Home Kredit Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Kredit Motor

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Kredit Motor

by Lara Nifa

Motor memang selalu menjadi pilihan banyak orang untuk beraktivitas, apalagi bila Anda tinggal di kota-kota besar dengan kepadatan jalannya. Sudah pasti lebih memilih menggunakan kendaraan beroda dua ini dibandingkan mobil.

Selain ukurannya yang lebih kecil, harga motor mayoritas jauh lebih murah dibandingkan mobil. Motor juga mempunyai banyak model, bentuk yang unik serta ketika membeli Anda bisa mencicilnya alias kredit.

Namun, sebelum Anda memutuskan membeli motor dengan cara kredit ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan. Hal ini agar Anda tidak mendapatkan kerugian dan merusak arus finansial pribadi. 

Sesuaikan dengan keperluan

Hal yang harus dilakukan sebelum membeli motor secara kredit yang pertama, yaitu :

  • Anda harus memastikan apakah memang membutuhkan motor untuk mendukung aktivitas sehari-hari?
  • Anda harus tahu motor seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, jangan sampai Anda membeli motor hanya karena gengsi.
  • Anda harus memastikan apakah nantinya motor tersebut memang digunakan sendiri atau ada keluarga lain yang ikut menggunakannya, karena jika ada keluarga yang juga memerlukannya. Maka Anda harus memilih motor yang dapat digunakan oleh siapapun, apalagi bila keluarga yang nantinya ikut menggunakan adalah perempuan atau ibu.

Pilih tipe atau jenis motor yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda serta orang sekitar. Dengan begitu, semua orang dalam rumah bisa mendapatkan manfaatnya.

Sesuaikan dengan budget

Setelah Anda mengetahui untuk apa membeli motor, selanjutnya adalah sesuaikanlah dengan anggaran yang dimiliki. Jangan hanya karena motor yang Anda inginkan DP-nya murah, Anda langsung mengambilnya tanpa mempertimbangkan cicilan di bulan-bulan selanjutnya apakah memang sesuai dengan penghasilan dan tidak mengganggu arus finansial pribadi.

Karena sesungguhnya ketika Anda membeli motor dengan sistem kredit dan uang mukanya kecil, maka cicilan bulannya akan lebih besar. Begitupun sebaliknya, ketika Anda memutuskan untuk mengambil cicilan dalam nominal yang kecil pasti masa pembayarannya akan semakin panjang. Jadi, Anda harus benar-benar mempertimbangkannya secara matang.

Pilihlah motor yang nominal pembayarannya tidak memberatkan pengeluaran dan tidak melebihi 30% dari penghasilan bulanan Anda, karena jika sampai seperti itu bisa-bisa Anda menjadi kewalahan tiap bulannya.

Lakukan survei atau perbandingan

Ada banyak dealer yang bisa anda  jadikan pilihan, jadi jangan terburu-buru untuk menentukan hal tersebut. Datangi beberapa dealer dan dapatkan berbagai informasi mengenai motor yang akan anda beli. 

Cermati setiap penawaran yang mereka berikan, agar anda memiliki beberapa dealer yang bisa dipertimbangkan. Sebelum menentukan pilihan, maka ada baiknya anda melakukan perbandingan. 

Hal ini akan membantu anda mendapatkan sebuah penawaran terbaik dan paling menguntungkan dalam pembelian yang akan dilakukan. Pastikan anda menemukan sebuah dealer dengan reputasi dan kinerja terbaik, sehingga anda bisa menghindari berbagai macam risiko kerugian yang mungkin datang di masa yang akan datang.

Temukan leasing yang terpercaya dan terbaik

Walau biasanya dealer akan memberikan rekomendasi dari leasing tertentu, tetapi bukan berarti Anda harus ke leasing tersebut untuk melakukan pengajuan. Anda bisa mencari leasing sendiri yang memang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Carilah banyak informasi mengenai leasing yang akan Anda gunakan, hal ini akan dapat dilakukan dengan cara mendatangi cabang-cabang dari kantor leasing yang ada di kota Anda. Bandingan serta pertimbangkanlah secara matang. 

Mulai dari kredibilitas, review nasabah dan lain sebagainya sebagai tambahan bagi Anda untuk mempertimbangkan apakah perusahaan leasing tersebut memang bisa dipercaya dan memiliki pelayanan yang baik.

Temukan leasing dengan penawaran terbaik

Pertimbangkan juga mengenai bunga kredit dari pihak leasing, jangan sampai menjadi beban bagi Anda dan malah membuat pengeluaran bulanan membengkak. Jadi, pilihlah leasing yang memberikan penawaran terbaik.

Kemudian, bertanyalah kepada pihak leasing untuk masalah fasilitas pembayaran. Pilih leasing dengan kemudahan dalam pembayaran, hal ini bertujuan agar Anda tidak sampai telat membayar apabila sedang ada kegiatan diluar kota. Karena pastinya akan sangat menyusahkan bila tiap bulan harus datang ke kantor leasing untuk membayar.

Pertimbangkan biaya

Tidak hanya suku bunga saja, Anda juga harus memperhatikan adanya sejumlah biaya ketika melakukan pembelian kendaraan menggunakan sistem kredit. Karena banyak sekali yang tidak menyadari atau mengabaikannya ketika melakukan pengajuan, padahal hal ini sebenarnya akan sangat merugikan di masa mendatang.

Beberapa leasing memiliki sejumlah aturan mengenai biaya-biaya terkait cicilan yang nominalnya terbilang besar dan membuat nasabah menjadi kesulitan ketika membayar tagihan bulanannya. Kebanyakan nasabah baru menyadarinya di bulan berjalan, inilah mengapa sebelum menyetujui berkas apapun ada baiknya untuk membaca terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui dan wajib ditanyakan kepada pihak leasing :

  • Berapa biaya keterlambatan yang dibebankan?
  • Apakah akan ada biaya penalti apabila Anda melunasi semua biaya di awal?Biaya penalti jika terjadi pelunasan utang di awal?
  • Berapa biaya yang dikenakan saat akan mengambil BPKB saat masa cicilan sudah selesai?

Demikianlah lima hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli motor dengan sistem kredit. Memang banyak sekali yang harus dipertimbangkan, karena semua itu adalah agar Anda tidak dirugikan dari segi finansial.

Related Posts