Home Administrasi Harus Kamu Mengenal Tentang Dana Darurat, Berikut Ini Cara Mengumpulkannya

Harus Kamu Mengenal Tentang Dana Darurat, Berikut Ini Cara Mengumpulkannya

by Lara Nifa

Dana darurat adalah salah satu istilah keuangan yang wajib kamu ketahui, kamu harus mengenal apa itu dana darurat karena sebenarnya penting sekali untuk memiliki dana darurat di era atau zaman yang kondisi ekonomi nya makin tidak jelas kedepannya seperti apa. Maka untuk kamu bisa memiliki dana darurat kamu harus mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dana darurat, apa manfaat dana darurat untuk kepentingan dalam kehidupan. 

Lalu setelah kamu mengenal tentang dana darurat, setelah kamu merasa bahwa dana darurat sangat penting untuk kehidupan di masa depan yang akan datang. Kamu bisa mempelajari bagaimana cara mengumpulkan dana darurat itu sendiri. Kenapa kamu harus mengetahui cara mengumpulkan dana darurat? Karena dengan begitu kamu tidak akan salah langkah dalam menyimpan dana darurat. Juga agar dana darurat bisa tetap dipakai sesuai fungsi nya yaitu dipakai saat keadaan darurat. 

Nah maka dari itu, tulisan ini akan membahas tentang seperti apa pengertian dana darurat, apa manfaat dalam kehidupan dan bagaimana cara mengumpulkan dana darurat itu sendiri. Simak tulisan ini dengan baik ya. 

Apa Itu Dana Darurat? 

Dana darurat merupakan dana yang kamu sisihkan saat ini untuk keperluan yang mendesak di masa yang akan datang. Sesuatu yang mendesak ini biasanya mengenai tentang finansial atau keuangan seseorang. Misalnya saat yang tidak terduga kamu mengalami kerugian finansial akibat tertipu kamu bisa menggunakan dana darurat untuk membiayai kehidupan kamu di masa itu. 

Apa Manfaat Dana Darurat? 

Dana darurat adalah uang yang yang penting untuk kamu siapkan, sehingga manfaat dari dana darurat ini juga penting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah untuk membiayai keperluan mendesak yang tidak terduga di masa yang tidak terduga. Maka ini dia beberapa manfaat dana darurat. 

1. Terhindar Dari Kebiadaban Menghutang

Dengan memiliki dana darurat, jika kamu membutuhkan sesuatu untuk di beli kamu tidak perlu lagi meminjam uang kepada pihak penyedia pinjaman. Kamu bisa menggunakan dana darurat untuk membayar keperluan yang dibutuhkan. 

2. Terhindar Dari Suatu Hal Yang Mendesak

Yang terpenting dari dana darurat ini adalah dapat menghindari suatu hal yang mendesak, misalnya seperti biaya kecelakaan, biaya kesehatan dan biaya pendidikan. Dengan memiliki dana darurat kamu bisa mengatasi hal itu. 

Bagaimana Cara Mengumpat Dana Darurat? 

Setelah mengenali apa itu dana darurat dan seperti apa manfaatnya, kamu harus mengetahui juga cara mengumpulkan dana darurat itu. Berikut ini adalah cara mengumpat dana darurat. 

1. Menargetkan Dana Darurat Yang Dikumpulkan

Dana darurat, meskipun merupakan dana yang bisa saja dikumpulkan dengan jumlah yang tidak diharuskan berapa tetap saja harus kamu target kan pengumpulan nya. Walau kamu tidak tahu di masa yang akan datang dana darurat di pakai untuk apa, kamu bisa menargetkan berapa nominal yang harus tersedia setiap bulannya. Misalnya kamu harus memiliki dana darurat sebanyak satu juta dalam satu bulan, hal ini agar kamu konsisten dalam menyisihkan dana darurat. 

2. Menargetkan Berapa Lama Waktu Mengumpulkan Dana Darurat

Jika sebelumnya kamu harus menargetkan berapa banyak nominal yang harus terkumpul, kamu juga harus menargetkan berapa lama waktu untuk mengumpulkan dana darurat. Hal ini penting untuk kamu lakukan agar kamu disiplin untuk terus dengan konsisten menyisihkan uang untuk dana darurat.

3. Menyiapkan Rekening Khusus Untuk Dana Darurat

Agar dana darurat tidak dipakai untuk suatu hal yang tidak seharusnya, misalnya dipakai belanja harian dan membeli barang yang tidak penting. Maka penting untuk menyiapkan rekening atau tabungan khusus untuk dana darurat agar uang yang ada di dalamnya tidak diganggu oleh kebutuhan yang lain. 

4. Mencari Penghasilan Tambahan

Jika kamu tetap ingin memiliki dana darurat, tetapi merasa bahwa penghasilan yang kamu miliki saat ini tidak memungkinkan untuk kamu. Maka kamu bisa mencari penghasilan tambahan yang nantinya uang tersebut bisa kamu pakai untuk dana darurat. 

5. Gunakan Dana Darurat Untuk Keadaan Mendesak Saja

Dana darurat itu seharusnya di pakai untuk kebutuhan yang mendesak saja, untuk keperluan yang darurat harus di pakai. Berarti kamu harus bijak menggunakan dana darurat. Jangan sampai kamu menggunakan dana darurat untuk keperluan yang tidak penting. 

Gimana nih, setelah kamu mengenal tentang dana darurat itu seperti apa, apa manfaat dalam kehidupan dan mengetahui bagaimana cara mengumpulkan dana darurat apakah kamu makin tertarik untuk memiliki dana darurat? Karena manfaat yang sudah dipaparkan memang sangat penting untuk kehidupan kamu. Dengan dana darurat kamu tidak perlu khawatir lagi dengan masalah finansial yang akan datang dimasa depan. Kamu tinggal menyiapkan dengan maksimal dana darurat mulai hari ini. 

Nah semoga informasi dalam tulisan ini bermanfaat untuk kamu yang masih kebingungan mengenai dana darurat. 

 

Related Posts