Home Bisnis dan Usaha Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan

by Lara Nifa

Menjadi seorang pegawai pns atau swasta dapat menjadi satu kebanggan sendiri sebab anda akan dianggap mempunyai penghasilan yang tetap tiap bulannya. Hanya saja, penghasilan bulanan tersebut terkadang tidak dapat mencukupi guna menambah harta dan aset kekayaan, menabung dan berinvestasi.

Bila anda memang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membuka bisnis sampingan. Ada beberapa jenis usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dijalankan guna memperoleh penghasilan tambahan. 

Usaha sampingan bagi karyawan untuk penghasilan tambahan

Bisnis sampingan ini tentunya harus dapat berjalan selaras dengan aktivitas utama anda. Jangan sampai malah mengganggu kegiatan anda dan membuat anda menjadi tidak produktif. 

Dropship atau reseller fashion online

Bisnis sampingan bagi karyawan yang banyak dilakukan adalah menjadi dropship atau reseller untuk produk fashion dan dijual melalui online. Dengan anda memilih menjadi reseller pakaian atau produk fashion online.

Untuk menjalankan bisnis ini anda tidak memerlukan modal besar. Karena nantinya anda hanya menjual dan mempromosikan barang yang telah disediakan oleh pihak supplier. Harganya sendiri, bisa anda naikkan sesuai dengan harga pasaran sewajarnya. Jangan terlalu tinggi, namun tidak rendah juga.

Menjual kopi 

Membuka bisnis minuman, seperti kopi memang sekarang ini sedang banyak diminati anak muda. Tentunya bisa menjadi kesempatan bagi anda yang ingin memulai bisnis sampingan seorang pegawai. Berjualan kopi tidak berarti harus membuka sebuah kedai kopi dengan skala besar. Anda bisa menjajakannya kepada rekan kerja dan juga sekitarnya.

Investasi 

Untuk yang satu ini, cocok bagi Anda yang memang ingin menambah penghasilan tetapi tidak mempunyai waktu untuk melakukan banyak kegitama karena pekerjaan utama saja cukup menyita waktu.

Anda bisa memilih berinvestasi pada saham atau reksadana yang bisa disesuaikan dengan kemampuan serta penghasilan bulanan. Namun, tentunya Anda juga harus mencari tahu terlebih dahulu instrumen apa saja yang sekira cocok dengan Anda.

Mengikuti program affiliate 

Apabila Anda menginginkan penghasilan namun tidak harus melakukan sesuatu, dalam arti kata passive income. Anda bisa mengikuti program yang bernama affiliate marketing, ini adalah kegiatan dimana Anda hanya perlu menyebarkan sebuah kode referral dan mempromosikan suatu produk pada seluruh media sosial yang Anda miliki atau platform lainnya, seperti website, blog, serta landing page.

Setiap kali ada yang mengklik URL atau kode tersebut, kemudian mereka meresponnya seperti misalnya membeli barang mendownload, registrasi dan lain sebagainya. Anda akan mendapatkan komisi.

Program affiliate ini memang dapat memberikan tambahan penghasilan secara online dengan nominal yang cukup besar bila dilakukan secara konsisten. Namun, jujur saja melakukan hal ini membutuh komitmen serta kesabaran dan Anda juga harus mempunyai pengetahuan tentang SEO.

Jasa freelance penerjemah

Jika Anda merupakan orang yang memiliki kemampuan berbahasa asing misalnya bahasa jepang, inggris, italia, mandarin, korea atau bahasa asing yang lainnya. Jadi, manfaatkan keahlian Anda tersebut guna menjadi usaha sampingan bagi pegawai sebagai pekerja lepas.

Jasa pekerja lepas pada sektor penerjemah dapat berupa mentranslate dokumen surat kabar, kantor, artikel dan jurnal. Tentukan biaya per katanya atau berapa lembar. Jadi setiap kali melaksanakan tugas Anda memperoleh uang sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per artikelnya. 

Menjadikan pekerjaan ini sebagai usaha sampingan bagi pegawai dapat menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan, sebab tidak menghabiskan waktu lama serta pekerjaanya pun bisa dilakukan ketika sudah pulang.

Bisnis barang rental atau sewa

Bisnis barang rental merupakan salah satu bisnis sampingan bagi pegawai yang banyak peminatnya. Dimana Anda bisa membuka bisnis barang sewa apapun, misalnya seperti kendaraan, rental kamera, baju dan alat camping.

Contohnya Anda mempunyai koleksi tas yang unik atau bermerk, bisa Anda jadikan sebagai kesempatan dengan menyewakannya kepada teman atau rekan yang sedang memerlukannya untuk satu kepentingan. Jasa sewanya sendiri bisa dihitung perhari atau per jam tergantung kesepakatan saja.

Jasa membuat website atau blog

Para era digital seperti saat ini, kehadiran website atau blog tidaklah asing. Pemilik website dan blog tidak cuma sebagai media promosi semata. Sekarang pengguna blog serta website telah banyak digemari oleh organisasi dan perusahaan besar guna memperkenalkan citra dari produk mereka.

Demikianlah sedikit rekomendasi mengenai ide usaha yang bisa dilakukan oleh karyawan guna menambah penghasilan atau peluang bisnis yang bisa Anda pilih. Ingat, apabila telah memutuskan untuk berbisnis di sela kegiatan bekerja, Anda harus mempunyai kesiapan tidak hanya fisik tetapi juga mental.

Bagaimana pun juga memiliki dua pekerjaan akan menghabiskan energi dan pikiran Anda. Oleh karena itu sebaiknya pilih pekerjaan atau usaha tambahan yang lebih ringan bila dibandingkan dengan pekerjaan utama agar Anda dapat fokus dalam melakukan aktivitas tersebut.

Related Posts