Home Administrasi Gampang Banget, Begini Cara Mengurus STNK yang Hilang

Gampang Banget, Begini Cara Mengurus STNK yang Hilang

by Greg Pascal
cara mengurus stnk yang hilang

Cara mengurus STNK yang hilang itu prosesnya panjang. Namun, tidak semua orang sadar akan pentingnya STNK, itulah mengapa pada akhirnya banyak orang yang teledor dan akhirnya menghilangkan STNK nya secara tidak sengaja.

STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) adalah barang yang sangat penting dan wajib dibawa kemanapun oleh si pengendara ketika membawa kendaraannya. Ini adalah dokumen penting yang merupakan bukti kepemilikan yang sah atas kendaraan bermotor yang kita miliki.

STNK secara sah diterbitkan oleh SAMSAT, yang mana isi dari STNK tersebut adalah nama pemilik, nomor kendaraan bermotor, identitas kendaraan bermotor seperti Merk, tipe, jenis, tahun pembuatan, tahun perakitan,  isi silinder, warna, nomor mesin, nomor BPKB, warna TNKB dan lokasi). 

Step by Step Cara Urus STNK Hilang 

Kehilangan STNK adalah kejadian yang bisa dialami oleh siapa saja. Anda yang datang ke blog ini, bisa juga menjadi salah satu korban keteledoran Anda sendiri atau jangan – jangan Anda berkunjung ke blog ini karena sedang mencari solusi soal STNK Anda yang hilang? 

Jika STNK Anda hilang, tidak usah khawatir, Anda bisa masih tetap bisa mendapatkan kembali STNK Anda dengan mengikuti langkah – langkah cara mengurus STNK hilang berikut ini, 

1. Datang Ke Polres/Polsek Untuk Membuat Surat Laporan Kehilangan

Pertama – tama, Anda harus membuat surat kehilangan ke kantor polisi lebih dulu baik PoLsek maupun PoLres terdekat. Ceritakan, bagaimana STNK Anda bisa hilang dengan sejujur – jujurnya.

Anda juga akan diberi sejumlah pertanyaan untuk mengisi surat laporan kehilangan. Biasanya, petugas polisi akan langsung membuatkannya di tempat dan bisa selesai hari itu juga. 

Namun, hal tersebut juga tergantung tingkat jumlah pelapor yang mengantri juga. Untuk berjaga – jaga, sebaiknya Anda datang lebih awal seperti pukul 08.00 pagi untuk menghindari antrian yang panjang.  

2. Siapkan Berkas – Berkas untuk Kemudian di Bawa ke SAMSAT

Sebelum Anda tiba di SAMSAT, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Adapun dokumen – dokumen yang dimaksud adalah sebagai berikut: 

  • KTP 
  • Foto Kopi STNK yang Hilang 
  • Surat Keterangan Kehilangan STNK dari Polsek atau Polres 
  • BPKB Motor yang asli dan Foto kopi

Pada langkah kedua ini, seringkali si pemilik kendaraan bermotor tidak memiliki salinan atau fotokopi STNK nya. Untuk Anda yang mengalami hal serupa, Anda bisa datang ke kantor leasing untuk meminta salinannya. Jangan lupa juga untuk membawa Surat Keterangan Kehilangan dari Kantor Polisi terdekat. 

Jadi, jika Anda juga tidak memiliki fotokopi STNK, ada baiknya Anda meminta dua lembar surat sekaligus dari Kantor Polisi

3. Datang ke Kantor SAMSAT

Setelah semua persyaratan dirasa lengkap, Anda bisa langsung datang ke kantor SAMSAT dengan membawa dokumen persyaratan tersebut. Akan ada tiga instansi yang mengesahkan STNK di SAMSAT yaitu Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja.

cara mengurus stnk yang hilang

Baca Artikel Selanjutnya :

4. Cek Fisik Kendaraan

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan cek fisik kendaraan. Pengecekan akan dilakukan oleh petugas SAMSAT. Petugas akan mengecek fisik kendaraan dan menggesek nomor rangkanya. Hasil pengecekan tersebut, nanti akan dicocokkan dengan berkas fotokopi STNK Anda yang lama. 

5. Mengisi Formulir

Setelah melakukan cek fisik kendaraan, Anda diharuskan untuk mengisi formulir pendaftaran. Setelah selesai, serahkan formulir tersebut kepada petugas. Untuk mengisi formulir ini, Anda akan dikenai biaya sebesar 200 ribu rupiah. 

6. Melakukan Cek Blokir

Setelah selesai mengisi data, maka selanjutnya akan dilakukan pengecekan blokir pada STNK Anda. Fungsi dari pengecekan ini adalah untuk memastikan bahwa kendaraan bermotor Anda sedang tidak dalam pencarian. Di sini, nanti Anda akan diberikan surat kehilangan dari SAMSAT.

7. Membuat STNK Baru di Loket BBN II

Setelah dilakukan cek pemblokiran, Anda akan diminta untuk datang ke loket BBN II untuk mengurus pembuatan STNK baru. Jika Anda kebingungan mencari tempatnya, silahkan tanyakan saja pada petugas terkait di tempat. 

Jangan lupa untuk membawa semua berkas dengan lengkap termasuk surat kehilangan dari SAMSAT ke loket BBN II. 

9. Membayar Pajak Kendaraan

Jika Anda belum membayar pajak kendaraan, maka Anda akan diminta petugas untuk membayar pajak kendaraan ketika tiba di loket BBN II. Namun, jika Anda sudah membayarnya, Anda tidak perlu melakukannya. 

10. Melakukan Pembayaran

Biaya untuk penerbitan STNK yang hilang telah diatur dalam PP No.50 Tahun 2010 yang isinya adalah sebagai berikut 

  1. Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum: Rp50.000
  2. Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih: Rp75.000
  3. Pengesahan STNK: Rp0

11. Ambil STNK dan SKPD Anda

Setelah semua langkah – langkah di atas sudah selesai, Anda tinggal mengambil STNK dan SKPD Anda dengan cara menunjukkan bukti pembayaran di kasir. 

Seperti itulah cara mengurus STNK yang hilang, durasi yang dibutuhkan hingga STNK bisa sampai di tangan Anda adalah sekitar 2 minggu. Maka dari itu, jangan teledor lagi ya!.

Related Posts