Home Tips Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Buka Toko Sembako

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Buka Toko Sembako

by Lara Nifa

Sembako atau singkatan dari sembilan bahan pokok yaitu bahan makanan sehari-hari yang sangat penting untuk melengkapi kebutuhan hidup setiap orang. Maka, sembako memiliki konsumen yang tetap dan akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah masyarakat di Indonesia. Biasanya saat ini sembako mudah ditemui di supermarket, minimarket ataupun toko sembako di sekitar rumah. 

Meskipun saat ini sudah banyak minimarket atau supermarket yang menyediakan sembako, tetap saja warung sembako yang biasanya ada di toko sekitaran rumah ini masih banyak dikunjungi oleh masyarakat berbagai kalangan. Maka jika kamu ingin membuka toko sembako, ini adalah hal yang harus dipersiapkan. 

Melakukan Perencanaan yang Matang

Dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk untuk membuka usaha toko sembako tentu hal pertama yang harus dipersiapkan adalah melakukan perencanaan yang matang. Perencanaan ini dapat meliputi modal, pasokan bahan baku, tempat, perhitungan untung rugi, target konsumen dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan berjalannya usaha toko sembako. 

Manfaat lainnya adalah untuk memperkirakan berapa jumlah dana untuk modal yang dibutuhkan saat menjalankan bisnis ini. Sehingga perencanaan bisa di buat juga sebagai rancangan anggaran biaya. Yaitu perkiraan modal yang dibutuhkan boleh kamu untuk menjalankan usaha.

 

Menyiapkan Modal

Setelah mengetahui perencanaan yang sesuai dengan keinginan, kondisi dan kemampuan financial untuk menjalankan atau membuka toko sembako. Hal selanjutnya yang harus sangat kamu perhatikan adalah menyiapkan modal usaha yang cukup. Modal ini bisa merupakan modal awal untuk bahan baku  pertama, biaya sewa jika toko sembako menyewa, dan kebutuhan lainnya seperti peralatan toko, gunting, kardus, rak, tempat kayu dan masih banyak yang lain. 

Modal selanjutnya bisa kamu butuhkan jika usaha membuka toko sembako ini sudah berjalan. Misalnya modal untuk pasokan bahan yang sudah habis, barang yang banyak diminati konsumen, perpanjangan kontrak tempat usaha dan pembayaran pegawai atau karyawan. 

Menyiapkan Lokasi yang Tepat

Hal yang paling penting untuk kamu siapkan untuk membuka toko adalah lokasi untuk dijadikan toko sembako. Karena banyak sekali berbagai jenis sembako dan kebutuhan rumah lainnya harus memiliki tempat khusus dalam toko. Sehingga lokasi yang dipilih harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan barang yang kamu miliki. 

Misalnya kamu memiliki barang sedikit dan memang tidak ingin membuka toko sembako yang tidak besar, maka pilihlah lokasi yang tidak terlalu besar agar tidak membuang tempat. Adapun sebaliknya, jika toko sembako yang akan kamu buka besar, maka kapasitas yang di siapkan harus besar juga. 

Selain itu, pemilihan lokasi yang tepat juga meliputi dengan lingkungan sekitar toko. Yaitu apakah toko tersebut strategis untuk masyarakat. Apakah lokasi yang dipilih banyak toko saingannya atau tidak. 

Menyesuaikan Barang dengan Konsumen

Setelah menyiapkan lokasi yang tepat, maka kamu akan bertemu dengan masyarakat yang harus kamu riset terlebih dahulu. Kamu bisa menyesuaikan barang yang ada di toko dengan gaya hidup konsumen sekitar toko. Misalnya, jika lingkungan sekitar adalah masyarakat kelas menengah dan kebawah, maka kamu harus  menyiapkan barang yang harganya juga sesuai. Begitu juga sebaliknya jika masyarakat sekitar adalah kelas atas. 

Menyiapkan Bahan Baku untuk Jualan yang Murah

Sejatinya bahwa perbedaan supermarket dengan toko sembako adalah terletak pada harga jualnya. Toko sembako akan cenderung lebih murah dari supermarket. Maka pintar lah untuk menyiapkan bahan baku untuk jualan dengan harga yang murah. Agar harga jual pun dapat menyesuaikan. 

Menyiapkan Pelayanan Toko yang Baik

Meskipun toko sembako merupakan warung yang sederhana, memiliki karyawan dan segala sesuatu yang terbatas. Tetapi yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana pelayanan toko pada pengunjung. Ini harus disiapkan terlebih dahulu karena akan berpengaruh pada kenyamanan konsumen yang akan membeli sembako di toko kamu. 

Memang akan sulit melatih karyawan untuk melakukan pelayanan toko, tetapi pasti akan terbiasa. Jangan sampai pelayanan yang diberikan tidak baik atau bahkan buruk, karena akan sangat berpengaruh pada kualitas toko itu sendiri. Jangan mau kalah dengan pelayanan di minimarket atau supermarket. 

Menyiapkan Pembukuan

Hal yang terakhir tetapi sebenarnya penting untuk disiapkan adalah bagaimana sistem pembukaan toko. Kamu harus mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan yang rapi dalam pembukaan setiap harinya. Selain pengeluaran dan pemasukan, kamu juga bisa menuliskan kasbon dan berbagai cicilan pelunasan barang. Sehingga manajemen keuangan yang dimiliki oleh toko dapat terorganisir dengan baik. 

Nah itu dia beberapa hal yang harus kamu persiapkan saat ingin membuka toko sembako. Karena kebutuhan konsumen masih terus meningkat, maka peluang untuk menjalankan usaha sembako ini adalah hal yang sangat bisa menjanjikan. Semoga informasi mengenai persiapan untuk buka toko sembako ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Related Posts