoleh keuntungan, namun juga fokus pada membangun suatu brandi barang atau jasa.

Pada praktiknya, menerapkan skema pemasaran sebaiknya selalu mengikuti apa yang sedang ramai di masyarakat, sehingga dapat mengikuti arus keinginan dan kebutuhan pelanggan untuk satu periode tertentu. Terutama di zaman yang semuanya sudah serba digital seperti sekarang ini.

Tidak menjadi sebuah rahasia lagi saat ini, bahwa persaingan bisnis di era digital sudah semakin sengit. Setiap bidang usaha atau bisni berlomba-lomba untuk memperoleh perhatian para konsumen. Memberikan kemudahan akses serta persaingan produk menjadi kunci utama pemasaran untuk di era digital.

Terlepas dari itu, kita kali ini hanya fokus ke usaha UMKM, dimana jumlah UMKM di negara Indonesia saat ini semakin banyak, menuntut para pelaku UMKM mau tidak mau harus lebih inovatif dan kreatif dalam membangun strategi pemasaran paling efektif agar UMKM yang dijalankan dapat berkembang sesuai yang diinginkan.

Agar membuat UMKM Anda dapat tumbuh dan semakin maju, terdapat lima ide promosi yang efektif serta dapat Anda terapkan pada UMKM Anda, antara lain:

1.       Menciptakan Produk yang Unik

Ketika akan melakukan promosi, sebelumnya Anda perlu menyiapkan sebuah produk yang unik jika dibandingkan oleh produk yang ada pada kompetitor atau pesaing bisnis Anda.

Menciptakan suatu produk yang unik bisa membantu Anda menghadapi persaingan bisnis yang ketat serta membuat para konsumen semakin loyal menggunakan barang atau jasa dari produk yang Anda miliki. Tidak hanya itu saja, produk yang unik pun justru dapat membuat iklan Anda menjadi semakin menarik, sehingga para calon konsumen mulai tertarik dan berpeluang meningkatkan jumlah omset secara signifikan.

2.       Membuat Tujuan Iklan  Produk yang Jelas

Apabila Anda sudah menciptakan produk yang sedikit unik, upaya selanjutnya yakni menyusun tujuan iklan dari produk Anda dengan jelas. Jika tujuannya jelas, maka akan mempermudah Anda dalam mencapai apa yang diinginkan.

Contohnya, misal Anda mempunyai UMKM di bidang kuliner, maka tujuan iklan akan Anda capai yakni memperkenalkan produk seperti varian rasa atau kemasan terbaru ke para konsumen. Dengan begitu ketika membuat sebuah iklan, Anda hanya fokus ke satu tujuan itu.

3.       Melakukan Online Marketing

Memiliki UMKM yang berhasil dan dikenal banyak orang, merupakan impian semua pelaku UMKM. Melakukan pemasaran melalui online atau sering dikenal dengan sebutan Online Marketing adalah salah satu skema pemasaran yang ampuh untuk mempromosikan produk UMKM Anda.

Online marketing tersebut akan membantu Anda untuk memperoleh pelanggan potensial, dan menjadi nomor satu di Google, serta dikenal oleh orang banyak. Terdapat beberapa skema online marketing yang dapat Anda lakukan, misalnya Google Ads, social media marketing, content marketing, video marketing dan lain sebagainya

4.       Membuat Promo yang Menarik

Menciptakan ide promosi yang menarik merupakan cara untuk menggaet calon konsumen untuk memesan produk barang dan jasa yang Anda tawarkan. Konsumen akan semakin mudah tertarik saat mendengar sebutan promo.

Dimana promo bisa berupa kupon hadiah, potongan harga, cashback, hingga berbagai promo menarik lainnya. Anda bisa menyediakan promo pada momen atau hari hari penting, misalnya libur saat awal atau akhir tahun, hari raya idul fitri, natal, imlek dan hari-hari besar lainnya. Banyak perusahaan besar selalu melakukan metode tersebut, meski produk yang mereka miliki sudah banyak dikenal dan dicintai oleh pelanggannya.

Tapi masih saja melakukan promosi tersebut, nah hal ini bertujuan supaya produk yang mereka jual atau brand yang mereka miliki tetap terus bersaing oleh para kompetitornya. Karena memiliki sebuah bisnis bukan hanya sebatas membangun dan memulai tapi bagaimana caranya agar bisnis tersebut dapat terus berdiri

5.       Konsisten

Ide promosi yang mudah dijalankan UMKM Anda berikutnya yakni Anda harus konsisten ketika menerapkan strategi pemasaran yang dilakukan, yang mana tujuannya agar dapat membangun kepercayaan para pelanggan terhadap UMKM milik Anda.

Misalnya saat menerapkan strategi seperti content marketing agar dapat mempromosikan UMKM Anda, maka cobalah untuk konsisten dalam membuat berbagai inovasi serta selalu melakukan evaluasi agar dapat menciptakan konten yang memiliki kualitas terbaik.

Demikianlah beberapa ide promosi yang bisa Anda terapkan dalam upaya mengembangkan UMKM supaya usaha Anda bisa semakin maju. Saat ini berbagai informasi dunia bisnis, semuanya dapat Anda peroleh melalui internet. Jadi tidak perlu ragu dan khawatir untuk hal ini, asalkan memiliki tekad yang kuat dan selalu ingin memberikan yang terbaik. Akan selalu ada jalan agar membawa Anda bisa mencapai tujuan bisnis

Related Posts