Home Perencanaan Dana Pendidikan Anak Naik Setiap Tahun, Begini Tips Menyiapkannya

Dana Pendidikan Anak Naik Setiap Tahun, Begini Tips Menyiapkannya

by Lara Nifa

Memanage keuangan keluarga memanglah tidak semudah yang dibayangkan, terlebih lagi jika Kamu telah mempunyai buah hati. Mulai dari anggaran bulanan keluarga, simpanan buat kebutuhan darurat, hingga termasuk mempersiapkan dana yang diperlukan untuk pendidikan anak wajib kamu rencanakan sedini mungkin.

Dana Siap Pendidikan Lancar

Pendidikan sangat berarti untuk masa depan setiap anak. Jangan sampai kamu menyepelekan pendidikan anak kamu karena tidak mempunyai biaya untuk mendukung pendidikannya. 

Karena itu, mulailah kamu mempersiapkan dana pendidikan anak kamu dari sekarang agar ketika sudah tiba saatnya, kamu sudah mempunyai dana pendidikan yang cukup untuk menyokong pendidikan anak kamu sampai jenjang paling tinggi.

Lalu apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk dana pendidikan anak yang naik tiap tahunnya? Kamu bisa mencoba 2 langkah berikut ini bersama pasangan kamu:

1.Buat rencana pendidikan anak

Rencana pendidikan anak meliputi  dua hal yang harus kamu rencanakan dengan baik:

A. Memilih Sekolah

Langkah awal dalam merencanakan anggaran untuk dana pendidikan anak adalah dengan mengumpulkan data sekolah yang kamu tertarik untuk menyekolahkan anak kamu di sekolah tersebut.

Mulai dari jenjang Playground, SD, SMP, SMA, sampai dengan universitas. Catat dengan rinci kelebihan dan kekurang sekolahnya. Dengan merinci dan membuat daftar setiap sekolah yang kamu inginkan untuk anak kamu, kamu jadinya dapat menghitung berapa besar dana yang hendak kamu kumpulkan.

B. Buat perincian biaya pendidikan

Ketika kamu sudah menentukan sekolah incaran kamu untuk anak kamu nanti, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana anggaran dana pendidikan anak.

Gunakan tabel spreadsheet seperti microsoft excel atau google sheets untuk membantu kamu menghitung berapa dana yang diperlukan dana pendidikan anak kamu.

Beberapa detail anggaran yang perlu kamu hitung meliputi, uang pangkal, uang bulanan ataupun SPP, seragam sekolah anak, buku belajar, serta tambahan biaya lainnya seperti ongkos transportasi serta biaya untuk kegiatan ekstrakurikuler yang terpenting jangan lupakan uang jajan anak ya.

Bandingkan 2-3 pilihan sekolah yang ada di list kamu. Dari hasil perbandingan yang kamu dapatkan, Kamu dapat mengambil keputusan sekolah yang akan kamu pilih untuk anak kamu. 

Jangan lupa untuk mengupdate secara berkala setiap tahun nya biaya sekolah yang kamu incar karena inflasi pasti mempengaruhi besaran biaya anggaran pendidikan anak kamu.

2.Siapkan Dana Pendidikan anak

Dana pendidikan anak sangat berarti buat mempersiapkan masa depan pendidikan anak kamu. Supaya kamu lebih fokus buat mempersiapkan dana pendidikan anak kamu, kamu bisa mencoba dengan memisahkan dana pendidikan anak kamu dengan dana lain.

Dengan memisahkan dana pendidikan anak dengan dana lain, kamu jadi dapat menghitung sudah sebanyak apa kamu dan pasanganmu sudah menabung untuk mempersiapkan dana pendidikan tersebut. 

Juga dengan memisahkan dana pendidikan anak kamu dengan dana lain akan membuat kamu mudah untuk mengontrol laporannya dan menghindari resiko tak sengaja terpakai untuk kebutuhan lain.

Berikut beberapa cara untuk mempersiapkan dana pendidikan anak :

A. Tabungan atau Asuransi

Kamu bisa membuka tabungan pendidikan ataupun asuransi pendidikan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak kamu. Tabungan pendidikan berbeda dengan asuransi pendidikan.

Tabungan pendidikan adalah tabungan berjangka yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Bila kamu memilih opsi untuk membuka tabungan pendidikan. Kamu harus menyetor uang dengan jumlah tertentu setiap bulannya ke bank dimana kamu membuka tabungan tersebut. 

Kamu tidak perlu takut apabila bank tempat kamu menabung bangkrut ataupun dilikuidasi, sebab simpanan kamu sepenuhnya sudah dijamin oleh LPS. Jadi dana pendidikan kamu tetap aman.

Sedangkan asuransi pendidikan adalah gabungan dari tabungan pendidikan dengan asuransi jiwa berjangka. Seandainya, amit-amit terjadi hal yang tidak diinginkan kepada kamu sebagai orang tua, pendidikan anak kamu tetap akan terjamin karena sudah di cover oleh asuransi jiwa.

B. Investasi

Tidak nyaman menabung atau menggunakan asuransi untuk dana pendidikan anak kamu? Cara lainnya, Kamu bisa mencoba berinvestasi untuk mengumpulkan dana pendidikan anak. Produk investasi yang dapat kamu pilih, antara lain investasi emas, ORI, sukuk ritel, maupun reksadana.

Dari hasil investasi, Kamu bisa mendapatkan imbal hasil tiap bulan ataupun per tahun. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mencoba  investasi dalam jangka panjang. Hasil investasi biasanya lebih besar jika dibandingkan tabungan pendidikan.

Apalagi investasi pada produk reksadana yang bisa menghasilkan return sampai 20% lebih pertahunnya. Jauh melampaui inflasi yang berkisar 3- 5% per tahun. Bisa mengimbangi pula naiknya biaya pendidikan akibat inflasi yang rata-rata bisa mencapai sekitar 10% pertahunnya.

Demikianlah tips untuk mengatasi dana pendidikan anak yang naik tiap tahunnya yang bisa kamu coba. Yuk mulai persiapkan dana pendidikan anak kita.

Related Posts