Home Bisnis dan Usaha Ide Bisnis Rumah untuk Pensiunan

Ide Bisnis Rumah untuk Pensiunan

by Lara Nifa

Masa pensiun adalah masa yang salah satu fase yang ditunggu dan juga dibenci oleh banyak orang. Fase ketika kita sudah dianggap terlalu tua untuk bekerja dan berhenti dari pekerjaan yang setiap hari kita lakukan. Bagi mereka yang mempunyai jaminan dana pensiun entah dari pekerjaan atau tabungan pasti cukup menyenangkan karena itulah mas akita menikmati hasil jerih payah yang sudah dilakukan selama ini.  

Walaupun sudah memasuki masa pension, tidak ada salahnya bila tetap berbisnis untuk menambah pundi-pundi uang ataupun sebagai kegiatan untuk melepas kejenuhan dan juga menghindari stress pasca pensiun. Banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa harus keluar jauh dari rumah tapi tetap bis menghasilkan dan juga sebagai kegiatan sehari-hari. Kira-kira apa saja sih ide bisnis yang bisa dilakukan untuk para pensiunan? Yuk mari kita simak beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah oleh pensiunan.

Ide bisnis rumah untuk pensiunan

  • Toko kelontong

Salah satu yang bisa dilakukan ketika pensiun adalah membuka toko kelontong. Menjual produk keperluan sehari-hari selain bisa menghasilkan, juga bisa untuk kegiatan untuk menghindari stress dan juga kejenuhan pasca pensiun yang sering terjadi. Bisnis toko kelontong yang menjual produk kebutuhan sehari-hari juga mudah dijalankan serta mempunyai tingkat kerugian yang kecil.

  • Sembako

Bisnis Sembako bisa dilakukan bersamaan dengan membuka toko kelontong sebagai salah satu produk yang dijual ataupun kita bisa focus menjual sembako saja. Sebagai kebutuhan pokok untuk semua keluarga, sembako pasti bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan bagi pensiunan.  Kita bisa menjual beras, minyak goreng, telur dan juga bahan-bahan makanan lain yang sekiranya cukup laris di area sekitar rumah yang menjadi sasaran utama dari sembako yang akan kita jual. 

  • Kontrakan dan kos-kosan

Salah satu bisnis sekaligus investasi yang bisa dilakukan oleh para pensiunan adalah kontrakan ataupun kos. Kita bisa menyewakan kamar yang sudah tidak terpakai ataupun memanfaatkan lahan yang kita miliki untuk dibangun kamar-kamar ataupun rumah yang bisa kita sewakan untuk menjadi passive income ataupun penghasilan utama ketika kita sudah menjalani masa pensiun. Untuk bisnis ini memang memerlukan modal yang cukup besar untuk menyiapkan kamar-kamar serta fasilitasnya, tapi usaha kontrakan dan atau kos-kosan ini cukup menjanjikan sebagai passive income maupun penghasilan utama setelah memasuki masa pensiun.

  • Beternak

Bisnis yang sesuai dengan hobi dan juga passion pasti sangat menyenangkan terlebih lagi ketika kita sudah memasuki masa pensiun. Salah satu ide bisnis yang bisa sesuai dengan hobi adalah dengan beternak. Kita bisa memelihara berbagau jenis hewan yang memang kita sukai dan kita menjual hasil ternakan kita sebagai bisnis dan sumber penghasilan. Banyak jenis hewan yang bisa diternakkan di rumah. Kita bisa beternak berbagai jenis ikan mulai dari ikan hias yang tidak memerlukan tempat yang terlalu luas hingga ikan konsumsi seperti ikan lele, nila, bawal, ikan mas, hingga ikan gurame yang menjadi raja di pasar ikan konsumsi. Selain itu kita bisa juga beternak unggas pedaging seperti ayam, bebek, ataupun angsa serta burung-burung kicau yang harganya juga cukup bagus untuk dijadikan bisnis. Apabila kita mempunyai lahan yang cukup luas, beternak sapi ataupun kambing juga bisa menjadi pilihan yang cukup menarik untuk dilakukan.

  • Berkebun dan Tanaman hias

Selain berbisnis dengan beternak hewan, kita bisa juga berbisnis tanaman hias ataupun hasil kebun yang bisa kita lakukan di rumah. Apabila lahan yang kita miliki tidak cukup luas, kita bisa berbisnis tanaman hias yang cukup laku di pasaran. Banyak jenis tanaman hias yang tidak memerlukan tempat yang luas dan cukup mudah untuk dibudidayakan dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi kita yang sudah memasuki masa pensiun. Kita juga bisa menjual tabulampot (tanaman buah dalam pot) yang menjadi komoditi yang tak lekang oleh zaman dan tidak termakan oleh tren tanaman hias yang selalu berubah. Selain itu apabila kita mempunyai lahan luas, kita bisa berkebun dan menanami lahan kita dengan berbagai macam tanaman yang bisa menghasilkan buah yang bisa kita jual dan bisa menghasilkan. Ada beberapa jenis tanaman buah yang bisa kita tanam dan bisa menghasilkan buah relatuf cepat dan sangat laku dipasaran seperti papaya dan pisang. Kita juga bisa menanami lahan kita dengan berbagai jenis sayuran yang bisa dipanen dalam interval waktu yang cukup pendek. 

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan oleh para pensiunan. Umur yang tua bukan berarti harus menjadi halangan untuk tetap produktif. Hanya saja kita harus mempertimbangkan kemampuan dan kekuatan fisik agar tetap sehat dan bahagia di hari tua. 

Related Posts