Home Karir Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Interview Kerja

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Interview Kerja

by Lara Nifa
Interview kerja

Interview kerja atau wawancara entah itu mendaftar beasiswa, mendaftar masuk universitas atau melamar sebuah pekerjaan merupakan tahapan yang penting. Akan tetapi tahap tersebut cukup membuat tegang dan bahkan tidak mudah untuk sebagian orang.

Umumnya ketika sedang menghadapi interview khususnya wawancara kerja, Anda akan diminta untuk menyampaikan seluruhan pengalaman, kemampuan dan kelebihan yang Anda miliki sedetail dan selengkap mungkin dalam komposisi yang singkat, padat dan jelas.

Sekilas memang terlihat sederhana, namun tahapan ini selalu berhasil membuat orang merasa gugup, cemas, dan grogi sebab Anda tidak mengetahui dengan siapa Anda akan di interview serta jenis pertanyaan seperti apa yang akan dihadapan.

Munculnya perasaan gugup di saat menunggu panggilan untuk di interview sampai merasa blank tiba-tiba dan ketika dihadapkan oleh beberapa pertanyaan malah tidak bisa menjawab. Kondisi seperti ini tergolong wajar sebab kejadian tersebut sudah sangat sering terjadi.

Akan tetapi, perasaan grogi dan gugup itu dapat Anda minimalisir jika sebelumnya Anda sudah mempersiapkan semuanya secara matang. Di artikel kali ini, akan dibahas trik dan tips dalam mempersiapkan diri saat menghadapi interview kerja supaya wawancara bisa berjalan dengan lancar dan Anda bisa diterima oleh perusahaan yang diinginkan.

Mempersiapkan CV dan Dokumen Lainnya

Jika sebuah interview kerja di ibaratkan sebuah medan perang, itu berarti portofolio, CV dan dokumen yang menunjang kemampuan Anda merupakan senjata yang wajib Anda siapkan sebelum memulai perang. Saat ini, menyusun CV semenarik dan sebagus mungkin bisa menjadi nilai lebih. Apalagi jika Anda melamar untuk sektor pekerjaan yang berhubungan dengan dunia industri kreatif. Pasti sebuah CV adalah hal pertama yang akan dilihat dan dinilai oleh pihak penerima.

Menggali Informasi Terkait Posisi di Perusahaan Tersebut

Hal kedua yang juga tidak kalah penting yakni, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang akan Anda tuju serta posisi yang ingin Anda lamar. Hal ini sangat penting sebab pewawancara sering sekali menyampaikan pertanyaan demikian.  Maka dari itu, disarankan untuk Anda telah mempersiapkan hal tersebut sehingga saat pertanyaan muncul Anda sudah mengetahui harus menjawab seperti apa.

Hadir Tepat Waktu

wawancara Interview kerja

Datang atau hadir tepat waktu ketika wawancara juga mempunyai peran penting. Jika Anda datang tepat waktu tentu bisa sedikit mewakilkan karakter disiplin dari pribadi Anda. Untuk urusan interview, ada baiknya bila Anda hadir 20 menit sebelum waktu interview di mulai. Datang lebih awal sangat membantu Anda, Anda bisa merapikan pakaian, menyiapkan CV atau dokumen lainnya yang dibutuhkan sampai memfokuskan pikiran supaya tidak gugup ketika wawancara.

Bersikap Sopan dan Berpenampilan Rapi

Berpenampilan rapi merupakan hal yang wajib Anda lakukan saat akan menghadapi wawancara. Tidak bisa dipungkiri, tampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang. Itu berarti penampilan juga sebagai amunisi lain yang bisa menunjang portofolio dan CV yang telah Anda siapkan. Namun penampilan Anda sedikit banyaknya akan mempengaruhi penilaian pihak pewawancara dan meninggalkan kesan baik.

Menjaga Gestur Tubuh

Anda harus percaya bahwa body language atau gestur tubuh menjadi salah satu hal yang susah untuk dikendalikan apabila Anda tidak begitu terlatih serta menyiapkan mental Anda sebagus mungkin sebelumnya. Seperti menjabat juga termasuk gestur tubuh yang wajib dijaga. Tidak begitu lemas tapi juga tidak begitu keras adalah cara berjabat tangan yang baik, dan jangan lupa menatap mata orang tersebut ketika Anda sedang berjabat tangan dengannya.

Menyiapkan Jawaban yang Umumnya Disampaikan Saat Interview

Biasanya pihak yang menginterview akan banyak bertanya pengalaman kerja Anda sebelumnya. Apabila Anda belum mempunyai pengalaman kerja, pewawancara akan berfokus pada kemampuan yang Anda miliki mengenai bidang pekerjaan yang Anda lamar. Tidak hanya itu, pihak yang menginterview juga umumnya sering bertanya tentang rencana Anda di masa depan. Setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Maksud pertanyaan tersebut tidak mengarah ke urusan masa depan Anda secara personal, namun ke kontribusi apa yang dapat Anda berikan ke perusahaan pada rentan waktu tersebut. Nah, sebelum wawancara sebaiknya Anda persiapkan dahulu jawaban dari pertanyaan jenis ini supaya ketika sudah dihadapkan dengan pertanyaan saat interview Anda bisa menjawabnya dengan sangat percaya diri dan terlihat enjoy.

Mempersiapkan Pertanyaan Balik Seputar Pekerjaan yang Dilamar

Bertanya mengenai pekerjaan atau seputar lingkup pekerjaan dari perusahaan yang Anda lamar bisa memperlihatkan seberapa besar ketertarikan dan minat Anda dalam menginginkan jabatan tersebut. Jika Anda diberikan ruang untuk bertanya, maka manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk bisa memperoleh informasi yang Anda inginkan. Jika sudah tidak adalah lagi yang ingin Anda tanyakan saat menghadapi interview kerja maka Anda perlu menutupnya dengan kalimat yang sopan dan pantas, kemudian berdoa dan menunggu hasil dari wawancara yang sudah Anda hadapi.

Related Posts