Home Karir Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia yang Menginspirasi

Deretan Pengusaha Sukses di Indonesia yang Menginspirasi

by Lara Nifa
ilustrasi Pengusaha Sukses di Indonesia

Belakangan ini, banyak orang yang beralih ingin menjadi pengusaha sukses daripada menjadi karyawan kantoran. Dengan kisah yang menginspirasi dari tokoh Pengusaha Sukses di Indonesia, menjadikan dorongan dan motivasi bagi kebanyakan orang untuk menekuni dunia usaha ini. 

Deretan kisah Pengusaha Sukses di Indonesia

Siapa sih didunia ini yang tidak ingin sukses? Siapa sih yang tidak ingin mempunyai usaha? Bisa ditebak bahwa banyak orang yang ingin sukses dengan memiliki usahanya sendiri. Artikel ini akan membahas kisah-kisah inspirasi dari beberapa tokoh pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Diharapkan dengan kisah inspiratif ini, akan menjadikan kamu motivasi untuk maju dan pantang menyerah. Berikut ini daftar pengusaha sukses yang ada di Indonesia.

  • Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan Bob Sadino. Dia adalah tokoh pengusaha sukses yang sangat menginspirasi. Bob Sadino dikenal sebagai pengusaha yang nyentrik dalam hal berpakaian, dimana celana pendek dan kemeja pendek menjadi ciri khas seorang Bob Sadino.

Bob Sadino yang dulunya berasal dari keluarga yang cukup mapan menjadi tidak punya apa-apa, dikarenakan harta warisan yang diterima Bob Sadino , dia habiskan untuk berkeliling dunia yang akhirnya membawa dia bekerja di luar negeri.

Setelah beberapa tahun bekerja di luar negeri, dengan bertekad ingin hidup mandiri di Indonesia, Bob Sadino memutuskan kembali ke tanah air. Setelah kembali ke tanah air, beberapa pekerjaanpun dia lakukan. Dari menjadi supir taksi gelap, berlanjut menjadi tukang batu, dan kemudian jadi peternak telur. Dari berternak telur inilah awal mulai kesuksesan seorang Bob Sadino. Dengan ketelatenan dan ketekunan, usaha ternak telurnya mengalami kesuksesan hingga mempunyai pelanggan tetap. 

pengusaha sukses

Setelah usahanya berkembang pesat, Bob Sadino memulai usaha yang lain dengan melakukan impor berbagai macam sayuran dan buah seperti jagung manis dan melon yang terbilang baru di Indonesia. Kemudian Bob kembangkan sayura-sayuran segar menjadi cara hidroponik. Dengan usahanya yang terus berkembang, Bob Sadino dapat membuka swalayan sendiri dengan nama Kemchicks. Selain mendirikan swalayan, ia juga mendirikan Kemfood yang berfokus dalam memproduksi daging seperti sosis, nugget, bakso, dan burger.

Sukses dengan industri pangan yang dia dirikan, dia kemudian membuka bisnis properti di Kemang yang dia namakan Mansion at Kemang, dimana itu adalah sebuah pusat perkantoran, apartemen, serta pusat perbelanjaan.

  • Susi Pudjiastuti

Sebelum menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dengan masa Jabatan 2014-2019, Susi Pudjiastuti dikenal sebagai seorang pengusaha wanita sukses di Indonesia.

Susi Pudjiastuti ingin fokus membangun usahanya sendiri dan memutuskan untuk berhenti sekolah waktu SMA. Dengan bermodal dari hasil menjual perhiasannya, usaha yang pertama kali dilakukannya (tahun 1983) adalah menjadi pengepul ikan. Kemudian Susi Pudjiastuti mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine pada tahun 1996. Produk yang menjadi andalannya adalah Lobster yang dia ekspor keluar negeri (dari Asia hingga Amerika).

Untuk menjaga mutu dan kualitas produk andalannya masih segar hingga diterima pelanggan, Pada tahun 2004, ia memberanikan diri mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation dan membeli pesawat Cessna Caravan dengan meminjam uang ke Bank sebesar 20 miliar. Usahanya pun berkembang pesat. Dari hanya 1 pesawat, kini ia memiliki beberapa pesawat dan dapat disewakan baik untuk mengangkut hasil laut ataupun penumpang.

  • Eka Tjipta Wijaya

Beliau adalah seorang pendiri perusahaan grup Sinarmas. Grup Sinarmas bergerak diberbagai sektor, diantaranya : Agribisnis, Keuangan, Makanan, Infrastruktur, Telekomunikasi, Energi, hingga Kesehatan dan Pendidikan.

Dengan sektor bisnis yang begitu banyak, bukan tanpa halangan ia membangun bisnisnya. Lahir dari keluarga yang miskin , memaksanya untuk merantau China ke Makasar dengan bermodal uang 150 dollar dari hasil meminjam ke rentenir. Demi membayar hutang keluarga, dia terpaksa berhenti sekolah.

Usaha pertamanya adalah berjualan permen, biskuit, berjualan kopi hingga kopra. Usaha pertamanya bangkrut dikarenakan dagangannya dijarah oleh Pemberontak. Namun dia bangkit lagi. Dia kemudian berjualan permen hingga gula. Uang dari keuntungan dia berjualan itu, dia kumpulkan hingga uang tersebut dapat menjadi modal usaha dia selanjutnya.

Melalui modal tersebut, dia akhirnya dapat membeli sebuah perkebunan sawit di Riau. Dan itulah awal usahanya berkembang pesat dan dia dapat mengembangkan usahanya ke sektor yang lain seperti perbankan, kertas, hingga properti. Hal inilah yang membuat nama Eka Tjipta Wijaya masuk dalam jajaran pengusaha sukses di negara ini. 

Berikut adalah beberapa deretan kisah Pengusaha Sukses di Indonesia yang dapat kamu jadikan motivasi. Mereka membangun usaha dan bisnis dari awal. Dengan ketekunan, kegigihan, dan pantang menyerah, yakinlah bahwa kamu dapat sukses seperti orang-orang inspiratif diatas. Gagal? Bangkit. Gagal lagi? Bangkit lagi. Jangan cepat putus asa. Karena usaha tidak akan langsung berkembang dengan sendirinya tanpa adanya dorongan tekad dan kesabaran yang tidak terbatas. Selalu semangat dan selamat berjuang.

Related Posts