Home Administrasi Daftar Negara Bebas Visa Yang Bisa Dikunjungi Dengan Paspor Indonesia

Daftar Negara Bebas Visa Yang Bisa Dikunjungi Dengan Paspor Indonesia

by Greg Pascal
negara bebas visa

Travelling selalu menjadi hal yang menyenangkan. Mengunjungi beberapa negara menjadi suatu pengalaman yang tidak dapat dibeli. Menariknya sebagian memberi fasilitas menjadi negara bebas visa untuk turis dari Indonesia. Hal tersebut tentu memiliki dampak positif bagi kedua belah negara baik itu negara yang dikunjungi maupun Indonesia. 

Sebenarnya banyak negara yang memberlakukan bebas visa untuk paspor Indonesia. Hingga jumlahnya mencapai sekitar 71 negara. Rinciannya 20 negara di Asia, 2 negara di Eropa, 22 negara di Afrika, 9 negara di Oseania, 4 negara di Karibia, 10 negara di Amerika, dan 5 negara di Timur Tengah.

Daftar Negara Bebas Visa

Daftar Negara Paling Banyak Dikunjungi Yang Membebaskan Visa Dengan Paspor Indonesia

1. Singapura

Warga Indonesia dibebaskan berwisata ke Singapura selama 30 hari tanpa visa apabila lebih dari itu maka anda harus mengisi surat terkait di kedutaan Indonesia yang ada di Singapura. Uniknya, Singapura menjadi negara tanpa visa yang mengijinkan semua warga dunia untuk masuk ke negaranya hanya dengan membawa paspor resmi.

2. Malaysia

Bagi Anda yang berpaspor wisata dan mengunjungi negara Malaysia, Anda dibebaskan untuk mengunjungi berbagai tempat di negara tersebut selama 30 hari.

3. Hong Kong

Negara yang terkenal karena wanna wisata Disneyland ini membebaskan wisatawan dengan paspor Indonesia untuk berkunjung selama 30 hari. Meski biaya yang dikeluarkan untuk pesisir ke negara ini cukup mahal namun setiap tahunnya jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke sana sungguh luar biasa.

3. Thailand

Sebelum adanya kasus pelarangan warga Indonesia untuk masuk ke Thailand, mereka membebaskan wisatawan Indonesia untuk masuk ke negaranya tanpa visa selama 30 hari.

4. Pulau Jeju, Korea Selatan

Spesial untuk satu pulau terkenal di Korea Selatan ini, semua wisatawan dibebaskan Visa. Namun, ketentuan ini berlaku jika anda mengunjunginya tanpa melewati wilayah lain di Korea Selatan, jadi biasanya masuk melalui Hong Kong atau Malaysia. Meskipun pulau tidak terlalu luas panorama yang dimiliki oleh voli sangat cantik sehingga menarik ribuan wisatawan setiap tahunnya.

negara bebas visa

Baca Artikel Selanjutnya :

5. Brazil

Negara penyelenggara piala dunia ini juga memiliki panorama yang sangat luar biasa. Setiap tahunnya banyak warga Indonesia yang mengunjungi negara tersebut. Kabar baiknya negara Brazil membebaskan paspor Indonesia untuk masuk ke negaranya tanpa Visa. Tentunya hari ini berlaku hanya untuk visa wisata.

6. Maroko

Anda ingin berwisata dalam jangka waktu yang lama tanpa menggunakan visa, Maroko menjadi jawaban yang tepat. Pasalnya Maroko membebaskan paspor Indonesia untuk berwisata di negaranya selama 90 hari.

7. Qatar

Salah satu negara populer di Timur tengah ini juga membebaskan wisatawan Indonesia untuk berwisata di negaranya tanpa menggunakan Visa selama 30 hari. 

Itulah beberapa negara yang membebaskan paspor Indonesia untuk mengunjunginya dengan syarat tertentu. Perlu diketahui sebelumnya jika yang dibebaskan tersebut visa bukan paspor. Dan antara visa dan paspor sangatlah berbeda. Berikut merupakan perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Paspor Dan Visa

Paspor merupakan dokumen atau kartu identitas yang dikeluarkan suatu negara dan diakui oleh masyarakat Internasional. Buku kecil ini wajib dibawa ke negara manapun anda pergi. Dan ini harus diperlihatkan setiap anda ingin keluar maupun masuk ke negara lain.

Sedangkan visa merupakan izin yang diberikan satu negara kepada warga negara lain untuk dapat masuk ke negaranya. Pengurusan visa harus dilakukan di Indonesia jika anda WNI. Visa bisa diperpanjang penggunaanya dengan mendatangi kantor kedutaan negara asal. Pengurusan visa cenderung lebih cepat dibandingkan dengan pengurusan paspor. Namun, jangka waktu visa berlaku jauh lebih cepat dari masa berlaku paspor itu sendiri.

Bebas Visa Bersyarat

Negara Jepang merupakan negara yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia akhir-akhir ini. Negara ini memberlakukan bebas visa bersyarat. Bebas visa bersyarat yang dimaksud adalah di mana warga Indonesia telah melakukan registrasi melalui paspor atau paspor pada kedutaan Jepang bahwa akan masuk ke negaranya. Visa ini berlaku selama 3 tahun, dengan ketentuan masa tinggal di Jepang maksimal selama 15 hari.

Visa jenis ini dinamakan visa waiver. Dengan visa ini warga Indonesia lebih bebas untuk keluar masuk Jepang. Keistimewaan ini diberikan kepada mereka yang memiliki jadwal kunjungan singkat seperti urusan bisnis, bertemu keluarga, atau berlibur. Hal ini juga merupakan bagian kerja sama dari kedua negara untuk saling mendukung di berbagai bidang yang berkaitan satu dengan yang lainnya.

Negara mana nih yang ingin anda kunjungi dari berbagai negara bebas visa tadi? Semoga keinginan kalian tercapai. Namun, memperhatikan aturan sebelum masuk negara tersebut sangat diperlukan. Karena kita menyadari sebagai tamu dan harus mengikuti aturan yang berlaku di tempat tersebut. Selain itu, secara tidak langsung membawa nama negara. Jangan sampai karena kesalahan satu orang, banyak orang mendapatkan dampak negatifnya.

 

Related Posts