Home Bisnis dan Usaha Ide Bisnis Bagi Anak Muda Dengan Modal Awal 1 Juta Rupiah

Ide Bisnis Bagi Anak Muda Dengan Modal Awal 1 Juta Rupiah

by Lara Nifa

Mayoritas orang beranggapan bila berbisnis itu pasti membutuhkan modal yang besar dan jika modalnya kecil, maka keuntungannya juga kecil. Padahal hal tersebut salah alias tidak benar.

Dengan modal kecil pun, Anda juga bisa tetap mendapatkan profit yang besar. Namun, hal tersebut memang dibarengi dengan usaha atau kerja keras serta tekad yang besar. Jangan lupa juga untuk mengelola bisnis tersebut dengan baik, agar bisa lebih berkembang dan meraih kesuksesan.

Apabila Anda memang ingin berbisnis dan hanya mempunyai modal awal yang terbatas, katakanlah cuma Rp 1 juta saja. Tetap bisa memiliki bisnis kecil, dengan catatan buatlah perencanaan bisnis serta rencana keuangan yang matang.

Nah, berikut di bawah ini adalah rekomendasi usaha dengan modal 1 jutaan, siapa tahu ada yang cocok dengan minat dan keahlian Anda.

Membuka Usaha Makanan Sarapan

Bisnis yang satu ini cocok untuk Anda yang memang gemar memasak dan tentunya harus rajin bangun pagi, tidak hanya untuk memasak tetapi juga untuk membeli bahan bakunya. Karena sebagai seorang pedagang makanan khusus sarapan.

Pastinya Anda harus menyiapkannya pagi-pagi sekali sebelum orang-orang beraktivitas. Untuk menu makanannya sendiri, Anda bisa memilih yang sederhana. Misal seperti nasi uduk, nasi kuning atau nasi biasa dengan aneka lauk pauk.

Pastinya menjadi kegemaran banyak orang. Bisnis ini tidak akan sepi konsumen, karena pastinya akan banyak sekali orang yang lebih memilih beli makanan jadi, ketimbang harus memasak di pagi hari apalagi bila waktunya sudah terlalu mepet.

Bisnis Camilan atau Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka ngemil? Makanan kecil atau selingan ini memang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dari anak-anak saja, tetapi juga orang tua. Untuk awalnya Anda bisa mencoba membeli jajanan kiloan yang biasanya dijual di pasar-pasar.

Anda dapat membeli beberapa jenis sekaligus, kemudian dibungkus dengan berat tertentu atau bisa juga bila snacknya besar satu plastik diisi beberapa biji. Untuk harganya, juallah standar saja misal Rp 1000 hingga Rp 5000 tergantung berat dan isinya. Anda bisa menitipkannya ke warung-warung atau kantin dan wedangan.

Membuka Pengetikan atau Jasa Ketik

Di rumah ada laptop atau komputer? Anda cukup ahli dalam hal pengetikan? Yuk, mulai jadikan kedua hal tersebut sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya terbilang mudah, Anda hanya harus membuka jasa untuk mengetik dan menawarkannya kepada mereka yang memang butuh bantuan.

Misalnya mahasiswa dengan segala tugas laporan dan makalahnya, siswa sekolah yang ternyata sekarang juga banyak tugas menyangkut laporan yang harus diketik atau para karyawan dari perusahaan-perusahaan yang terkadang butuh untuk menyusun data.

Tetapi bila Anda terbilang mahir dalam merangkai kata dan memang menyukai bidang literasi, bisa menawarkan jasa Anda kepada perusahaan-perusahaan yang ingin dibuatkan artikel atau sejenisnya. Tetapi ingat untuk yang satu ini, Anda harus memahami tentang SEO.

Untuk tarif dari jasa tersebut, Anda bisa memberikan harga murah terlebih dahulu sebagai perkenalan atau tetapkan sesuai jumlah karakter/ kata. Misalnya Rp 50.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung dengan jam terbang Anda.

Bisnis Pakaian Pre Order

Selain bisnis pada bidang kuliner, membuka usaha di sektor fashion juga merupakan pilihan yang tepat. Karena sandang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, bila Anda ingin membuka langsung sebuah toko atau distro, tentu akan mahal sekali dan modalnya pasti besar.

Jadi, Anda bisa melakukannya dengan cara menerima order. Kemudian, Anda dapat mencari sebuah distro atau toko atau bisa juga bekerja sama dengan penjahit yang memang menerima pesanan pakaian dengan sistem made by request. Dengan begitu, tentunya Anda tidak perlu membeli alat/mesin cetak dan pastikan sebelumnya harus membuka pre-order terlebih dulu.

Usaha Minuman Kekinian

Tidak hanya makanan yang bisa memberikan kepada Anda pundi-pundi rupiah, minuman juga dapat dimanfaatkan untuk mengisi rekening agar menjadi semakin gendut. Bila Anda mau mengikuti tren yang sedang populer saat ini, maka bisa membuka bisnis minuman dengan menjual beraneka jenis.

Bila biasanya kebanyakan dari pebisnis kuliner hanya akan menjual satu jenis saja. Maka, mengapa tidak Anda coba untuk menjual beragam jenis minuman. Misalnya dalam satu stand, tidak cuma menawarkan jus buah tetapi juga ada aneka minuman susu, kopi serta teh.

Jadi, konsumen mempunyai banyak pilihan dan membuat mereka akan selalu kembali ke stand yang Anda miliki. Untuk bisnis ini Anda dapat bekerja sama dengan teman atau mengerjakan sendiri.

Menjual Kue Kering

Hmm, Anda memiliki kegemaran membuat kue atau roti? Bagaimana bila hobi tersebut dijadikan sebagai sumber penghasilan? Pasti akan menyenangkan bisa mendapatkan uang dari hal-hal yang memang disukai. Pastinya bila Anda sudah sering membuat kue atau roti, perlengkapan yang dimiliki juga lengkap.

Berarti modal awal yang dibutuhkan hanyalah untuk bahan baku dan pastinya juga Anda telah mengetahui besaran nominalnya. Untuk pemasarannya, mulailah dari orang terdekat, misalnya ibu-ibu komplek, saudara, teman atau rekan kerja. Jangan lupa memberikan trademark sendiri pada produk Anda, agar ada perbedaan dengan yang lainnya.

Related Posts