Home Pinjaman Daftar Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah dan Cara Ajukannya

Daftar Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah dan Cara Ajukannya

by Lara Nifa

Kegiatan usaha telah banyak dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan. Akan tetapi masalah yang dihadapi mereka tidak jarang dialami ketika akan memulai dan mengembangkan usaha, masalahnya adalah modal usaha, banyak yang sulit mendapatkan bantuan modal usaha.

Apabila kamu termasuk orang yang masih bingung bagaimana cara mendapatkan bantuan modal usaha, maka kamu jangan khawatir, karena pemerintah telah menyiapkan bantuan modal usaha untuk masyarakat. apa saja bantuannya? Dan bagaimana cara mengajukannya? Simak penjelasan lengkap ini agar kamu paham dan dapat mengajukan pinjaman modal usaha pemerintah.

Daftar Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Apakah kamu tahu bahwa pemerintah telah memberikan peluang bagi masyarakat yang hendak menjadi pengusaha? Peluang itu diberikan dengan menawarkan pinjaman modal usaha. Apa saja pinjaman modal usaha yang disediakan oleh pemerintah? Simak penjelasan ini agar kamu tahu apa saja pinjaman modal usaha dari pemerintah.

  • Kredit Usaha Rakyat Melalui Bank Milik Negara

Negara memiliki badan usaha yang disebut Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Nah, salah satu BUMN adalah beberapa bank yang ada di Indonesia. Misalnya seperti Bank Rakyat Indonesia atau BRI, bank Mandiri dan bank-bank lainnya yang merupakan bank milik negara.

Melalui bank milik negara, kamu bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat alias KUR, yaitu bantuan pinjaman modal usaha yang dikeluarkan pemerintah melalui bank milik negara. Pinjaman modal usaha itu tentunya variatif, sesuai dengan pengajuan dan kapasitas pihak yang mengajukan pinjaman.

  • Pinjaman modal usaha PNPM Mandiri

Apakah kamu pernah mendengar bantuan modal usaha PNPM Mandiri? Bantuan modal usaha yang satu ini merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dengan berbasis pemberdayaan masyarakat. Pemerintah akan memberikan bantuan modal usaha bagi yang membutuhkan.

Bantuan modal usaha yang diberikan oleh pemerintah bahkan bukan hanya berupa uang, akan tetapi juga bisa berupa barang yang dibutuhkan untuk menunjang usaha, misalnya gerobak, tenda dan lain sebagainya, selama barang-barang itu dapat menunjang usaha masyarakat yang membutuhkan.

  • Pinjaman modal usaha melalui program kemitraan dan bina lingkungan atau PKBL

Selain dua pinjaman modal usaha di atas, selanjutnya ada juga pinjaman modal dari program kemitraan dan bina lingkungan yang merupakan wujud nyata dari corporate social responsibility dari Badan Usaha Milik Negara alias BUMN. Pinjaman usaha kredit ini ditujukan untuk membantu masyarakat dalam mengadakan modal usaha.

Akan tetapi biasanya penerima bantuan pinjaman modal usaha ini adalah kelompok usaha atau komunitas yang dikembangkan menjadi kelompok usaha tertentu. Misalnya bantuan untuk kelompok usaha pengrajin anyaman, gerabah dan lain sebagainya yang membutuhkan modal usaha.

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Setelah membahas beberapa jenis pinjaman modal usaha dari pemerintah, maka selanjutnya kamu harus memahami bagaimana cara mengajukan bantuan pinjaman modal usaha tersebut, tentunya agar kamu paham dan berhasil mendapatkan bantuan modal usaha dari pemerintah. Berikut ini penjelasan tentang cara mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah.

  • Mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat dari bank milik negara

Sebagaimana dijelaskan bahwa kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari Kredit Usaha Rakyat alias KUR yang dikeluarkan oleh bank milik BUMN. Maka dari itu kamu harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan terlebih dahulu, seperti dokumen tentang usahamu, dan dokumen tentang identitas diri. Limit pinjaman yang bisa kamu dapatkan mulai dari 25 juta rupiah sampai ratusan juta rupiah.

Kamu bisa datang langsung ke kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, kemudian mengajukan pinjaman sesuai dengan limit pinjaman yang ditawarkan serta tenor yang ditawarkan. Setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing, namun apabila kapasitasmu memadai, maka pihak bank pastinya akan memberikan pinjaman modal KUR.

  • Cara mengajukan bantuan modal usaha melalui PNPM Mandiri

Selanjutnya adalah cara mengajukan pinjaman modal usaha melalui PNPM mandiri. Pinjaman ini hanya ditujukan kepada masyarakat menengah ke bawah yang berada di wilayah tertentu, yaitu wilayah yang termasuk dalam daftar wilayah bantuan modal usaha PNPM Mandiri.

Apabila kamu termasuk di wilayah PNPM Mandiri, maka kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan memenuhi beberapa persyaratan, seperti dokumen usaha, dokumen pribadi, modal yang dibutuhkan, rincian dan lain sebagainya yang memenuhi persyaratan dan sesuai dengan ketentuan PNPM Mandiri.

  • Cara mengajukan pinjaman modal usaha melalui program PKBL

Karena PKBL adalah program pinjaman modal usaha yang dikeluarkan oleh BUMN, maka kamu harus mengajukan langsung ke mitra PKBL di wilayahmu. Kamu harus jadi kemitraan masyarakat dan lingkungan terlebih dahulu, untuk mendapatkan bantuan modal yang satu ini, sebaiknya kamu mengajukan atas nama kelompok.

Itulah penjelasan tentang daftar bantuan modal usaha dari pemerintah dan cara pengajuannya. Pemerintah memiliki tanggung jawab meningkatkan keberdayaan masyarakat, sebab itu banyak sekali bantuan modal usaha yang dibuka untuk masyarakat, sebaiknya kamu jangan melewatkan peluang-peluang tersebut.

 

Related Posts