Home Bisnis dan Usaha Ide Jualan Online yang Menguntungkan dengan Modal Minim

Ide Jualan Online yang Menguntungkan dengan Modal Minim

by Lara Nifa
ide jualan online

Berjualan adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperoleh pendapatan. Di mana, saat ini sendiri jika ingin berjualan pun sudah sangat mudah, yaitu dengan cara online. Namun, ketika ingin berjualan tentu saja membutuhkan modal. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa ide jualan online yang menguntungkan dan hanya membutuhkan modal minim? Dalam artikel ini akan dirangkum jenis jualan online yang bisa Anda jalankan. 

Ide Jualan Online dengan Modal Minim 

Mencari ide untuk berjualan online sebenarnya mudah, apalagi jika Anda bisa membaca peluang. Sudah pasti Anda akan menemukan ide untuk jualan online dengan modal yang tidak terlalu besar. Berikut ini adalah beberapa jenis jualan online yang tidak membutuhkan banyak modal: 

  • Dropshipper 

Ide berjualan online pertama dan tidak membutuhkan modal besar adalah droshiper. Ide jualan yang satu ini sendiri adalah memasarkan barang dari supplier, di mana Anda tidak melakukan proses pengiriman sendiri. Anda hanya perlu selalu update barang apa saja yang masih tersedia, lalu Anda pasarkan. 

Saat ada pesanan masuk, maka selanjutnya Anda hanya perlu melakukan konfirmasi ke supplier dan membayarkan harga barang beserta dengan ongkos kirimnya. Keuntungan yang didapatkan adalah Anda dapat menaikan harga jual dari barang tersebut. Maka bisa dikatakan keuntungan 100% untuk Anda, tanpa harus Anda melakukan pengiriman dan lain sebagainya. 

Namun, jika ingin menjadi dropshipper maka Anda harus mencari supplier yang terpercaya serta memiliki kualitas barang yang bagus. Selain itu, Anda juga tidak boleh diam saja, dalam artian adalah selalu mengupdate barang dagangan dari supplier. Karena sudah jelas, dropshipper dari supplier tersebut bukan hanyalah Anda. 

  • Reseller

Ide untuk jualan online selanjutnya adalah reseller. Banyak sekali yang sulit membedakan antara reseller dan juga dropshipper. Kalau dropshipper adalah hanya menjualkan dan yang melakukan pengiriman adalah dari pihak supplier. Maka reseller ini layaknya supplier, di mana melakukan pemasaran dan pengiriman sendiri. 

Untuk menjadi reseller yang handal sendiri, Anda harus bisa menarik perhatian dengan produk menarik dan juga harga yang bersaing. Di mana tentu saja barang yang dijual haruslah berkualitas. Selain itu, menjadi reseller ada baiknya Anda menyediakan stock yang dalam jumlah tertentu, tidak usah terlalu banyak. 

  • Menjual jasa penulisan artikel 

Salah satu usaha online yang juga bisa Anda lakukan di rumah dan tidak membutuhkan modal besar adalah dengan menjual jasa pembuatan artikel. Menjamurnya blog atau website bisa menjadi peluang yang cukup besar. Di mana pemilik blog dan website ini akan mencari penulis berkualitas untuk membuat konten artikel yang menarik dan original. Cukup sediakan saja jaringan internet dan juga laptop untuk memulai bisnis ini. 

Blog dan website ini sendiri juga tidak hanya membutuhkan penulis untuk mengisi konten, tapi juga ada yang membutuhkan penulis agar bisnis yang dijalankan dapat menjangkau konsumen lebih luas. Maka dari pada itu, apabila Anda mempunyai kemampuan menulis, Anda dapat mencoba menjual jasa menulis artikel ini. 

  • Menjual jasa video maker dan editing 

Tidak hanya content dalam bentuk tulisan yang dibutuhkan saat ini, tapi pembuat video ataupun editingnya juga banyak dicari. Apabila Anda memang memiliki kemampuan dalam pembuatan video serta melakukan editing, tidak ada salahnya menjual kemampuan Anda. Biasanya video yang dibuat adalah untuk produk ataupun promosi lainnya. 

ide jualan online

Di mana modal yang perlu Anda siapkan adalah kamera, laptop serta jaringan internet. Lalu Anda bisa mempersiapkan portofolio yang dapat Anda upload di platform seperti instagram, TikTok ataupun Youtube. Menjual jasa yang satu ini sendiri memiliki peluang yang sangat besar karena hampir seluruh produk membutuhkan video promosi. 

  • Menjual jasa graphic design 

Tidak dapat dipungkiri bahwa digital adalah salah satu aspek yang memiliki peluang luas untuk membuka bisnis. Salah satu ide berjualan online yang bisa dijalankan adalah dengan menjual jasa desain grafis. Jika Anda memang mempunyai kemampuan dalam mendesain, baik itu untuk foto atau membuat desain logo dan lain sebagainya, tidak ada salahnya mengambil peluang ini. 

Banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa graphic design untuk membuat logo ataupun lainnya. Di mana bayaran yang diberikan pun cukuplah besar, apalagi jika bisa membuat desain untuk perusahaan ternama.

  • Menjual jasa website maker 

Memiliki kemampuan dibidang pembuatan website? Anda bisa juga menjual kemampuan tersebut dengan membuka usaha pembuatan website. Seperti yang sudah disinggung, banyak sekali bisnis yang saat ini menggunakan digital marketing, di mana website adalah media yang mereka butuhkan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal yang cukup minim dan hal paling penting adalah mampu membuat website menarik dan mudah diakses. 

Itulah beberapa ide jualan online yang dapat dijalankan dengan modal minim. Di mana dapat terlihat bahwa penjualan dalam bentuk jasa sangatlah besar peluangnya. Maka manfaatkan sebaik mungkin peluang-peluang tersebut.

Related Posts