Home Karir Hal-hal yang Harus Dilakukan Karyawan Baru

Hal-hal yang Harus Dilakukan Karyawan Baru

by Lara Nifa
karyawan baru

Di hari pertama ketika Anda menjadi seorang karyawan di pekerjaan baru Anda, pastinya sangat terasa spesial. Anda akan mendapatkan pengalaman baru, beradaptasi oleh lingkungan baru, masa perkenalan oleh orang-orang baru, serta dokumen tugas dan administrasi yang juga baru.

Berperan sebagai pekerja baru, tentunya  dalam kurun waktu setidaknya 2 bulan pertama Anda akan menjumpai banyak hal yang perlu Anda explore lebih jauh, selain harus beradaptasi oleh budaya perusahaan Anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan, memikirkan terkait performa kerja Anda, serta tugas-tugas perusahaan yang harus Anda selesaikan tepat waktu.

Hal ini merupakan beberapa urusan kecil yang akan Anda temukan saat menjadi seorang karyawan baru, Tidak hanya itu, terdapat beberapa macam hal yang perlu Anda lakukan sebagai seorang karyawan baru di sebuah perusahaan agar dapat menjadi karyawan yang baik meski terbilang baru. Nah, untuk lebih lengkapnya, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

1.       Mendekatkan diri kepada Atasan

Menjadi kunci utama Anda sebagai karyawan baru yakni membantu atasan Anda menjadi sukses dalam mencapai target perusahaan. Anda perlu mencari tahu serta mengenal atasan Anda dengan baik, dalam bentuk melakukan pendekatan secara personal serta memberi pertanyaan mengenai pekerjaan Anda. Anda juga harus menjalin hubungan yang positif terhadap atasan.

Selain itu, Anda bisa mempelajari juga bagaimana cara berkomunikasi yang baik supaya Anda dapat lebih dekat  oleh atasan. Anda juga diperbolehkan bertanya soal sasaran dan tujuan tim Anda.

2.       Memperbanyak Komunikasi oleh Senior

Menjalin komunikasi yang intens terhadap senior dalam pekerjaan Anda merupakan bagian yang tidak kalah penting saat Anda menjadi seorang karyawan baru perusahaan. Karena dengan Anda aktif berkomunikasi, Anda akan memperoleh hati para senior di dalam perusahaan tersebut. Jika hubungan Anda baik dengan senior, tentu akan batasan serta rasa canggung dari Anda dengan senior lama-lama akan menghilang seiring dengan akrabnya hubungan Anda dengannya.

3.       Mempelajari Soal Perusahaan

Sebelum melakukan pekerjaan Anda lebih dalam, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu bagaimana perusahaan Anda bekerja. Mencari tahu apa tujuan bisnis yang perusahaan Anda targetkan, bagaimana susunan organisasinya, serta seperti apa perusahaan Anda menjalankan bisnis. Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu semua hal tentang perusahaan Anda, supaya lebih memahami secara mendalam pekerjaan yang akan Anda jalankan.

4.       Memberikan Kontribusi Terbaik

Menjadi karyawan baru, Anda harus bisa memberi kontribusi terbaik untuk tim serta perusahaan Anda. Disini Anda harus sudah bisa berani menyampaikan berbagai ide, pendapat serta saran untuk tim Anda. Anda juga perlu aktif untuk bertanya atau memberi usulan. Jika Anda lakukan dengan tepat, tentu Anda dapat belajar lebih cepat, serta meningkatkan etos kerja Anda.

5.       Atur Waktu agar Tidak Terlambat

Jangan sampai waktu Anda digunakan untuk hal yang tidak begitu penting. Anda harus melakukan pekerjaan secara optimal dan jangan sampai terlambat dari deadline yang sudah ditentukan. Hal tersebut bisa membuat Anda dipandang sebagai pribadi yang profesional serta menghargai waktu. Upayakan untuk tidak terlambat masuk kantor. Apabila Anda sering telat, tentunya keseriusan Anda akan diragukan dan cenderung dianggap tidak bertanggung jawab oleh pekerjaan. Mengatur waktu bisa dikatakan cukup susah, akan tetapi waktu bekerja adalah harga mati, disarankan untuk tidak lalai yang disebabkan oleh pembagian waktu yang tidak teratur.

6.       Santailah dan Coba Berbaur

Dalam dunia kerja Anda jangan sampai terlihat kaku, cobalah lebih terbuka serta menghargai keberadaan sekitar. Tidak perlu dibawa serius, kecuali ketika berbicara masalah pekerjaan, selain itu Anda bisa membawa santai. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung oleh lingkungan pekerjaan serta rentang usia para pekerja yang ada di perusahaan Anda bekerja. Jika Anda berada di tempat kerja yang karyawannya tergolong usia lebih tua, maka upayakan untuk Anda tetap berperilaku sopan serta menjaga keakraban satu sama lain.

7.       Memiliki Inisiatif

Anda sebagai karyawan baru bila tidak tahu akan tugas yang diamanahkan, cobalah untuk berinisiatif bertanya. Apabila ingin melakukan suatu hal, maka lakukanlah segera. Tidak perlu selalu terpaku oleh mandat saja. Anda bisa memberi yang menurut Anda terbaik serta menyatakan pendapat Anda sendiri.

Gunakanlah ide-ide terbaik Anda untuk mendiskusikannya dengan atasan, Siapa yang menyangka bila ide yang keluar dari mulut Anda bisa menjadi terobosan baru untuk kemajuan bisnis yang dijalankan perusahaan. Dengan iini, tentu atasan akan merasa senang bila Anda memberi dia masukan-masukan yang sangat membantu.

8.       Fokus

Inti dari hal tersebut yakni jangan sampai Anda kehilangan tujuan alias bingung menentukan tujuan pekerjaan Anda. Jangan sampai ketika atasan telah menyampaikan suatu hal secara rinci namun keesokan harinya Anda justru bertanya kembali. Bila Anda kehilangan fokus, itu berarti Anda sudah lalai dalam hal menjalankan tugas yang diberikan.

 

 

Related Posts