Home Bisnis dan Usaha Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Cocok Dijalankan Mahasiswa

by Lara Nifa

Bisnis modal kecil untung besar sering menjadi kendala untuk mereka yang tertarik terjun ke dunia bisnis. Para mahasiswa misalnya, pasti ada yang memikirkan bagaimana cara berbisnis sambil tetap kuliah. Kalau tidak ingin bergantung pada kiriman orang tua, maka mereka dituntut untuk kreatif dan lebih mandiri. Berbekal kreativitas dan kejelian melihat peluang, sebenarnya ada banyak peluang usaha yang dapat dicoba. Asalkan berani mengambil resiko dan mau mengeluarkan modal untuk memulai usaha yang tepat.

Akan lebih baik mempersiapkan diri sedari awal karena cepat atau lambat, yang namanya mahasiswa itu akan menghadapi tantangan dunia kerja. Bisnis bagi mahasiswa bukan hanya menambah uang saku, tapi juga sebagai pengalaman dan modal ketika lulus kuliah. Dengan berbisnis, tak perlu lagi memusingkan masalah keuangan dan tak perlu repot mencari pekerjaan yang bagus.

Anda masih mahasiswa dan ingin memulai usaha? Berikut kami kumpulkan beberapa ide usaha modal kecil untung besar yang dapat dijalankan sesuai minat, bakat dan keterampilan.

1. Online Shop

Mahasiswa dapat menjual berbagai barang kebutuhan pokok maupun sekunder secara online. Misalnya fashion, mulai dari sepatu, pernak-pernik, rok atau celana, dan berbagai macam baju. Promosikan barang dagangan melalui sosial media atau grup jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi. Nah, Anda dapat menargetkan pelanggan dari masyarakat luas, tidak hanya teman-teman kampus saja. Berkat teknologi internet yang canggih, penjualan online shop semakin mudah dilakukan.

Saat ini ada beberapa platform jual beli yang dapat dimanfaatkan mahasiswa. Anda dapat menjual barang sendiri atau milik orang lain. Tidak punya barang yang dapat dijual? Tenang, sekarang ada produk dari reseller atau dropshipper yang menyediakan berbagai kebutuhan. Bisnis online shop tidak membutuhkan banyak modal, namun bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar bagi pelaku usaha ini.

2. Pulsa Elektrik

Kebanyakan mahasiswa memilih bisnis pulsa elektrik karena tidak butuh banyak modal. Bisnis ini pun mudah dijalankan, dari mana saja dan kapan saja. Hasil jualan pulsa elektrik cukup menguntungkan, bisa bantu bayar kos atau cicilan. Dalam sekali penjualan, keuntungan yang diperoleh berkisar antara 500 rupiah hingga 1500 rupiah.

Meskipun untung, bukan berarti tdk ada resiko dibaliknya. Itu karena Anda harus siap menghadapi konsekuensi dari pelanggan yang berhutang. Terlebih kalau pelanggan tersebut adalah teman atau saudara sendiri. Sebaiknya sebelum memulai bisnis pulsa elektrik, Anda telah memperhitungkan kemungkinan terburuk apa saja yang akan dihadapi.

3. Makanan Kecil atau Snack

Ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan mahasiswa bila letak kantin kampus cukup jauh dari ruang perkuliahan. Yakni dengan menjual makanan kecil di ruang kelas. Peluang bisnis ini muncul ketika jeda singkat di saat pergantian mata kuliah. Makanan kecil seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan mahasiswa untuk mengganjal perut sembari menunggu perkuliahan selesai.

4. Les Privat

Bisnis les privat cocok untuk mahasiswa yang senang belajar dan punya kemampuan mengajar. Kalau tertarik, Anda dapat menawarkan jasa kepada orang tua pelajar SD, SMP, sampai SMA. Untuk mata pelajaran les privat dapat disesuaikan keterampilan. Kalau jurusan ilmu sains maka Anda dapat mengajar pelajar matematika, kimia, biologi, atau fisika.

Bahkan bisa mengajar mata pelajaran umum sekolah seperti bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bisnis les privat dapat memberikan dua keuntungan, pertama memperdalam materi dan kedua berupa uang saku tambahan. Biasanya bisnis ini laris manis menjelang ujian nasional hingga ujian masuk perguruan tinggi negeri.

5. Jasa Pengetikan dan Print

Cukup menjanjikan bagi mahasiswa karena bisnis ini selalu dibutuhkan. Jasa pengetikan dan print saat ini dipilih oleh mereka yang tidak memiliki perangkat cetak. Untuk memulainya, Anda perlu kemampuan dalam pengetikan. Lakukan yang terbaik agar pelanggan puas dan kembali menggunakan jasa Anda. Silahkan sediakan komputer, printer, kertas, dan tinta sebagai modal utama. Anda dapat membeli perangkat bekas untuk menghemat biaya.

5. Jual Beli Buku Bekas

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan, setiap mahasiswa tentu memerlukan buku-buku akademik. Hal ini menjadi peluang bisnis untuk Anda dengan menjual buku bekas sebagai alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa. Temukan supplier buku yang harganya lebih murah dan layak digunakan. Kemudian jual kembali kepada orang lain yang membutuhkannya.

6. Blogger dan Programmer Web

Ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan oleh mahasiswa jurusan Teknologi Informatika. Yakni jasa pembuatan blog dan programmer web. Anda dapat menjual situs, e-commerce, atau blog yang menghasilkan passive income. Ada banyak cara monetize blog, mulai dari pasang iklan, PPC (Pay Per Click), atau menjual produk online. Semakin banyak pengunjung di situs atau blog Anda, maka semakin banyak pihak yang ingin membuat iklan atau konten di halaman utama. Dengan begitu, Anda akan mendapat keuntungan dari situs yang dibuat.

Demikian beberapa ide bisnis modal kecil untung besar yang cocok untuk mahasiswa. Pilih dulu salah satu ide yang menurut Anda memiliki peluang besar di masa mendatang. Selamat mencoba.

Related Posts