Home Bisnis dan Usaha Dengan Modal 1 Juta, Sudah Bisa Berbisnis Usaha Susu Kedelai

Dengan Modal 1 Juta, Sudah Bisa Berbisnis Usaha Susu Kedelai

by Lara Nifa

Peluang bisnis yang menguntungkan cukup dengan modal kurang dari 1 juta, seperti bisnis susu kedelai, sangat cocok untuk bisnis rumahan. Selain itu, bisnis dapat dijalankan dengan modal kecil, meminimalkan risiko. Peluang bisnis susu kedelai kecil ini memang sepele, namun jika Anda serius, bisnis rumahan sangat membantu Anda untuk menghasilkan pendapatan lebih tanpa modal besar yang menjanjikan.

 

Susu kedelai adalah salah satu produk olahan yang terbuat dari biji kedelai. Kandungan gizi yang dimiliki susu kedelai adalah protein yang tinggi  dan memiliki komposisi asam amino yang setara dengan kandungan protein susu. Hal ini menjadikan susu kedelai menjadi bentuk alternatif dari pengganti susu, terutama bagi Anda yang memiliki alergi dengan terhadap protein yang terkandung dalam susu sapi. Susu kedelai tentu sehat dan sangat populer di kalangan vegetarian.

 

Banyak orang yang menikmati minuman ini. Selain itu, minuman ini juga dapat diminum oleh segala usia termasuk dari bayi hingga orang dewasa. Susu kedelai ini memiliki satu keuntungan bagi orang yang mengkonsumsinya. Ini kaya akan sumber protein yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan tulang. Selain itu, minuman ini dapat mengatasi kolesterol jahat dalam tubuh. Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi, terutama dari segi kandungan proteinnya. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, susu kedelai juga memiliki kandungan gizi lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak dan vitamin. Minum susu kedelai sama sama memiliki manfaat yang baik seperti saat Anda minum susu. Harga susu kedelai jauh lebih terjangkau dibandingkan susu.

 

Susu kedelai ini bisa dibuat dengan langkah-langkah sederhana menggunakan alat dan teknik sederhana. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk membuatnya. Karena segudang kelebihan susu kedelai, susu kedelai bisa dijadikan bisnis penghasil mesin kasir rupiah. Prospek bisnis susu kedelai ini sangat menguntungkan jika dikerjakan dan mudah dikembangkan. Sangat mudah untuk memulai bisnis susu kedelai karena mudah untuk menemukan bahan-bahan untuk membuat susu kedelai.

Persiapan dan Tata Cara Memulai Usaha Susu Kedelai 

Umumnya tidak ada persiapan  khusus untuk membuat susu kedelai. Para ibu rumah tangga tentunya sudah memiliki peralatan tersebut, karena peralatan yang mereka gunakan biasanya adalah peralatan dapur. Bahkan, kebanyakan orang sering menggunakannya untuk masakan rumahan. Perangkat ini meliputi:

1. Alat Pencampur 

Alat ini wajib dimiliki sebagai modal usaha dan nantinya akan dipakai setiap saat untuk membuat susu kedelai. Tentu saja, pilih blender yang bagus untuk penggunaan jangka panjang. Siapkan dana hingga 500.000 untuk mendapatkan mixer bermerek yang hebat dan tahan lama.

2. Baskom dan Filter 

Ini juga membutuhkan cukup banyak. Filter digunakan dagar dapat memfilter susu kedelai untuk minuman yang halus dan lezat. Saat menggunakan wastafel sebagai wadah dalam menyimpan sementara hasil filtrasi susu kedelai. Anda hanya memerlukan uang sekitar 100.000 rupiah untuk  mendapatkan kedua perangkat ini.

3. Corong 

Untuk meminimalkan tumpahan susu kedelai, diperlukan corong untuk memasok susu kedelai yang sudah jadi. Sendok Sayur Sendok sayur digunakan dalam menyendok berbagai bahan  dalam proses pembuatan susu kedelai yang selalu higienis dan membuat susu lebih tahan lama. 

4. Tabel lampiran 

5. Tempat es krim 

6. Kemasan plastik 

7. Sedotan

Bahan: 

Anda membutuhkan kedelai sebanyak 5 kg jika ingin memulai usaha susu kedelai. Cukup dengan menyiapkan 5 kg kedelai. Harga Kedelai paling mahal sekitar 20.000/kg. Sebanyak 100.000 digunakan untuk keperluan membeli kedelai. Selain itu juga terdapat bahan lainnya seperti gula dan bahan lainnya. Anda perlu menyiapkan uang sekitar 100.000 rupiah untuk membeli gula dan bahan lainnya. Total anggaran untuk semua peralatan, dan bahan serta barang operasional lainnya berkisar kurang dari Rp 1 juta.

Untuk membuat susu kedelai: 

–    Rendam dan bersihkan biji kedelai dari cangkangnya 

–    4 Kemudian rendam dengan air bersih selama 10 sampai 16 jam. 

–  Setelah dihancurkan dan direndam, biji kedelai dihaluskan dengan blender, kemudian hasil  tumbukan disaring untuk mendapatkan air kedelai putih. Sejauh ini, prosedurnya sudah 75% selesai.

–  Selanjutnya rebus air saring kedelai menggunakan gula pasir dan daun pandan sebagai penyedap rasa. Aduk perlahan selama 10 hingga 15 menit hingga mendidih, lalu dinginkan. 

–   Susu kedelai siap dibungkus dengan bungkus plastik yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Demikianlah penjelasan mengenai bisnis susu kedelai yang hanya membutuhkan modal sebagai 1 juta rupiah. Bisnis susu kedelai masih memiliki peluang yang besar mengingat tingginya minat konsumen susu jenis ini di Indonesia. Kunci sukses dalam usaha ini terletak pada niat dan tekad yang diiringi oleh pemilihan biji kacang kedelai yang berkualitas

Related Posts