Home Bisnis dan Usaha Dampak Positif dari Persaingan Bisnis yang Harus Kamu Kenali 

Dampak Positif dari Persaingan Bisnis yang Harus Kamu Kenali 

by Lara Nifa

 

Adanya rivalitas dalam berbisnis adalah hal yang biasa. Bisnis yang memiliki jenis produk yang sama cenderung akan saling bersaing mendapatkan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Persaingan ini yang juga meningkatkan inovasi dari tiap produk agar memiliki keunggulan yang dapat dijadikan produk pilihan masyarakat. 

Persaingan antara kompetitor adalah hal yang wajar. Kita tidak bisa membatasi pebisnis lain untuk dapat mendapatkan keuntungan. Adu strategi selalu terjadi untuk menjadi yang terbaik. 

Ada beberapa jenis persaingan bisnis yang dihadapi oleh pebisnis, yaitu persaingan generik yang menyasar konsumen yang sama. Persaingan bentuk lebih mengarah pada persaingan antara dua produk yang sama. Berikutnya ada persaingan industri yang dilihat dari kesamaan memproduksi kelas produk. Dan persaingan merek, menggambarkan adanya persaingan produk yang sama dengan harga yang tidak jauh berbeda. 

Sebagian dari kita barangkali menganggap persaingan antara kompetitor yang bisa saja lebih dari dua ini menimbulkan konflik berkepanjangan. Nyatanya ada dampak positif yang terjadi jika persaingan bisnis ini berlangsung.

Mengurangi Dominasi

Dr. Rainer Adam, ekonom Jerman mengatakan bahwa persaingan bisnis akan mencegah kekuatan yang mendominasi dalam sistem ekonomi. Persaingan bisnis akan menekan harga produk untuk memudahkan masyarakat dalam hal transaksinya. Jika tidak ada persaingan bisnis, harga yang dipatok oleh perusahaan bisa lebih tinggi dan masyarakat yang membutuhkan terpaksa membeli dengan harga tersebut. Tentu hal ini dapat menjadi dampak buruk bagi perkembangan ekonomi. Maka wajar jika kita lihat dalam jenis produk, misal minuman kaleng, dari produsen yang berbeda akan menawarkan harga yang relatif sama. 

Sebagai Langkah Solutif

 

Dr Rainer Adam dalam toffeedev.com, juga menyampaikan bahwa dengan adanya persaingan bisnis, perusahaan akan menemukan solusi terbaru dari tantangan yang ada. Ketika produk dari kompetitor hadir di pasaran menjawab pertanyaan yang ada di masyarakat, maka perusahaan kompetitor lainnya akan berusaha menemukan celah masalah baru yang muncul. Dengan begitu masyarakat akan diberikan alternatif pilihan melalui produk tersebut. Persaingan bisnis di sini sebagai pemecah masalah di masyarakat.

 

Pelanggan sebagai Prioritas

Bisnis yang dikembangkan perusahaan menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat. Kedua jenis bisnis tersebut tentu melihat adanya potensi yang bisa dijadikan bisnis. Produk atau penawaran jasa akan mengutamakan kebutuhan pelanggan.
Sebagai objek pasar, pelanggan akan memilih produk atau jasa yang bisa memenuhi permintaannya. Sebab itu para perusahaan pun akan melakukan riset pasar dan berusaha menjawab permintaan itu. Ketika kebutuhan masyarakat masa kini adalah kepraktisan, perkembangan teknologi saat ini berusaha menjawab apa yang dibutuhkan masyarakat. Atau misal kebutuhan masyarakat saat ini adalah kamera smartphone yang berkualitas, masing-masing kompetitor akan bersaing untuk menjawab permasalahan itu. Hal ini juga akan berdampak banyaknya smartphone dengan kamera yang berkualitas. Sampai di titik pelanggan merasa puas dengan produk tersebut.
Soal jasa, pelanggan akan senang jika jasa yang ditawarkan masing-masing kompetitor mampu menjawab masalahnya. Platform e-commerce saat ini terus berkembang. Persaingan antara kompetitor pun semakin berusaha menunjukkan kepedulian mereka terhadap pelanggan. Masing-masing akan menunjukkan keunggulan masing-masing. 

Mengurangi Pengangguran

Untuk membuat produk, perusahaan harus merekrut tenaga kerja. Tidak hanya itu, bagian pemasaran dan manajemen akan diperlukan guna menambah kekuatan SDM yang ada. 

Jika ada kompetitor baru, artinya akan ada perekrutan tenaga kerja di bidang yang diperlukan. Tidak menutup kemungkinan, hadirnya perusahaan baru tersebut membuka lapangan pekerjaan. Produk yang akan dipasarkan seluruh Indonesia bahkan luar negeri membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Hal itu akan berdampak positif bagi para pencari kerja. 

Menurunkan Angka Kemiskinan

Kehadiran persaingan bisnis akan menurunkan angka kemiskinan. Tenaga yang bekerja di perusahaan akan memperoleh gaji sesuai kesepakatan. Dengan begitu tenaga kerja memperoleh pendapatan yang cukup memenuhi kehidupan sehari-hari. Pekerja yang diterima tentu harus melewati kualifikasi yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan.
Persaingan bisnis setidaknya terjadi antara dua perusahaan. Kedua kompetitor ini akan membutuhkan tenaga kerja di bidang yang sudah mereka tentukan. Perekrutan sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut dapat mengurangi masyarakat yang masih menganggur dan mampu menurunkan angka kemiskinan.

Menguji Kreativitas

Kompetitor akan saling uji strategi. Untuk memasarkan produk, perusahaan akan dituntut sekreatif mungkin mengolah ide agar produk mereka menarik perhatian konsumen. Hal ini juga sama seperti yang dilakukan kompetitor lain. Saling serang strategi ini akan menuntut eksplorasi terbaik dan efektif dalam memasarkan produk.
Ketika bagian perusahaan yang menangani hal tersebut kesulitan menemukan cara terbaik dalam memasarkan produk, alamat produk mereka akan kalah dibanding kompetitor. Hal ini berdampak positif bagi personal atau tim yang menangani pemasaran produk untuk terus mengasah kemampuan.

Bisnis kamu yang kelak akan semakin besar, jangan takut jika memiliki kompetitor. Ada dampak positif yang bisa kamu rasakan. Baik produsen maupun konsumen memiliki dampak positif dari persaingan bisnis ini. Jadi tidak perlu menghindar dan selalu berpikir bahwa hal tersebut hanya akan menimbulkan dampak negatif.

 

 

 

 

Related Posts