Home Kredit Dampak dan Cara Penggunaan Kartu Kredit Dengan Bijak

Dampak dan Cara Penggunaan Kartu Kredit Dengan Bijak

by Lara Nifa

Pada dasarnya kartu kredit memang diciptakan untuk membantu Anda dalam bertransaksi agar lebih aman, cepat dan efektif. Karena seperti yang Anda ketahui, credit card memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya.

Namun, dibalik keuntungan-keuntungan tersebut tentunya juga akan memberikan dampak buruk bagi penggunanya ketika mereka tidak dapat mengontrol pemakaiannya secara bijaksana, dampak tersebut tentunya merugikan dari segala sisi. Jadi, apabila Anda termasuk pemilik kartu kredit, ada baiknya menyimak artikel ini hingga selesai guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Inilah tujuh dampak buruk kartu kredit.

Berikut dibawah ini adalah dampak buruk yang mungkin akan terjadi ketika Anda tidak menggunakan credit card dengan bijak dan secara sembarangan tanpa adanya perencanaan serta mengabaikan beberapa hal lain yang berhubungan dengan kartu kredit.

  • Anda bisa menjadi boros

Boros disini artinya Anda mudah tergoda dengan penawaran-penawaran yang diberikan oleh perusahaan credit card dan hal tersebut bisa membuat Anda menjadi membeli produk-produk yang tidak perlu hanya karena iming-iming pihak perusahaan.

  • Anda menjadi tidak sadar diri

Credit card dapat membuat tidak sadar akan kemampuan diri sendiri, karena beragam kemudahan yang mereka tawarkan. Anda hanya cukup dengan menggesekan kartu tiap kali melakukan transaksi dan tidak memikirkan berapa tagihan bulan depan. 

  • Anda menjadi gemuk

Walau terdengar aneh, namun pada kenyataannya dengan Anda selalu memegang kartu kredit. Bila Anda tipe yang mudah tergoda dengan penawaran mengenai promosi potongan harga ketika bertransaksi menggunakan credit card.

  • Anda menjadi lebih konsumtif

Menggunakan credit card bisa membuat Anda menjadi seseorang yang konsumtif, karena bisa mendapatkan barang apapun yang disukai dan membayar belakangan. Padahal hal tersebut akan menjadi beban tersendiri ketika akan membayarkan tagihan.

  • Anda bisa menjadi kehilangan nama baik

Nama baik disini lebih merujuk kepada kebiasaan seseorang yang masih memiliki cicilan, namun memilih tidak membayarkan hutang tersebut secara rutin sesuai dengan perjanjian yang disepakati kedua belah pihak.

Nah, ini yang membuat nama Anda menjadi buruk, karena sudah masuk ke dalam daftar hitam lalu pihak perusahaan kartu kredit juga akan melimpahkan penagihannya menggunakan debt collector.

  • Anda menjadi mudah ditipu

Seperti yang Anda ketahui, bahwa sekarang ini berbelanja secara online menjadi pilihan alternatif bagi banyak orang yang mulai malas keluar rumah hanya sekedar mencari barang yang dibutuhkan.

Kemudian jika sudah seperti itu, semua akhirnya lari ke e-commerce. Dimana metode pembayarannya bisa Anda pilih sendiri. Nah, masalahnya adalah ketika Anda memilih pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda harus waspada. Karena terkadang ada oknum yang bisa meretas CC dan memakai kartu tersebut sesuka hati.

Cara bijak menggunakan kartu kredit

  • Jangan selalu menggunakan credit card bila 

Sebaiknya jangan terlalu mengandalkan kartu kredit apabila Anda masih sanggup untuk membayarnya secara tunai. Ini bertujuan agar tagihan kartu kredit tidak semakin membengkak dan menyebabkan beban Anda semakin bertambah. Jadi, mulailah untuk membiasakan diri menyimpan uang tunai dalam dompet.

  • Jangan membayar lewat dari temponya

Selanjutnya adalah tidak telat membayar tagihan. Karena ketika Anda terlambat melakukan pembayaran tagihan, tentu akan terkena denda serta bunga yang nominalnya tidaklah kecil. Jadi, biasakan diri untuk selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu.

  • Bayar secara penuh 

Berikutnya adalah dengan membayar tagihan secara full, jangan dicicil karena ketika Anda memilih untuk melakukan cicilan pembayaran maka bunga yang dibayarkan akan semakin besar.

Jadi, walau terasa berat pastikan Anda selalu membayar tagihan tersebut secara full setiap bulannya. Hal ini memang bertujuan untuk menghindari membengkaknya bunga apabila Anda terus-menerus menunda pembayaran.

  • Hindari tarik tunai menggunakan credit card

Ada baiknya Anda menghindari untuk melakukan tarik tunai menggunakan credit card. Mengapa? Karena layaknya sebuah pinjaman, dimana nantinya akan ada bunga dan besarnya cukup besar. Jadi, lebih baik gunakan kartu debit saja untuk hal tarik tunai.

  • Jangan terlalu banyak memiliki credit card

Sebaiknya Anda cukup memiliki satu atau dua kartu kredit saja. Karena bila Anda punya terlalu banyak credit card, dikhawatirkan rasa ingin berfoya-foya juga semakin besar. Dimana, bila nantinya Anda bisa sampai tergoda, hal tersebut tentu akan membuat arus finansial Anda menjadi kacau balau sebab penghasilan bulanan hanya akan digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit saja.

Nah, demikianlah dampak negatif yang bisa saja terjadi kepada Anda apabila sampai terlena dalam penggunaan kartu kredit tanpa terkontrol. Bila sudah begitu, nantinya Anda sendiri yang dirugikan.

Karenanya, belajarlah untuk bijak dalam menggunakan kartu sakti tersebut. Jangan sampai pembayaran tagihan bulanannya melebihi penghasilan Anda setiap bulan. Anda harus ingat bahwa setiap kartu memiliki limit, namun bukan berarti Anda bisa santai dalam penggunaannya.

Related Posts