Home Investasi Fakta seputar investasi emas

Fakta seputar investasi emas

by Lara Nifa

Sampai sekarang, banyak sekali orang yang lebih suka berinvestasi pada emas. Karena mereka menganggap emas memiliki beragam keuntungan dan kelebihan bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnta.

Misalnya seperti emas dianggap tahan terhadap inflasi, lalu emas juga mempunyai tingkat likuiditas tinggi bila dibandingkan bentuk investasi lain seperti saham, deposito, obligasi maupun reksadana. Dimana artinya, bila Anda memiliki emas dan dalam keadaan terdesak, maka akan dengan mudah mendapatkan uang tunai dengan cara menjualnya kapan saja.

Namun, sepertinya Anda harus mengetahui beberapa fakta menarik mengenai emas yang pasti belum banyak orang tahu. Berikut adalah contohnya dan ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

Nilai emas berfluktuatif

Mayoritas orang akan berpikir bila investasi emas itu cenderung stabil serta akan terus meningkat tiap tahunnya. Padahal kenyataannya, berinvestasi pada emas juga dapat mengalami naik dan turun. Sama seperti halnya harga saham

Ketika membeli emas, tentunya Anda juga harus memperhatikan kapan waktu yang pas atau tepat untuk dapat menjualnya kembali. Karenanya Anda sebisa mungkin harus selalu mengecek nilai jual emas yang lebih tinggi bila dibandingkan ketika Anda membelinya. 

Itulah sebabnya emas disebut juga sebagai investasi untuk jangka panjang. Anda harus sabar menanti nilai jual yang dinantikan apabila memang berniat untuk menjualnya kembali, karena bila Anda terburu-buru dan tidak mengetahui berapa nilainya saat itu bisa saja Anda malah mendaparkan kerugian.

Untuk itu, lebih baik bila Anda meningkatkan kualitas dengan membeli atau menginvestasikan uang Anda pada emas yang 24 karat, dimana tingkat kemurniannya mencapai 99,99% dan akan lebih baik lagi bila mempunyai sertifikat resmi. 

Cara menyimpannya berbeda

Ketika Anda memutuskan untuk membeli emas yang berbentuk fisik, maka Anda harus memperhatikan dimana lokasi penyimpanan yang aman dan hanya Anda yang tahu tempatnya. Apalagi emas dapat dijual kapan saja tanpa memerlukan konfirmasi, dalam artian ketika emas tersebut dicuri maka bisa langsung dijual tanpa harus memperlihatkan bukti apapun.

Jadi sebaiknya Anda memikirkan secara matang, dimana Anda akan menyimpan emas tersebut. Apabila Anda merasa di rumah tidak ada tempat yang aman, Anda dapat menitipkannya pada pihak bank atau pegadaian dengan mempersiapkan sejumlah biaya. Biasanya tarifnya mulai dari 700 ribuan, nominal tersebut sudah untuk satu tahun dan memiliki hak untuk memegang kunci dari safety box yang disewa.

Walaupun terbilang mahal, namun keamanan dari emas yang Anda miliki tentu akan lebih terjamin. Sebab dijaga serta diawasi 24 jam secara ketat. Tentu saja Anda dapat mengambilnya sewakt-waktu ketika keadaan sedang mendesak.

Ada perbedaan pada volume pembelian

Terdapat kekurangan dan kelebihan ketika Anda membeli emas dalam ukuran kecil atau besar. Anda harus mengetahui besaran harga dari setiap gramnya dan perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya semakin besar atau berat, emas akan lebih murah. Tetapi memang modal yang harus disiapkan terbilang besar dan butuh waktu untuk mengumpulkan dananya.

Berbeda ketika membeli emas dalam berat yang lebih kecil, misalnya satu gram. Anda akan bisa langsung membelinya setiap bulan dan ketika sedang membutuhkan dana maka akan dengan mudah dijual. Tidak seperti saat memutuskan membeli dalam volume yang besar, dimana bila Anda memerlukan uang dan ingin menjualnya tentu akan lebih sulit.

Karena itu, ketika Anda ingin membeli emas. Baik dalam betuk perhiasan, batangan ataupun tabungan emas, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuan serta tujuan pembeliannya. Bila memang tujuan membeli emas agar mudah untuk dicairkam, maka belilah dalam gram kecil tapi bila untuk simpanan silahkan membeli dalam gram yang besar.

Memeriksa harga emas

Selanjutnya adalah memeriksa harga emas secara berkala pada situs-situs resmi seperti misalnya pegadaian, antam, toko-toko emas atau marketplace. Karena pada website tersebut Anda bisa mendapatkan informasi mengenai nilai dari emas baik per gram hingga besaran lainnya.

Anda dapat membandingkan harga pada setiap website dan mengecek berita tentang ekonomi terkini yang memang berhubungan dengan emas, sebab harga emas di dalam negeri sangat dipengaruhi oleh harga secara global.

Pilih cara untuk berinvestasi

Keuntungan membeli emas dalam bentuk fisik, Anda dapat membawanya secara langsung dan menyimpan di rumah. Bila Anda memilih tabungan emas, maka bisa membeli secara menabung atau mencicil uang dan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Dengan memanfaatkan sistem menabung tersebut, Anda bisa memperoleh emas yang diinginkan dan dapat membawanya pulang ketika sudah melakukan pelunasan, tetapi Anda akan terkena biaya cetak. Namun, bila ingin di konversikan berbentuk uang tunai juga bisa dilakukan.

Waktu yang tepat mencairkan emas

Bila menanyakan kapan tepatnya emas dapat dicairkan? Jawabannya tergantung dengan tujuan masing-masing individu. Ketika sudah mencapai target yang diinginkan, maka segera cairkan. Tetapi bila Anda ingin memperoleh imbal hasil cukup besar, Anda bisa menyimpannya setidaknya lima tahun.

Related Posts