Home Featured Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

by Lara Nifa

Asuransi jiwa adalah program perlindungan yang digunakan untuk perlindungan terhadap dampak kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atas terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kematian, terjadinya kecelakaan, cacat permanen, maupun risiko lainnya yang tidak disengaja. Perlindungan jiwa ditujukan untuk memberikan keamanan finansial dan perlindungan terhadap baik diri sendiri maupun keluarga.

Sederhananya, kamu bertanggung jawab untuk membayar sejumlah premi secara berkala. Jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan maka uang tersebut dapat diberikan oleh perusahaan asuransi kepada keluarga korban sesuai dengan yang tertera di kontrak perjanjian. Oleh karena itu, peran dari asuransi akan sangat berguna bagi kamu atau khususnya bagi mereka yang berperan sebagai tulang punggung dalam sebuah keluarga. 

Manfaat asuransi jiwa tidak dapat dirasakan secara langsung oleh para nasabahnya. Manfaat asuransi dapat digunakan oleh para ahli waris karena tujuan awal dari asuransi adalah untuk mengantisipasi adanya risiko atas kejadian yang tidak diharapkan. Asuransi jiwa dapat diibaratkan sebagai manajemen keuangan seseorang bagi dirinya maupun keluarganya. Dengan asuransi, seseorang dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan yang melibatkan uang. 

Manfaat Asuransi

  1. Memberikan perlindungan finansial kepada keluarga dan ahli waris.
  2. Membantu kamu mengelola keuangan dengan baik.
  3. Memberikan santunan saat pihak tertanggung meninggal dunia/cacat permanen total/cacat permanen sebagian atau hilangnya fungsi sebagian anggota badan.
  4. Sebagai dana perlindungan saat seseorang mengalami risiko musibah.
  5. Pencegah saat seseorang mengalami kerugian besar.
  6. Persiapan dana pensiun.

Tips Memilih Asuransi Jiwa

  • Teliti Sebelum Memilih Kualitas Produk Perusahaan Asuransi Jiwa

Banyaknya perusahaan asuransi di Indonesia membuat kamu harus lebih selektif dan berhati-hati dalam memilih produk asuransi. Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu tentang profil dan informasi mengenai perusahaan asuransi baik perusahaan asuransi swasta maupun milik negara. Pertimbangkan manfaat yang ditawarkan dan berapa jumlah premi yang harus dibayar.

Telitilah untuk mengecek kredibilitas perusahaan asuransi, jika kamu akan menggunakan layanan online maka kamu harus mengetahui sejauh mana keamanan dan kerahasiaan data-data kamu dilindungi oleh perusahaan yang akan kamu pilih. Jika kamu sudah yakin dalam menentukan perusahaan dan produknya, kamu dapat menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK).

  • Pahami Kebutuhan Kamu

Kamu harus mengetahui apa yang kamu butuhkan. Jika kamu hanya butuh perlindungan jiwa saja maka asuransi dwiguna dapat menjadi pilihan yang tepat. Jika tujuan kamu menyiapkan biaya pendidikan anak atau ingin membeli mobil baru maka kamu dapat memilih asuransi jiwa jenis unit link (asuransi sekaligus investasi), atau jika ingin menjaga financial security keluarga maka pilihlah asuransi jiwa yang menawarkan pertanggungan yang tinggi.

  • Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan Kamu

Sebelum memutuskan untuk memilih produk asuransi, kamu perlu untuk evaluasi terlebih dahulu perihal kesehatan kondisi keuangan kamu. Pertimbangkan kembali kebutuhan hidup kamu dan kebutuhan orang-orang yang menjadi tanggungan kamu, seperti dana darurat, dana pensiun, dan dana lainnya. Sehingga saat kamu telah melakukan evaluasi, bisa saja kamu belum siap dan mampu untuk mengambil asuransi. Pastikan kondisi finansial kamu aman untuk mengambil asuransi karena kamu akan membayar premi secara berkala setiap bulannya. Usahakan kamu dapat membayar asuransi dengan lancar tanpa harus mengganggu biaya kebutuhan hidup lainnya.

 

Daftar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia

  • Prudential

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) adalah bagian dari Prudential PLC yang berpusat di Inggris. Perusahaan ini menawarkan berbagai produk dan layanan untuk para nasabahnya di Indonesia, seperti pertanggungan rawat inap hingga rawat jalan.

  • AIA Financial

Perusahaan yang merupakan anak dari AIA Group ini telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia. Perusahaan ini memiliki manfaat dan memberikan layanan pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan hingga usia 80 tahun. 

  • AXA Mandiri

Perusahaan ini berfokus untuk menyediakan berbagai solusi kebutuhan nasabah baik dari segi layanan keuangan, investasi, dan solusi perlindungan jiwa. Adapun manfaat asuransi yang diberikan mencakup santunan meninggal dunia, rawat inap, rawat jalan, obat-obatan, asuransi kesehatan gigi, pertanggungan serta perlindungan dari berbagai macam penyakit.

  • Asuransi Simas Jiwa

Berbagai tanggungan yang dapat ditanggung oleh perusahaan ini risiko kecelakaan, santunan cacat tetap, hingga santunan meninggal dunia. Perusahaan ini bahkan telah memiliki 503 agen aktif dengan layanan nasabah Siji Access. Dengan layanan ini masyarakat dapat dengan lebih mudah untuk mengecek polis secara online.

  • Allianz Life

Tahun 1996 perusahaan ini berdiri di Indonesia dan menawarkan asuransi jiwa, kesehatan, dan dana pensiun kepada masyarakat luas. PT Asuransi Allianz Life Indonesia adalah anak perusahaan dari Allianz Group yang berpusat di Jerman. Perusahaan ini unggul dalam polis asuransi kesehatan karena Allianz Life menawarkan limit sesuai tagihan. Allianz Life telah memiliki lebih dari 1000 jaringan rumah sakit baik di dalam negeri maupun luar negeri.

 

Related Posts