Home Perencanaan Fungsi Kartu BPJS Kesehatan

Fungsi Kartu BPJS Kesehatan

by Lara Nifa
ilustrasi manfaat bpjs kesehatan

Pemerintah Indonesia memberikan jaminan dan asuransi kesehatan untuk seluruh warganya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini sebagai bentuk pembaharuan dari Asuransi Kesehatan (ASKES) yang telah lama ada sebelumnya. Sekarang ini semuanya berganti dan menjadi Kartu BPJS kesehatan yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang menjadi peserta. 

Lembaga ini sebelumnya bernama PT Asuransi Kesehatan Indonesia atau biasa dikenal Askes, sekarang ini telah berganti dan menjadi PT. Jamsostek (Persero). Fokusnya pun tidak hanya pada kesehatan, tetapi juga untuk perlindungan ketenagakerjaan. Penasaran mengenai fungsi kartu BPJS? Yuk simak ulasannya. 

Mengenal Manfaat BPJS Kesehatan

Memiliki kartu BPJS tentunya memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi masyarakat yang menggunakan secara menyeluruh. Selain memberikan perlindungan untuk segala jenis penyakit, iuran BPJS juga terjangkau bagi semua kalangan. 

Karena ada banyak funsi dan manfaat yang akan didapatkan secara langsung apabila Anda menjadi peserta aktif dari BPJS kesehatan tersebut, tidak heran bila asuransi kesehatan jenis tersebut seharusnya jadi referensi utama bagi orang-orang yang ingin melindungi dirinya dari berbagai macam penyakit kronis.

fungsi bpjs kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan:

  • Perlindungan Untuk Semua Penyakit 

Apabila Anda melakukan pengobatan pada peserta BPJS, maka semuanya akan ditanggung oleh BPJS dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Proses ini sesuai dengan indikasi berdasarkan medis yang telah ditentukan pada prosedur JKN. Hal ini penting untuk dipahami bersama mengenai aturan dan kebijakan JKN tersebut. 

Dalam tahap ini JKN telah diatur dan ditentukan dalam Permenkes nomor 28 tahun 2014 kalau semua penyakit yang diderita oleh pasien dan menggunakan kartu BPJS akan ditanggung oleh lembaga tersebut. Tetapi ada beberapa hal yang mengenai penyakit yang disebutkan secara eksplisit tidak akan ditanggung oleh pihak BPJS kesehatan. 

  • Menjamin Penyakit Tertentu 

Fungsi kartu BPJS adalah memberikan perlindungan mengenai asuransi kesehatan terhadap masyarakat Indonesia yang telah menjadi peserta aktif. Beberapa manfaat yang didapatkan pun bervariasi dan tergantung dari pilihan masing-masing pesertanya untuk mendapatkan jaminan. Dalam tahap ini, BPJS memberikan jaminan untuk penyakit tertentu. 

BPJS sendiri termasuk lembaga kesehatan yang relatif baru dan masih banyak beberapa peraturan yang membuat pesertanya mengalami kebingungan. Dalam tahap ini membuat mereka berbagai kebijakan dan aturannya masing butuh proses panjang. Tetapi BPJS kesehatan termasuk yang memiliki premi paling murah dibandingkan lembaga asuransi lainnya. 

Meskipun begitu BPJS kesehatan tetap menanggung penyakit tertentu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat, salah satunya penyakit kanker, penyakit jiwa, dan sebagainya. 

  • Kartu Kesehatan Gotong Royong 

Dapat dikatakan kartu kesehatan BPJS ini termasuk kartu untuk memenuhi dan membantu orang-orang yang lemah atau dapat dikatakan kartu gotong royong. Karena jika peserta memiliki riwayat sakit tidak perlu melihat aspek yang ada sebelumnya dan tidak ada batasan penyakit. Semuanya akan mendapatkan perlindungan dan ditanggung oleh BPJS.

Bahkan, BPJS kesehatan memberikan perlindungan untuk membantu beberapa penyakit yang diderita seumur hidup, hal ini tentunya membuat masyarakat perlu bersyukur. Karena beberapa asuransi lainnya tidak memberikan aspek tersebut. Oleh karena itu, tahap ini Anda harus bisa memperhatikannya dan pastikan kalau mampu bisa terus membayar dan biayanya untuk membantu sesama. 

Hal inilah membuat fungsi kartu BPJS begitu luas dan diperuntukkan untuk melindungi kesehatan seluruh warga negaranya. 

  • Premi atau Angsuran Murah 

Beberapa manfaat yang sangat menguntungkan dan dimiliki oleh masyarakat adalah kalau jumlah premi yang dikeluarkan termasuk murah dibandingkan dengan produk asuransi kesehatan lainnya. Tetapi bukan berarti BPJS tidak memiliki kualitas atau murahan untuk kepada peserta yang menggunakannya, sehingga tidak perlu khawatir. 

Untuk angsurannya pun terbagi menjadi 3 kelas dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta dalam membayarnya. Setiap kelas berbeda-beda, untuk kelas 1 membayar 80 ribu rupiah, kelas 2 membayar 51 ribu rupiah, dan kelas 3 membayar 25.500 ribu rupiah. Dengan angsuran tersebut Anda sudah bisa memberikan perlindungan diri baik untuk rawat inap, pengobatan, melahirkan, dan untuk kebutuhan cuci darah yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

  • Jaminan Panjang atau Seumur Hidup

Hal yang paling menarik dari manfaat dan  fungsi kartu BPJS adalah mendapatkan perlindungan jiwa seumur hidup, ditambah dengan premi yang relatif lebih murah. Tindakan inilah membuat masyarakat bisa memanfaatkan dan menggunakannya untuk berbagai kebutuhan kesehatan. Tentunya ini menjadi kartu kesehatan terbaik untuk melindungi masyarakat luas. 

Terpenting Anda terus melakukan pembayaran secara menyeluruh, karena ini menjadi perlindungan dan jaminan kesehatan yang paling tepat dan murah, apalagi mampu menawarkan perlindungan seumur hidup. Pastikan Anda membayar tepat waktu dan tidak mengalami penunggakan untuk memenuhi kebutuhan BPJS kesehatan tersebut. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai kartu BPJS kesehatan, pastikan Anda memahami beberapa fungsi dan manfaatnya secara menyeluruh. Karena kartu BPJS termasuk asuransi dan jaminan diri yang paling murah dan berbagai penyakit yang diderita ditanggung langsung oleh BPJS kesehatan.

Related Posts