Home Kredit Fungsi Kartu Kredit, Menguntungkan Atau Merugikan Sih?

Fungsi Kartu Kredit, Menguntungkan Atau Merugikan Sih?

by Greg Pascal
fungsi kartu kredit

Kartu kredit mungkin bukanlah hal yang asing untuk kita. Namun apakah pernah Anda berencana untuk memilikinya? Jika Anda berpendapat bahwa kartu kredit merugikan, itu tidak sepenuhnya benar. Karena ada banyak fungsi kartu kredit yang menguntungkan. 

Yang terpenting dalam memanfaatkan kartu kredit, Anda harus melakukan banyak perhitungan. Jangan sampai tagihan kartu kredit Anda membebani keuangan atau finansial Anda. Karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda terima dari kartu kredit.

Fungsi Kartu Kredit

1. Kebutuhan Mendesak

Fungsi kartu kredit yang paling utama adalah digunakan untuk mendapatkan dana untuk kebutuhan mendesak. Kebutuhan dana mendesak ini seringkali sulit untuk diatasi dengan berhutang. Namun dengan memanfaatkan kartu kredit, kita bisa mendapatkan dana lebih cepat.

Kebutuhan mendesak ini bisa seperti untuk pengobatan atau pembayaran tagihan seperti pembayaran listrik atau lainnya yang harus segera diselesaikan. Apabila mengandalkan sumber dana lain seperti bank, Anda akan membutuhkan waktu lainnya.

2. Dana Peluang

Selain digunakan untuk kebutuhan mendesak, fungsi kartu kredit lainnya adalah sebagai dana peluang. Ini sama seperti kebutuhan dana mendesak hanya ditujukan untuk kepentingan investasi atau lainnya yang mungkin bisa dikembangkan yang kesempatannya tidak datang dua kali.

Dengan kesempatan yang tidak datang dua kali itulah, Anda bisa terlebih dahulu membeli bentuk investasinya. Saat investasi Anda sudah mulai memberikan hasil, Anda bisa mulai membayar kredit Anda. 

3. Pencatatan Biaya

Fungsi yang ketiga adalah sebagai upaya untuk pencatatan biaya. Pasalnya dengan melalui kartu kredit, setiap pengeluaran kita pasti akan tercatat sehingga ada pencatatan biayanya. Setelahnya kita hanya perlu membayar tagihan kartu kreditnya.

Apabila Anda menggunakan uang cash, artinya Anda harus selalu mengumpulkan nota belanja Anda. Nah, apabila hilang maka hitungan setiap bulannya akan terganggu. Namun dengan kartu kredit, Anda akan mendapatkan laporan apa saja yang Anda beli.

4. Kredit Bunga 0%

Kelebihan utama lainnya dari pemanfaatan kartu kredit adalah karena pembayaran dengan kartu kredit memiliki bunga 0%. Berbeda dengan pinjol atau pinjaman lainnya yang memiliki bunga yang tergolong lebih besar. Tentu ini akan menjadi keuntungan saat membeli barang dengan harga mahal.

Kredit bunga 0% ini sendiri karena kartu kredit memiliki kejelasan akan data pribadi Anda. Dengan demikian, pihak pemberi kredit lebih percaya pada pemilik kartu kredit. 

5. Dibayar Secara Online

Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit selalu lebih mudah. Apabila dulu hanya perlu untuk digesek, sekarang pembayaran menggunakan kartu kredit pun bisa dibayarkan secara online. Tentu akan semakin mempermudah saat Anda belanja.

fungsi kartu kredit

Baca Artikel Selanjutnya :

Pembayaran secara online ini tentu lebih menguntungkan karena Anda bisa melakukan transaksi dimana saja dan juga kapan saja selama belum melebihi limit. 

6. Pengeluaran Lebih Teratur

Pembelian kartu kredit pasti akan memiliki limit setiap bulannya. Oleh karena itulah pembelian dengan kartu kredit akan lebih teratur dan juga terbatasi. Karena Anda sudah memiliki komitmen setiap bulannya untuk tidak menghabiskan lebih dari limit yang diijinkan.

Oleh karena itulah, saat pengajuan kartu kredit Anda bisa menghitung berapa persen yang bisa Anda  berikan dari pendapatan Anda. Namun ada baiknya juga jika tidak lebih dari 40% dari pendapatan Anda. Hal itu bertujuan agar Anda tidak berat dalam membayar tagihannya kelak.

Cara Memiliki Kartu Kredit

Untuk memiliki kartu kredit, Anda harus mengunjungi atau menghubungi pihak penyedia kartu kredit. Penyedia kartu kredit ini adalah pihak bank yang mana seperti BCA, BNI, BRI atau bank lainnya. Syarat serta langkahnya kurang lebih hampir sama satu sama lainnya.

Untuk syaratnya, Anda bisa menyiapkan kartu identitas seperti KTP, Paspor, Kitas, maupun Kitap. Sedangkan syarat lainnya yang juga seringkali dibutuhkan adalah NPWP dan ada juga yang memohon untuk menyediakan slip gaji karena harus memiliki pendapatan minimum.

Selain itu, Anda hanya perlu melengkapi data pribadi dari bank seperti saat Anda membuka rekening baru, Anda juga akan diminta untuk menentukan limit kartu kredit yang mana juga akan disarankan oleh pihak bank agar tidak memberatkan finansial Anda.

Untuk memilih mana penyedia kartu kredit yang terbaik, Anda bisa melakukan survey terlebih dahulu seperti mulai dari apakah penyedia bank tersebut terpercaya, apakah sering terjadi masalah dan sebagainya yang mungkin merugikan nasabahnya.

Selain itu, ada persyaratan khusus untuk bank tertentu seperti batasan minimal pendapatan yang berbeda yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda salah mengambil langkah, pertimbangkan mana pemberi layanan kartu kredit terbaik.

Itulah beberapa fungsi kartu kredit yang apabila dimanfaatkan dengan baik dan benar dapat memberikan keuntungan untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang memang mencari masukan untuk membuat kartu kredit. Selamat mencoba.

Related Posts