Home Belanja Daftar Belanja Bulanan yang Wajib Dibeli dan Tips Hematnya

Daftar Belanja Bulanan yang Wajib Dibeli dan Tips Hematnya

by Lara Nifa
daftar belanja bulanan

Mengatur pengeluaran tiap bulannya bukanlah hal yang mudah, apalagi jika anda gampang tergiur oleh hal-hal seperti diskon, beli 1 gratis 1 atau hal sejenisnya. Memang tidak salah jika ingin berbelanja sesuatu saat sedang promo, tapi kebanyakan dari kita pasti akan menjadi kalap atau berlebihan dan malah tidak sesuai dengan budget yang seharusnya. Lalu bagaimana caranya agar saat sedang mencari kebutuhan tapi tidak melenceng dari daftar belanja bulanan yang sudah dibuat dan apa saja tipsnya?

Daftar belanja bulanan yang wajib dibeli

  • Kebutuhan pokok
  • Dapat dibeli sekaligus untuk sebulan : Beras, minyak goreng, tepung, garam, bumbu dapur, mie instan, gula pasir, bumbu penyedap, bumbu dapur, bawang-bawangan, kecap manis, dan bahan lain yang memiliki masa kadaluarsa panjang.
  • Untuk sayuran, buah-buahan, daging-dagingan, telur, susu atau bahan dengan masa penyimpanan pendek, anda dapat berbelanja misal tiga hari sekali atau satu minggu sekali.
  • Barang kering, misalnya : Tissue kering & tissue basah, hand sanitizer, air minum galon, gas elpiji, dan lain-lain.
  • Kebutuhan kebersihan

Selain kebutuhan pangan tentu anda memiliki kebutuhan lain di rumah, seperti peralatan untuk mencuci atau kelengkapan mandi, misalnya : sabun cuci piring, sabun cuci pakaian, pewangi, pemutih pakaian, pembersih lantai rumah, pembersih lantai kamar mandi, sabun mandi, shampoo, pasta gigi, dan lain sebagainya.

Kebutuhan lain.

  • Kebutuhan lain yang wajib, seperti : bayar PLN, PDAM, kuota handphone, bayar SPP, bayar tagihan kendaraan, iuran lingkungan (sampah atau keamanan), sisihkan untuk biaya bensin (jika anda memiliki kendaraan), bayar tagihan kartu kredit, dan lain-lain.
  • Kebutuhan lain yang memang saat itu harus dibeli karena memang sudah habis atau memang pada bulan tersebut harus dilakukan, seperti : make up, skin care, pakaian, service kendaraan dan lain-lain.

Tips dan trik menghemat belanja bulanan.

Untuk mengatur keuangan memang dibutuhkan ketelitian dan niat yang kuat agar anda tidak mudah tergiur oleh sesuatu atau barang dengan iming-iming promo atau diskon. Karena beberapa orang menganggap membeli barang yang sedang promosi itu jauh lebih hemat, ada benarnya memang tapi perlu diingat pastikan barang tersebut memang barang yang sedang anda butuhkan. Jangan karena “mumpung promo” anda jadi membeli barang tersebut, padahal sebenarnya itu bukan hal yang dibutuhkan.

belanja bulanan

Simak poin-poin dibawah ini :

  • Cek kebutuhan dan buat daftar

Sebelum anda berbelanja, cek stok barang yang sudah habis dan mulailah menulis barang atau bahan masakan apa yang habis. Hitunglah perkiraan pengeluaran belanja tersebut dan bawa uang secukupnya untuk menghindari membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

  • Prioritaskan harga yang lebih murah

Jika ada barang atau bahan yang lebih murah namun dengan kualitas baik kenapa tidak. Ini adalah salah satu cara untuk menghemat pengeluaran anda. Jangan terlalu berpatok pada merek suatu barang dan jangan terlalu memaksakan untuk membeli barang tersebut apalagi jika tidak sesuai dengan budget. 

  • Utamakan kebutuhan, kesampingkan hal yang diinginkan

Jangan pernah berbelanja hal yang diinginkan padahal tidak dibutuhkan. Hal tersebut akan membuat uang anda terbuang sia-sia. Misal sebenarnya bulan ini anda tidak harus membeli pasta gigi, karena dibulan sebelumnya sudah beli lebih dari 1 bungkus atau apabila masih memiliki bawang merah dalam jumlah yang cukup banyak, jangan membeli lagi pada bulan berikutnya. Jadi, uangnya dapat dialokasikan untuk membeli kebutuhan lainnya.

  • Berbelanja di pasar

Berbelanjalah di pasar tradisional atau di toko-toko grosir. Kenapa? Karena sudah pasti di pasar tradisional maupun toko grosir, harga dari barang yang akan dibeli jauh lebih murah daripada di supermarket. Apalagi kalau barang yang dibutuhkan tersebut dalam jumlah banyak, biasanya pihak penjual akan memberikan anda potongan harga. Berbelanja di pasar tradisional juga sangat menguntungkan bagi kesejahteraan kantong, karena harga sayuran atau kebutuhan dapur pasti jauh lebih murah dibanding membeli sayur di supermarket atau sejenisnya.

  • Hindari atau meminimalkan penggunaan kartu kredit

Cobalah untuk tidak selalu bergantung pada kartu kredit, walaupun anda memiliki uang untuk membayarnya di akhir atau pada tempo tertentu. Penggunaan kartu kredit dapat memicu rasa ingin membeli barang secara berlebihan dan tentunya akan melebihi budget bulanan anda.Jika perlu jangan pernah menggunakan kartu kredit.

  • Sisihkan uang sebagai dana darurat

Pastikan menyisihkan penghasilan bulanan anda, simpan dana ini pada tempat atau jenis tabungan yang tidak memiliki kartu ATM. Menyisihkan uang juga termasuk salah satu metode berhemat, agar anda hanya memegang uang secukupnya dan membeli hal yang diperlukan saja.

Nah, bagaimana menurut anda tips dan trik daftar belanja bulanan agar dapat menghemat pengeluaran di atas. Semoga dapat membantu anda dalam mengontrol penggunaan uang dan perlu diingat jika tips-tips di atas bukan mengajak untuk pelit pada diri sendiri, tapi lebih untuk bertanggung jawab pada diri anda baik saat ini maupun di masa depan.

Related Posts