Home Bisnis dan Usaha Daftar Produk Makanan yang Tren saat Pandemi

Daftar Produk Makanan yang Tren saat Pandemi

by Lara Nifa
ide bisnis

Usaha bisnis kuliner adalah usaha yang tak pernah lekang oleh zaman  selalu saja ada maneuver dan juga menu-menu baru yang terus bermunculan untuk menyemarakkan bisnis kuliner yang ada. Tapi walau demikian, kehadiran pandemi juga sempat menghajar berbagai bisnis kuliner yang sempat merajai dunia bisnis di Indonesia. 

Pandemi yang hadir sejak akhir 2019 banyak menumbangkan bisnis-bisnis kuliner besar. Pada akhirnya semua harus berbenah dan juga mencari strategi untuk terus fight di tengah hadirnya pandemi yang menyerang seluruh dunia. Kebijakan PPKM pun akhirnya banyak membuat banyak usaha kuliner tak bisa lagi beroperasi dan perlahan-lahan gulung tikar. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan oleh para pegiat usaha kuliner untuk tetap bisa survive di masa sulit ini.

Dampak dari pandemi membuat semua memutar otak untuk berusaha untuk lebih mendekat lagi kepada konsumen. Peluang-peluang bisnis kuliner tetap saja muncul dengan kemasan dan strategi yang lebih baik untuk melawan pandemi. Bahkan kini mulai banyak muncul dapur-dapur rumahan yang muncul sebagai cloud kitchen yang ikut dalam bisnis kuliner. Dengan mulai menjamurnya cloud kitchen yang didukung oleh e-commerce dan juga media sosial, bisnis kuliner kembali menggeliat dan memunculkan berbagai jenis produk makanan baru yang muncul menjadi tren pada masa pandemi. Lalu produk makanan apakah yang menjadi tren di masa pandemi?

Daftar produk makanan yang tren saat pandemi

  • Frozen food

Produk pertama yang walaupun sudah ada sebelum pandemic tetapi menjadi semakin popular dan menjedi tren ketika pandemi adalah frozen food. Tujuan utama dari fozen food ini adalah stok makanan dan ketika ppkm diberlakukan, frozen food jadi pilihan terbaik untuk bersiap menjalani ppkm. Frozen food ini sangat diminati karena instan mudah untuk diolah ketika akan dikonsumsi, banyaknya pilihan dari frozen food ini juga menjadi pertimbangan. Sosis, bakso, tempura, kentang, pizza, nugget,bakpao, ayam, ikan dan masih banyak bentuk olahan yang bisa dijual dalam bentuk frozen bahkan sampai cireng dan juga pempek.  

  • Aneka Jus

Dengan tujuan untuk menambah gizi dan juga membantu dalam membangun sistem imun tubuh, aneka jus juga menjadi salah satu produk makanan yang menjadi trend an juga digemari pada saat pandemi. Perubahan pola hidup karena pandemic yang pada akhirnya menuntut orang-orang untuk hidup menjadi lebih sehat membuat aneka jus menjadi sangat laku di pasaran. Dengan banyaknya pilihan varian jus mulai dari berbagai jenis buah bahkan hingga sayuran dengan kelebihan dan nilai gizinya masing-masing membuat aneka jus ini menjadi salah satu pilihan hidup sehat bagi beberapa orang dan menjadi tren saat pandemi. 

  • Makanan sehat

Sama halnya dengan jus, makanan sehat juga menjadi salah satu produk makanan yang menjadi tren di saat pandemi. Makanan sehat ini ada yang berupa vegan food yang basisnya dari tumbuhan yang cukup baik seratnya dan juga bergizi bagi tubuh hingga olahan-olahan makanan yang terukur kalorinya sehingga bisa berdampak baik bagi tubuh. 

  • Minuman herbal

Sebagai pendukung lain untuk hidup sehat yang juga menjadi tren di masa pandemi ini adalah minuman herbal. Sebenarnya minuman herbal ini sudah banyak dibuat sejak jaman dulu dan sudah diproduksi secara tradisional secara turun temurun. Setelah datangnya pandemi akhirnya produk herbal ini jadi semakin diminati oleh masyarakat terutama yang ber embel-embel bisa membantu melawan covid. 

  • Masakan korea

Booming k-pop di Indonesia membawa begitu banyak hal yang berbau ke korea-koreaan jadi ikut diminati di Indonesia. salah satu yang menjadi tren walaupun terjadi pandemi adalah masakan korea. Ada beberapa makanan khas korea selatan yang menjadi tren hingga saat ini yang diantaranya:

  • Kimchi
  • Tteokbokki
  • Garlic bread
  • Martabak manis berbagai topping

Salah satu cemilan ternikmat sepanjanng masa, munculnya varian martabak dengan banyak pilihan topping juga cukup meramaikan tren makanan saat pandemi. Ketika kita dulu hanya mengenal topping coklat, keju dan juga kacang, kini martabak manis punya berbagai jenis topping dari green tea, nuttela, oreo, kitkat, hingga red velvet yang bisa menjadi pilihan topping untuk martabak manis yang kita beli. 

  • Dessert box

Seperti namanya, makanan ini awalnya muncul sebagai penutup kini berubah menjadi makanan yang mempunyai banyak varian yang sangat diminati. Dengan semakin kreatif dan beraninya dalam pembuatan menu dessert box ini membuat dessert box bisa menjadi tren di saat pandemi. 

  • Rice box

Berawal dari tren rice bowl lalu berkembang jadi rice box yang lebih menarik dalam pengemasan dan juga lebih mudah ketika menikmatinya. Dengan banyaknya pilihan topping dan juga lauk menjadikan rice box ini menjadi sangat diminati. 

 

Related Posts