Home Tips Hal yang Harus Dilakukan Ketika Sudah Tidak Bisa Bayar Hutang

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Sudah Tidak Bisa Bayar Hutang

by Lara Nifa

Seringkali hidup memang sulit untuk ditebak. Roda kehidupan akan terus berputar, ada kalanya kondisi ekonomi berada di atas lalu berbalik keadaan menjadi di bawah. Dan mayoritas orang ketika sedang kesulitan ekonomi akan menjadikan hutang sebagai jalan keluar satu-satunya. 

Sayangnya, masih banyak yang tidak mempertimbangkan dengan matang terlebih dahulu. Terkait bagaimana kesanggupan membayar cicilan hutang kedepannya dan hal lain yang memang perlu dipertimbangkan. Pada akhirnya, yang sering terjadi adalah tidak bisa bayar cicilan di tengah jalan bahkan  melunasi hutang tersebut. 

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika sudah tidak bisa bayar hutang ? Artikel kali ini akan membahas berbagai strategi ketika kamu mengalami gagal bayar, yuk simak ulasannya !

Lakukan Hal Ini Ketika Tidak Bisa Bayar Hutang

Sebenarnya gagal bayar bisa tetap terjadi meskipun semua sudah diperhitungkan sebelum mengajukan hutang. Ada saja kejadian tak terduga yang pada akhirnya  mempengaruhi alokasi untuk membayar cicilan utang. 

Tetapi, jangan anggap remeh kondisi gagal bayar karena bisa menimbulkan masalah keuangan di masa depan. Jika kamu sedang berada pada kondisi tidak bisa bayar hutang, lakukan hal-hal berikut ini untuk mengatasinya :

  • Prioritaskan Masalah Hutang

Ketika kamu sudah tidak bisa bayar hutang, mungkin perasaan putus asa akan menghampiri. Kamu juga berupaya untuk tidak memikirkan hal tersebut. Padahal, masalah hutang yang tidak terbayarkan, sebaiknya jangan diabaikan. 

Hutang tetap tidak akan selesai meskipun kamu mengabaikannya. Prioitaskan masalah hutang sembari mencari solusi untuk membayar tagihan dan melunasinya tepat waktu. Karena bagaimana pun juga hutang merupakan tanggung jawab serta kewajiban yang harus diselesaikan. Untuk menemukan solusi yang tepat, maka kamu harus menenangkan pikiran dan hindari stres yang berlebihan. Segala sesuatunya akan semakin memburuk jika kamu hanya membuang waktu untuk terus terpuruk pada masalah yang sedang dihadapi.

 

Lari dari masalah hutang atau memilih berdiam diri bukan solusi yang tepat. Mulailah atur strategi agar kamu bisa segera terbebas dari hutang yang membelenggu hidupmu.

  • Lakukan Evaluasi Keuangan

Logikanya, jika di tengah jalan kamu tak sanggup lagi membayar hutang, berarti kondisi keuangan kamu sedang tidak baik-baik saja. Langkah yang harus kamu ambil selanjutnya yakni mencari letak kesalahannya. 

Evaluasi kembali keuangan kamu selama ini untuk menemukan apa yang salah dan bisa diperbaiki kedepannya. Melalui cara ini, kamu bisa mengetahui adakah pengeluaran yang melebihi anggaran maupun pengeluaran yang tidak semestinya. Sehingga kamu bisa mengupayakan agar hal tersebut tidak terjadi lagi. 

  • Membiasakan Diri Untuk Berhemat

Hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu mulai menjalankan hidup hemat. Kurangi alokasi pada beberapa pos pengeluaran agar bisa dialihkan untuk membayar hutang yang sudah menunggak. 

Tentukan pos pengeluaran mana saja yang bisa dihemat atau mungkin dihilangkan untuk sementara waktu. Ada banyak cara untuk bisa menghemat pengeluaran bulanan. Misalnya, belanja kebutuhan pokok di tempat-tempat yang murah seperti pasar maupun warung sembako. Hindari kebiasaan makan di restoran mahal dan membeli barang-barang yang tidak begitu penting.

Namun, apapun cara yang kamu pilih pastikan tidak akan mempengaruhi kehidupan dan aktivitas kamu secara berlebihan. Jadi, kamu bisa tetap hidup aman dan nyaman meskipun sedang berhemat. 

  • Carilah Pemasukan Tambahan

Mungkin kamu melakukan berbagai cara untuk menghemat pengeluaran, namun uang yang dimiliki tetap tidak cukup menutup tagihan hutang. Mau tidak mau kamu harus mencari pemasukan tambahan di luar penghasilan utama. 

Terdapat banyak pilihan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di waktu luang sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Kamu bisa menjadi seorang freelancer atau mencari pekerjaan paruh waktu dengan memanfaatkan keahlian dan skill yang kamu miliki. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, maka kamu bisa menambah alokasi anggaran untuk membayar tagihan hutang. Sehingga hutang yang menumpuk sedikit demi sedikit bisa terbayarkan dan lunas sebelum jatuh tempo. 

  • Ambil Langkah Negoisasi

Upaya terakhir yang mungkin bisa membantu kamu yakni melakukan negoisasi dengan pihak pemberi pinjaman. Hal ini seringkali dipilih sebagai jalan keluar terbaik untuk mendapatkan keringanan dalam menyelesaikan tunggakan hutang.

Biasanya pihak pemberi pinjaman akan menawarkan berbagai solusi, antara lain menambah jangka waktu cicilan, melakukan penghapusan bunga pinjaman, dan beberapa kebijakan lainnya. Langkah negoisasi ini bisa kamu ambil ketika memang sudah tidak ada cara lain lagi yang bisa dilakukan.

Hutang yang belum terbayarkan memang akan menyulitkan kehidupan di masa yang akan datang. Maka dari itu, alangkah lebih baiknya jika kamu menghindari hutang dan segala bentuk cicilan. Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dalam hidup kamu. Nah, semoga kelima hal yang telah disebutkan di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang saat ini sedang menghadapi masalah hutang, ya !

 

Related Posts