Home Bisnis dan Usaha Daftar Makanan yang Cepat Laku Dijual, Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan

Daftar Makanan yang Cepat Laku Dijual, Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan

by Lara Nifa

Bisnis makanan bukannya berkurang selama pandemi, tapi malah semakin berkembang. Persaingan di sektor ini pun terbilang sengit, karena tak soal cita rasa tapi juga berhubungan dengan strategi penjualan.  Kira-kira apa yang membuatnya begitu menarik? Tentu saja karena selalu diminati dan dibutuhkan masyarakat, apalagi ada bisnis kuliner yang tidak memerlukan banyak modal.

Kalau membahas bisnis tersebut, apakah Anda memiliki ide jualan makanan apa yang cepat laku? Tak perlu bingung, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan referensi ide-ide makanan banyak diminati, menguntungkan, hanya perlu modal kecil, dan cepat laku.

  1.     Kue Kering

Penjualan kue kering di waktu-waktu tertentu seperti bulan puasa dan lebaran, hari natal, imlek, dan hari besar lainnya selalu mengalami peningkatan drastis. Memang menjadi incaran pembeli untuk disuguhkan kepada tamu. Kini kita bisa mendapatkannya dengan muda di toko kue, supermarket ataupun online store.

Bisnis ini bisa dimulai dari rumah, Anda bisa menawarkannya dari mulut ke mulut. Jadikan teman, rekan kerja, keluarga, atau tetangga sebagai pelanggan. Kalau ingin jangkauan pasarnya lebih luas Anda dapat memanfaatkan sosial media dan fitur iklan yang tersedia dalam platform tersebut. Untuk awal jualan, coba bagikan tester ke orang-orang sekitar guna memperoleh feedback serta uji coba selera. Bagi pelanggan, mereka akan membeli kue kering yang rasanya enak walau mahal daripada membeli kue yang harganya murah namun kualitas tidak terjamin.

  1.     Salad Buah

Merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh konsumen terutama di saat cuaca terik. Salad buah berisi potongan buah-buahan, bahan tambahan seperti keju dan saus manis asam, kemudian ada jelly yang menambah kelezatan. Banyak yang mencoba usaha rumahan ini dan tak sedikit dari mereka yang sukses besar. Karena cepat laku, tentu bisa mendatangkan laba besar. Anda bisa menjualnya secara online atau titipkan pada toko-toko buah. Ini adalah makanan yang cocok dikonsumsi siapa saja karena menyehatkan dan menyegarkan kalau disimpan di lemari es.  

  1.     Sambal

Ide jualan sambal sangat menarik karena pangsa pasarnya yang luas. Hampir semua orang Indonesia mempunyai kebiasaan makan apapun pakai sambal. Perpaduan rasanya yang pedas ditambah dengan bumbu-bumbu lezat lainnya tentu membuat nafsu makan meningkat. Anda bisa mencoba bisnis sambal kemasan, untuk proses produksi pun cukup mudah dilakukan.  Kreasikan bahan-bahan dapur untuk membuat inovasi terhadap varian rasa sambal. Sekarang bisnis ini banyak digeluti oleh pebisnis, bahkan ada beberapa diantara mereka yang sukses melakukan ekspor sambal ke luar negeri. Yakin tidak mau coba?

  1.     Lauk Olahan Kering

Biasanya orang-orang suka lauk olahan kering karena lebih praktis dan dapat disimpan dalam waktu lama. Mirip seperti frozen food, hanya saja makanan ini bisa langsung siap disajikan. Beberapa lauk olahan kering yang banyak disukai masyarakat kita antara lain ada kremes ayam, serundeng, abon, dan sebagainya. Kalau ingin cepat laku, coba jual di online shop atau marketplace. Tak perlu khawatir produknya basi karena pengiriman, tetap akan lezat sampai ditangan pembeli.

  1.     Baso Aci

Makanan cepat laku yang sedang naik daun ini merupakan kuliner khas kota Bandung. Baso aci memiliki prospek cukup bagus kedepannya karena sederhana, tahan lama, dan selalu dicari para konsumen. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini pun terjangkau, bahkan terbilang kecil. Jangan tanya keuntungannya berapa karena bisa cepat balik modal. Ingin menyasar generasi z dan kalangan milenial? Ciptakan bakso aci dengan cita rasa pedas dan gurih, pasti akan laku keras. Berani mencoba?

Tips Supaya Makanan yang Dijual Cepat Laku

Bisnis makanan memang menjadi primadona oleh banyak orang. Sayangnya jumlah pesaing yang terlalu banyak sering menjadi hambatan besar bagi para pelaku usaha. Agar tetap laris manis, kita harus menemukan strategi promosi yang tepat. Anda bisa mempelajari kiat-kiat berikut selama menjual makanan. Apa saja itu?

  •       Memilih makanan yang metode pembuatannya dikuasai
  •       Menentukan harga jual yang masuk akal, karena makan yang dijual terlalu mahal atau murah akan diragukan kualitasnya. Inilah alasan kenapa konsumen enggan membeli.  
  •       Mengemas makanan secara menarik terbukti mampu meningkatkan daya beli.
  •       Secara berkala melakukan inovasi terhadap produk agar konsumen tidak mudah bosan.
  •       Memperbesar skala usaha makanan yang dikelola
  •       Menghindari yang namanya plagiarisme.
  •       Menjalankan bisnis tanpa ragu. Percayalah Anda bisa memperoleh hasil maksimal selama bisnis dikelola dengan baik dan benar.

Demikian informasi tentang daftar makanan yang cepat laku dijual beserta tips-tipsnya. Semoga bisa menjadi ide bisnis menjanjikan untuk Anda. Perlu diingat, bisnis apa saja yang dipilih tetap harus mempertimbangkan bahan baku, modal, kompetitor, serta ketersediaan pasar agar bisnis dapat berjalan sukses. Jadi, silahkan berusaha sebaik mungkin.

 

Related Posts