Home Administrasi Fungsi Neraca Lajur dan Cara Membuatnya

Fungsi Neraca Lajur dan Cara Membuatnya

by Lara Nifa
ilustrasi neraca lajur

Di sebuah perusahaan ada yang namanya laporan keuangan dimana bagian ini merupakan salah satu hal terpenting untuk dapat mengetahui siklus keuangan suatu perusahaan. Dengan menyusun catatan keuangan yang tertata rapi, tentunya akan mempermudah ketika melakukan evaluasi dan sebagainya. Salah satu upaya yang tergolong penting untuk dilakukan yakni neraca lajur.

Hadirnya neraca satu ini akan memberi gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan. Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai fungsi dan cara membuat neraca lajur bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi Neraca Lajur

Ada beberapa fungsi neraca lajur yang umumnya digunakan untuk menyusun laporan keuangan. Lewat pemahaman yang akurat dari neraca lajur ini tentu akan menjadi lebih efisien dan efektif saat menyusun laporan keuangan. Berikut beberapa fungsi dari neraca lajur.

Untuk Meringkas Data

Si dalam suatu perusahaan apalagi yang berskala besar, pastinya akan terdapat banyak transaksi yang dilakukan setiap harinya bahkan ketika merekapnya dalam sebulan penuh. Melalui neraca tersebut, tentu bisa digunakan untuk mengkategorikan beberapa jenis transaksi yang nantinya akan diringkas di setiap transaksi yang dilakukan. Dari setiap transaksi nantinya akan di bagi ke sebuah lajur-lajur berbeda serta aka membuatnya menjadi lebih rapi.

Mengevaluasi Transaksi

Jika sudah berhasil menyusun suatu neraca yang tertata rapi, pastinya akan jauh lebih mudah untuk sebuah perusahaan tertentu melakukan pendataan serta mengevaluasi transaksi yang sudah dilakukan. Saat melakukan aktivitas pencatatan, akan selalu ada kesalahan dalam penghitungan jumlah dan lain sejenisnya. Nah, dengan memakai metode neraca tersebut kemungkinan seperti ini dapat diminimalisir.

Cara Menyusun Laporan

Lewat neraca lajur tersebut dapat mempermudah untuk urusan membuat laporan keuangan. Kondisi ini disebabkan jumlah transaksi akan direkap dan ditampilkan pada sebuah alur dengan ringkas walaupun di awal data yang ada begitu detail. Melalui cara tersebut tentu menjadikan nilai saldo akan jauh lebih mudah terbaca dan dapat dilakukan agar menyesuaikan oleh transaksi berikutnya untuk dijadikan sebagai neraca saldo perusahaan.

Prosedur Perusahaan Profesional

Sebuah perusahaan entah di sektor apapun jika dapat memanage laporan keuangan dengan sangat baik pastinya akan menyusun dan membuat neraca seperti ini. Hal ini disebabkan neraca lajur bisa menampilkan suatu data yang begitu terstruktur.

Selain itu juga menjadikan alur laporan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah. Bagi sebuah perusahaan yang dapat menjalankan prosedur laporan keuangan yang baik akan terlihat kredibel dan profesional.

Memantau Kegiatan Harian

Agar dapat mengetahui atau melihat transaksi harian dari suatu perusahaan, dapat melalui worksheet satu ini. Pastinya hal ini akan mempengaruhi kemudahan dalam melakukan evaluasi di tiap transaksi yang dilakukan. Lewat fakta ini membuat tidak sedikit perusahaan membuat neraca lajur agar bisa memudahkan di setiap transaksi hingga rekapan akhir bulan.

Cara Membuat Neraca Lajur

pengertian neraca lajur

Jika Anda sudah mengetahui pengertian serta fungsi dari neraca lajur bagi sebuah perusahaan, pastinya Anda juga perlu mengetahui dan memahami prosedur yang benar. Cara membuatnya tergolong mudah serta tidak membutuhkan banyak waktu, caranya seperti berikut ini:

Menyusun Format Neraca

Untuk format neraca lajur ini terdapat beberapa kolom yang mana berisikan kolom nama akun, nomor akun, neraca saldo, neraca, laba rugi, neraca saldo sesudah penyesuaian, jurnal penyesuaian. Masing-masing kolom ini dibagi menjadi dua dengan menempatkan debit kredit di transaksi dan akun yang ada.

Mencantumkan Nama Akun dan Nomor Akun

Isilah nama akun dan nomor akun di kolom yang telah tersedia, sesudah itu tambahkan total neraca saldo yang sudah dituliskan sebelumnya. Neraca saldo tersebut ada di laporan keuangan sebelumnya.

Isi Kolom Jurnal Penyesuaian

Di kolom yang satu ini Anda perlu mengisi nominal dimana sudah dibuat dalam jurnal penyesuaian yang ada. Lalu pindahkan saldo tersebut ke kolom dan disesuaikan antara kredit dan debit. Kolom penyesuaian tersebut hanya untuk penggunaan peralatan, perlengkapan serta beberapa penyusutan lain.

Menambah Nominal di Neraca Saldo Sesudah Penyesuaian.

Saat sudah ditemukan saldo atau nominal antara neraca saldo serta jurnal penyesuaian, tahap selanjutnya mengurangi atau menjumlahkan antara keduanya serta tulis di kolom neraca saldo sesudah penyesuaian. Apabila di kolom terdapat kesamaan kredit ataupun debit maka metode penghitungannya yakni dengan cara ditambahkan, dan seperti itu juga sebaliknya.

Isi Kolom Neraca serta Laba Rugi

Jika ingin mengisi kolom tersebut yakni dengan memindahkan akun-akun neraca yang ada di neraca saldo sesudah penyesuaian, taruh akun tersebut berdasarkan kredit maupun debit yang ada. Kolom laba rugi adalah kebalikan untuk pengisian neraca dimana merupakan akun riil serta bukan suatu beban ataupun pendapatan.

Neraca lajur memang mempunyai peran yang sangat penting untuk membangun sebuah laporan keuangan yang baik dan akurat. Hal tersebut tentu akan membuat segala urusan yang berbau transaksi bisa dipermudah serta dipercepat dalam bentuk laporan keuangan yang kredibel.

Related Posts