Home Bisnis dan Usaha Ide Bisnis Menggunakan Mobil Pribadi

Ide Bisnis Menggunakan Mobil Pribadi

by Lara Nifa

Apabila Anda memiliki mobil yang tidak digunakan dan hanya menganggur saja di garasi, daripada rusak mengapa tidak Anda manfaatkan saja untuk menjalankan satu bisnis yang pastinya akan menjanjikan cuan yang banyak.

Sayangnya, kebanyakan orang yang mempunyai mobil hal pertama yang terlintas dipikirannya adalah mendaftar sebagai taksi online. Padahal ada begitu banyak usaha lain yang bisa dilakukan. Penasaran? Simak artikel ini sampai selesai.

Ide usaha dengan memanfaatkan mobil pribadi

Sebenarnya Anda pasti sudah pernah melihat beberapa bisnis yang memanfaatkan mobil di beberapa tempat, hanya saja Anda tidak menyadarinya atau merasa bila mobil yang saat ini dimiliki bukanlah jenis yang bisa digunakan untuk hal-hal tersebut.

Padahal sebenarnya, jika mau bisa saja dilakukan apapun jenis mobilnya. Karena hal terpenting adalah niat Anda untuk bisa memiliki usaha sendiri. Nah, berikut dibawah ini adalah beberapa bisnis yang dapat dilakukan dengan mobil :

Menggunakan konsep foodtruck

Pertama foodtruck, walau memang akan lebih cocok jika jenis mobil yang digunakan adalah mobil box atau mini van. Karena bisa Anda rombak bagian belakangnya untuk berjualan makanan, serta memasukkan perlengkapan yang dibutuhkan.

Berjualan makan dengan konsep seperti ini akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya Anda tidak perlu menyewa tempat. Tentunya juga lebih efektif serta efisien, Anda bisa berpindah tempat tanpa harus membongkar pasang semua perlengkapan.

Jualan makanan keliling

Untuk yang satu ini sebenarnya sudah banyak sekali contohnya, misalnya Dika Bakery, Bolu Amanda dan beberapa lainnya. Anda bisa mangkal di pinggir jalan atau berkeliling di kawasan tertentu dan menawarkan jualan menggunakan pengeras suara supaya banyak orang yang datang untuk membeli.

Jualan produk

Selanjutnya adalah menjual produk-produk tertentu menggunakan mobil dan berkeliling di kawasan yang memang diinginkan atau berhenti disatu lokasi yang cukup ramai. Anda dapat menjual sepatu, masker kesehatan, pakaian atau hal-hal yang berhubungan dengan aksesoris.

Berjualan sayur

Walau biasanya para pedagang sayur akan menggunakan gerobak atau dipikul, namun ada juga yang memakai motor dan juga mobil. Tentunya ketika menggunakan mobil, akan lebih banyak sayur yang bisa dibawa dan dijual.

Untuk mendapatkan sayur-sayur segar tentunya Anda harus bangun lebih pagi dan pergi ke pasar guna membeli beragam jenis sayuran kemudian langsung berkeliling supaya para pelanggan tidak pergi ke pedagang lainnya.

Jasa travel

Selanjutnya adalah travel, tetapi ini akan lebih baik bila mobil yang dimiliki berupa minibus atau MPV, karena pastinya bisa membawa orang dalam jumlah lebih banyak. Untuk tarif, tentu saja ditentukan sesuai dengan jarak tempuh.

Kemudian bila untuk promosinya, cukup mudah kok. Anda bisa membuat banner dan memasangnya di pagar rumah serta mengatakannya dari mulut ke mulut bila Anda saat ini memiliki bisnis travel. Berikan nomor kontak Anda kepada orang-orang sekitar, agar saat mereka membutuhkan jasa Anda bisa langsung menghubungi.

Jasa untuk antar jemput

Selanjutnya adalah jasa antar jemput untuk anak-anak sekolah. Namun, untuk yang satu ini ada baiknya Anda menawarkan kepada para orangtua yang berada di lingkungan rumah terlebih dahulu dan pastinya sekolah mereka juga sama.

Karena pastinya sudah saling mengenal satu sama lain, tarifnya sendiri lebih baik dibuat per bulan. Misalnya untuk satu orang anak, sebulannya 350 ribu rupiah dan Anda bisa mengkalikan saja bila yang menggunakan jasa Anda ada setidaknya 10 orang. Berarti dalam sebulan penghasilan Anda adalah 3.5 juta rupiah.

Jasa pindahan

Untuk yang satu ini memang lebih diutamakan pemilik mobil pick-up, karena tentunya akan lebih mudah untuk menaik dan turunkan barang-barang pindahan. Cara untuk menawarkan jasa angkut barang ini bisa melalui media sosial, pasang di story whatsapp atau mendaftar ke layanan GoBox milik GoJek.

Jualan pakaian bekas (thrift shop)

Selanjutnya Anda bisa juga berjualan pakaian bekas atau yang disebut dengan thrift shop menggunakan mobil. Anda dapat menatanya di bagian bagasi mobil, menggantungnya pada bagian pintu bagasi atau tumpuk saja.

Untuk pakaiannya sendiri, Anda bisa memperolehnya dengan pergi ke area pasar yang memang menjual barang atau pakaian bekas dan memilih-memilih yang masih layak digunakan, kemudian menjualya kembali dengan harga yang sesuai.

Ruang untuk pasang iklan

Anda dapat mencoba untuk membuka jasa iklan dengan dipasang dibadan mobil. Tentunya ukuran dari poster atau banner yang dipasang juga bervariasi dan disesuaikan dengan besar mobil Anda. Selain itu besaran tarifnya dapat dirundingkan terlebih dahulu, misalnya seperti akan dipasang berapa lama dan seberapa besar ukuran dari iklan yang nantinya akan dipasang.

Contoh yang bisa diambil adalah Grab yang mempunyai jasa untuk memasang iklan di mobil, mereka dapat memperoleh penghasilan mulai dari 400 ribu hingga 1,3 juta rupiah setiap bulannya. Nah, Anda juga melakukan hal tersebut.

Related Posts