Home Bisnis dan Usaha Daftar Orang Terkaya dari Kripto

Daftar Orang Terkaya dari Kripto

by Lara Nifa

Pada tahun 2022 tercatat ada sekitar 19 orang yang telah masuk jajaran orang terkaya di dunia dari versi forbes, dimana kekayaannya berasal dari kripto, dan jumlah manusia terkaya di dunia karena kripto di tahun 2022 ini bertambah sekitar 7 orang.

Changpeng Zhao yang merupakan warga Kanada tercatat menjadi manusia terkaya karena kripto di tahun 2022 dengan nilai kekayaan sebanyak 933 triliun. Zhao adalah CEO sekaligus pendiri Binance dan juga masuk dalam daftar manusia terkaya nomor 19 di dunia. Ada sekitar 70 persen kekayaan Zhao berasal dari perusahaannya sendiri. Tidak hanya itu pria berumur 44 tahun tersebut juga mempunyai aset Bitcoin serta token yang dirilis Binance yakni BNB.

Daftar Manusia Terkaya yang Sebagian Besar Asetnya dari Kripto

  1.       Changpeng Zhao

Sumber kekayaan dari Binance

Warga negara Kanada

Kekayaan bersih 65 miliar US Dollar

  1.       Sam Bankman-Fried

Sumber kekayaannya dari FTX

Warga negara AS

Kekayaan bersih 24 miliar US Dollar

  1. Brian Armstrong

Sumber kekayaannya dari Coinbase

Warga negara AS

Kekayaan bersih 6,6 miliar US Dollar

  1.       Gary Wang

Sumber kekayaannya dari FTX

Warga negara AS

Kekayaan bersih 5,9 miliar US Dollar

  1.       Chris Larsen

Sumber kekayaannya dari Ripple

Warga negara AS

Kekayaan bersih 4,3 miliar US Dollar

  1.       Cameron Winklevoss

Sumber kekayaannya dari Bitcoin

Warga negara AS

Kekayaan bersih 4 miliar US Dollar

  1.       Tyler Winklevoss

Sumber kekayaannya dari Bitcoin

Warga negara AS

Kekayaan bersih 4 miliar US Dollar

  1.       Song Chi-hyung

Sumber kekayaannya dari Upbeat

Warga negara Korea Selatan

Kekayaan bersih 3,7 miliar US Dollar

  1.       Barry Silbert

Sumber kekayaannya dari Digital Currency Group

Warga negara AS

Kekayaan bersih 3,2 miliar US Dollar

  1.       Jed McCaleb

Sumber kekayaannya dari Stellar, Ripple

Warga negara AS

Kekayaan bersih 2,5 miliar US Dollar

Alasan Mengapa Aset Kripto Memiliki Nilai Berharga

Salah satu hal yang membingungkan bagi para pendatang baru di dunia kripto yaitu memahami soal bagaimana serta mengapa aset kripto bisa berharga. Untuk beberapa tahun belakangan, harga bitcoin serta aset kripto selalu mengalami fase naik turun tiap harinya.

Untuk investor pemula yang baru mencoba masuk ke dunia kripto, tentunya akan cukup membingungkan saat melihat berbagai aset kripto ini mengalami fase kenaikan sebesar 100% bahkan lebih, Sedangkan, aset lainnya seperti halnya emas serta mata uang seperti rupiah dan sejenisnya tidak pernah terjadi peristiwa kenaikan nilai secara drastis, bahkan sering mengalami depresiasi pada dolar Amerika.

Kondisi ini memunculkan berbagai pertanyaan, kenapa kripto bisa berharga? Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa aset kripto bisa berharga.

1.       Kelangkaan

Di dalam ekonomi, hal yang mempunyai nilai bila memenuhi 2 syarat yakni kelangkaan serta utilitas. Dimana kelangkaan  yang berarti sesuatu yang mempunyai persediaan terbatas. Biasanya aset kripto mempunyai batasan suplai maksimal, misalnya Bitcoin yang mempunyai batas suplai maksimal 21 juta. Para analis mengatakan bahwa suplai yang maksimum tersebut membuat aset kripto contohnya Bitcoin akan jauh lebih bernilai dibanding aset lainnya.

2.       Penggunaan dan Kegunaan Aset Kripto

Poin kedua untuk mengetahui nilai suatu barang yakni lewat utilitas nya. Aspek utilitas suatu barang bisa dibedakan menjadi 2, yakni kegunaannya dalam kegiatan sehari-hari dan kemampuannya sebagai wadah penyimpanan kekayaan. Sebagai wadah penyimpanan kekayaan, mata uang kripto bisa disimpan untuk jangka waktu yang lama tanpa takut rusak, hilang atau penurunan nilai.

Mata uang kripto contohnya bitcoin terbukti dapat menjadi aset untuk jangka panjang dan bisa memberikan keuntungan. Jika dilihat dari riwayat harganya, di tahun 2016 lalu Bitcoin mempunyai harga 400 US Dollar sedangkan di tahun 2021 nilai bisa mencapai 50.000 US Dollar. Hal ini semakin menegaskan kemampuan kripto sebagai bentuk atau alat untuk menyimpan kekayaan.

3.       Teknologi

Blockchain yang merupakan pondasi dari mata uang kripto disebut memberikan begitu banyak keunggulan bila dibandingkan oleh mata uang konvensional. Dimana aset kripro terdapat tiga keuntungan bagi penggunannya. Yaitu borderless, desentralisasi, dan transparansi

4.       Kepercayaan serta Pandangan Publik

Kepercayaan serta pandangan publik merupakan salah satu dari prinsip ekonomi uang. Uang konvensional yang berupa kertas bisa dipakai secara bebas sebab seluruh orang percaya terhadap nilai didalamnya, bukan karena kertas uang tersebut berharga. Kondisi ini juga berlaku saat seseorang bertanya kenapa kripto berharga. Nilai dan keberhargaannya terbentuk atas kepercayaan banyak orang  yang menggunakan serta persepsi terhadap kegunaannya.

Nah, demikianlah ulasan dan rangkuman dari deretan orang terkaya di dunia yang mana kekayaannya mereka didominasi dari aset kripto, serta beberapa alasan yang membuat kenapa aset kripto bisa memiliki nilai dan sangat berharga.

Related Posts