Home Perencanaan Gak Pake Ribet, Ini Keuntungan Beli Asuransi dari Broker

Gak Pake Ribet, Ini Keuntungan Beli Asuransi dari Broker

by Lara Nifa
Gak Pake Ribet, Ini Keuntungan Beli Asuransi dari Broker

Sebagian besar orang malas untuk membeli polis asuransi karena prosesnya yang ribet. Bahkan ada juga yang bingung, bagaimana cara membeli dan harus mulai dari mana untuk membeli polis asuransi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini tersedia layanan jasa broker asuransi.

Nah, apa itu broker asuransi? Broker asuransi merupakan institusi yang membantu dan melindungi kebutuhan nasabah akan polis asuransi. Artinya, tugas broker asuransi adalah membantu Anda untuk membeli polis sampai dengan membantu proses klaim asuransi.

Jadi, dengan adanya broker asuransi, Anda tidak perlu ribet datang ke perusahaan asuransi untuk melakukan klaim. Semua proses yang berkaitan dengan asuransi akan dibantu oleh broker asuransi yang menangani Anda. Perlu diingat, Anda tidak boleh sembarangan memilih broker asuransi. 

Hal tersebut karena ada beberapa broker asuransi yang bekerja tidak sesuai dengan tugasnya. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui tugas broker asuransi. Apa saja tugas dan tanggung jawab broker asuransi? Untuk lebih jelasnya, simak informasi tugas dan tanggung jawab broker asuransi serta keuntungan membeli asuransi dari broker berikut ini.

Mengenal Peranan Broker Asuransi dalam Membantu Nasabah Asuransi

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Tentunya, sebelum menggunakan jasa broker asuransi, Anda ingin mengenal lebih dekat apa saja tugas dan tanggung jawab broker asuransi? Untuk lebih jelasnya tentang peranan broker asuransi dalam membantu nasabah asuransi akan dijelaskan sebagai berikut.

Tugas Broker Asuransi dalam Membantu Nasabah

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja tugas broker asuransi dalam membantu nasabah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak tugas broker asuransi berikut ini.

  • Mengidentifikasi kemungkinan terjadinya risiko supaya nasabah tidak rugi dalam membeli produk asuransi.
  • Membuat kontrak dan menyiapkan administrasi yang berkaitan dengan asuransi.
  • Sebagai perantara antara nasabah dan perusahaan asuransi.
  • Mempermudah proses negosiasi yang berkaitan dengan klaim asuransi sehingga nasabah terbantu dengan adanya broker asuransi.

Tanggung Jawab Broker Asuransi dalam Membantu Nasabah

Perlu diketahui, selain memiliki tugas khusus, seorang broker asuransi juga memiliki tanggung jawab yang diatur dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan. Adapun tanggung jawab broker asuransi adalah sebagai berikut.

  • Memberikan edukasi yang baik tentang produk asuransi kepada nasabah, seperti: mengenalkan kemungkinan terjadinya risiko dan cara mengelolanya atas pembelian produk asuransi. Jadi, nasabah memiliki rasa aman ketika membeli produk asuransi.
  • Bertanggung jawab sesuai dengan tugasnya dalam membantu nasabah asuransi. Contohnya: melakukan pencatatan administrasi nasabah dengan baik, membantu nasabah untuk melakukan klaim asuransi sampai dengan membantu nasabah memahami sistem pembukuan asuransi.

5 Keuntungan Membeli Asuransi dari Broker Asuransi

Tentu saja, dengan adanya broker asuransi, nasabah asuransi akan terbantu. Pastinya, nasabah asuransi tidak perlu ribet lagi harus bolak-balik ke kantor asuransi untuk mengurus administrasi yang berkaitan dengan asuransi.

Selain itu, banyak lagi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari membeli asuransi melalui broker asuransi. Apa saja keuntungan membeli asuransi dari broker asuransi? Yuk, simak 5 keuntungannya berikut ini.

  • Mendapatkan Edukasi yang Cukup Tentang Berbagai Macam Produk Asuransi

Pada umumnya, seorang broker asuransi tidak hanya memegang satu produk asuransi saja, melainkan banyak produk. Oleh karena itu, dengan adanya broker asuransi, Anda akan mendapatkan edukasi yang cukup tentang berbagai macam produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi.

Artinya, Anda dapat membandingkan beberapa polis asuransi dan manfaatnya. Dengan begitu, Anda dapat memilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastinya, Anda tidak perlu ribet lagi menghubungi customer service setiap perusahaan asuransi.

  • Prosesnya Mudah dan Praktis

Sesuai dengan tugas dan tanggung jawab broker asuransi, yaitu membantu nasabah akan kebutuhan asuransi. Otomatis proses pembelian polis asuransi menjadi lebih mudah dan praktis. Itu karena Anda tidak perlu datang langsung ke kantor asuransi untuk mengurus administrasi, kontrak polis sampai dengan pengajuan klaim asuransi.

Jadi, proses kepemilikan polis asuransi menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya broker asuransi. Tentu saja, Anda tidak perlu lagi meluangkan banyak waktu untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan asuransi.

  • Lebih Aman dan Terpercaya

Perlu Anda ketahui, umumnya broker asuransi sudah mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, pembelian asuransi menjadi lebih aman dan terpercaya melalui broker asuransi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi tertipu dengan produk asuransi.

Namun, harus Anda ingat, pastikan Anda memilih broker asuransi yang sudah tercatat dan memiliki izin dari OJK. Anda dapat memeriksa profil broker asuransi di website resmi OJK. 

  • Mendapatkan Kemudahan Ketika Akan Mengajukan Klaim Asuransi

Salah satu tugas broker asuransi adalah membantu nasabah dalam proses pengajuan klaim asuransi. Bahkan broker asuransi membantu nasabah sampai dengan proses pencairan asuransi. Tidak heran, jika banyak nasabah yang merasa terbantu dengan adanya broker asuransi.

Hal tersebut karena nasabah akan mendapatkan kemudahan dalam segala hal yang berkaitan dengan produk asuransi. Jadi, tunggu apalagi bagi Anda yang membutuhkan broker asuransi, Anda dapat menggunakan jasa broker asuransi tanpa rasa was-was.

  • Memungkinkan Mendapatkan Polis Asuransi dengan Harga Terjangkau

Seperti pada penjelasan sebelumnya, broker asuransi tidak hanya menawarkan satu produk asuransi saja. Tetapi broker asuransi juga menawarkan beberapa produk asuransi dengan harga yang berbeda-beda. 

Pada umumnya, broker asuransi akan menawarkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastinya, harga yang ditawarkan pun akan disesuaikan dengan kebutuhan asuransi Anda. Jadi, Anda bisa memilih produk asuransi yang sesuai dengan budget Anda.

Nah, itulah keuntungan membeli asuransi dari broker asuransi. Pastinya, dengan adanya broker asuransi, kebutuhan Anda akan asuransi dapat teratasi dan tidak perlu ribet lagi mengurus segala hal yang berkaitan dengan asuransi. 

Related Posts