Home Investasi Dana Darurat juga Harus Disiapkan dalam Bisnis

Dana Darurat juga Harus Disiapkan dalam Bisnis

by Lara Nifa

Pasti Anda pernah mengalami kebutuhan yang tidak terduga-duga atau semacam hal yang tidak sesuai rencana. Hal ini memaksa Anda untuk harus mengeluarkan dana lebih dari yang biasanya sudah pernah dikeluarkan. Misalnya saat Anda sakit, keluarga Anda sakit atau mungkin secara tiba-tiba kendaraan pribadi Anda rusak yang tentunya harus dibawa ke bengkel. Namun, apabila dalam dunia bisnis, mungkin alat yang menunjang pekerjaan tiba-tiba rusak dan masih banyak contoh yang lainnya. 

Nah, berdasarkan contoh kasus yang sudah disebutkan di atas, sama-sama membutuhkan dana lebih dari biasanya. Jika Anda belum siap, maka Anda hanya akan menghadapi situasi yang rumit dan bagai berjalan menuju jalan buntu. Maka berdasarkan hal itu lah yang menandakan berapa pentingnya manfaat memiliki dana darurat baik dalam bisnis maupun kebutuhan sehari-hari. Tentunya akan membantu menstabilkan keuangan Anda. 

Dana darurat merupakan uang atau sumber dana yang sengaja disimpan serta dana yang dipersiapkan untuk berjaga-jaga jika ada dalam kondisi darurat, kondisi tidak terduga yang harus memaksa mengeluarkan dana untuk masa mendatang.

Manfaat yang akan didapatkan saat menyimpan uang untuk keadaan darurat biasanya akan lebih merasa lebih berguna daripada ketika Anda tidak menabung sama sekali, Anda akan merasa lebih “kehilangan” uang yang Anda miliki karena Anda tidak menyiapkannya. 

Maka dari itu, uang yang ditabung demi keadaan darurat yang tidak akan disangka-sangka di masa depan tidak boleh sembarangan diambil dan digunakan begitu saja, solusinya yaitu gunakanlah tabungan yang lain atau secara terpisah, pisahkan dengan buku tabungan yang biasanya Anda gunakan untuk kepentingan sehari-hari. 

Jika Anda seorang pebisnis, maka harus lebih peka terhadap betapa pentingnya pengelolaan dana darurat dalam bisnis yang sedang Anda jalankan. Karena, setiap proses berbisnis tidak selalu berjalan mulus, tentunya juga akan menghadapi potensi risiko terburuk.  

Penyebab atau faktor yang dapat memberi pengaruh pada hal tersebut yaitu saat kondisi keuangan perusahaan Anda sedang mengalami ketidakstabilan. Maka dari itu, dana darurat atau uang simpanan untuk darurat sangat penting demi dalam menyelesaikan masalah bisnis terutama jika sedang mengalami masa-masa sulit. 

Alasan Mengapa Harus Memiliki Dana Darurat

Di bawah ini beberapa alasan yang akan segera Anda ketahui mengapa sebagai calon pebisnis sukses Anda juga harus memikirkan dana darurat, berikut penjelasannya. 

Mengatur Arus Kas

Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah kemampuan pengelolaan arus kas. Namun, faktanya di lapangan menyatakan penyebab pebisnis mengalami kegagalan yaitu karena kurangnya pengelolaan pengaturan arus kas yang kurang baik dalam suatu kegiatan bisnis usaha. 

Pengelolaan arus kas harus selalu tercatata dengan rapih serta wajib memantau dalam waktu yang sesering mungkin. Terutama, apabila jenis bisnis usaha Anda merupakan bisnis musiman.  Jika arus kas bisnis tidak pernah tercatat dengan benar, maka bisnis Anda akan segera selesai selamanya.

Apabila sudah mempunyai dana darurat, maka akan membantu meringankan beban pikiran Anda, karena dana darurat juga dapat membantu kondisi arus kas bisnis yang Anda miliki. 

Melakukan Pengamanan Bisnis

Sedia payung sebelum hujan. Pada poin ini, alasan pentingnya memiliki dana darurat sejak awal, berguna untuk melaksanakan pengamanan bisnis. Tujuannya agar Anda sebagai pebisnis tetap mengantisipasi apabila uang yang digunakan untuk mengelola usaha bisnis yang sedang Anda jalankan tidak mencukupi kebutuhan usaha sehari-harinya. 

Memiliki dana darurat akan menjamin kelanjutan proses berbisnis dengan mudah serta semua hal-hal yang dapat mengalami masalah finansial. 

Penyelamat Saat Keadaan Usaha Bisnis Akan Bangkrut

Fakta di lapangan dunia bisnis, berdasarkan dari semua pengalaman para pebisnis yang gagal dalam membina usaha bisnisnya, bahkan sampai kehilangan semua hartanya demi bisnis, disebabkan karena pelaku bisnis yang gagal tidak memiliki dana darurat sama sekali. Hal itu merupakan kesalahan besar yang dilakukan seorang pebisnis. 

Apabila seseorang yang menjalankan bisnis sudah mempunyai dana darurat sedari awal, maka di saat bisnis mengalami penurunan bahkan akan bangkrut, justru dana darurat yang akan menyelamatkan bisnisnya. Hal itu akan lebih meringankan pebisnis yang akan bangkrut karena tidak akan meminjam uang demi mempertahankan bisnisnya. 

Mewujudkan Kesempatan Berbisnis Lebih Luas

Poin terakhir, yaitu peka terhadap betapa pentingnya pengelolaan dana darurat dalam usaha bisnis merupakan perwujudan sebuah kesempatan emas untuk meluaskan bisnis sekarang.

Artinya kepemilikan dana darurat dapat bermanfaat saat seorang pemilik usaha bisnis sedang diberikan penawaran yang baik dalam prospek mengembangkan bisnisnya agar lebih luas namun ketika dana yang dimiliki masih belum cukup maka dana darurat juga sangat bermanfaat untuk hal ini. 

Tentunya, penggunaan dana darurat harus digunakan secara bijaksana, jangan sampai dimanfaatkan sembarangan. Sangat disarankan untuk menggunakan dana darurat ketika kesempatan bisnis di depan mata sangat menjamin keuntungan yang banyak.

Nah, demikian beberapa manfaat untuk menyiapkan dana darurat dalam berbisnis. Semoga bermanfaat, sebagai pebisnis juga harus tetap waspada dan cermat, jangan asal-asalan menggunakan dana darurat yang ada.

Related Posts