Home Perencanaan Daftar Asuransi yang Wajib Dimiliki Pegawai

Daftar Asuransi yang Wajib Dimiliki Pegawai

by Lara Nifa

Tentunya asuransi menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk saat ini guna tercapainya kebebasan finansial. Pasalnya, mempunyai asuransi berarti seluruh resiko yang bisa menimpa Anda dimanapun dan kapanpun ini bisa dialihkan ke perusahaan yang Anda gunakan. Asuransi adalah proteksi yang bisa Anda gunakan untuk melindungi harta dan jiwa yang Anda miliki. 

Apabila Anda adalah karyawan di sebuah perusahaan, Anda berhak mendapatkan perlindungan diri. Begitu juga sebaliknya, bila Anda merupakan pemilik bisnis, Anda harus memberikan pekerja Anda hak nya. Kesejahteraan pegawai adalah sebuah hal yang harus ditanggung oleh perusahaan. 

Sebab pegawai adalah bagian penting yang memiliki pengaruh kuat untuk keberlangsungan perusahaan Anda sendiri. Sehingga, perusahaan wajib memberikan perlindungan berbentuk asuransi kepada pegawainya, supaya mereka bisa bekerja lebih produktif dan tidak harus memikirkan resiko apa pun. 

Lalu, apa saja asuransi yang diperlukan untuk para pegawai? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

  • Asuransi kesehatan 

Kesehatan adalah kunci yang sangat berperan penting untuk keproduktifan seseorang, khususnya karyawan. Sebab, Anda bisa bekerja secara maksimal bila dalam keadaan yang sehat. Namun, bila Anda sakit, maka pekerjaan juga telah pasti tertunda sehingga bisa menumpuk dan akan berat menyelesaikannya. Oleh karena itu, asuransi pegawai pertama yang harus dimiliki yakni asuransi kesehatan. 

Biaya kesehatan yang selalu naik setiap tahunnya pastinya bisa menjadi faktor pendukung Anda untuk mempunyai asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini bisa Anda miliki mulai saat ini untuk mengantisipasi, jangan menunggu sampai sakit dan baru membuat asuransi kesehatan. 

Perusahaan asuransi yang memberikan asuransi kesehatan yang cocok untuk dimiliki pegawai yakni generali. Produk asuransi kesehatan kumpulan mempunyai program yang bisa memberikan Anda proteksi 24 jam selama 1 tahun. Perlindungan asuransinya juga berguna untuk keluarga inti dari pemegang polis. Yang akan ditanggung yaitu operasi, dokter, rawat inap, dan lainnya. 

  • Asuransi jiwa 

Asuransi yang harus dimiliki pegawai berikutnya adalah asuransi jiwa. Sebagai seorang kepala keluarga, mempunyai asuransi adalah hal yang wajib Anda miliki. Asuransi jiwa juga merupakan asuransi yang bisa memberikan tanggung jawab bila pemegang polis asuransi meninggal dunia.

Oleh karena itu, menjadi kepala keluarga, polis asuransi ini bisa berguna sebab saat Anda meninggal dunia, keluarga Anda tidak perlu cemas dengan finansial kedepannya.  

  • Asuransi kecelakaan kerja 

Perusahaan wajib memberikan asuransi kecelakaan kerja untuk pekerjanya. Kecelakaan adalah sebuah yang bisa diprediksi kehadirannya. Hal yang bisa Anda lakukan tidaknya selalu waspada yakni dengan mempersiapkan asuransi pastinya. 

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan keselamatan kerja untuk para pegawai. Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan perlindungan 24 jam untuk Anda ketika dihadapkan dengan resiko kecelakaan kerja karena pekerjaan yang bisa mengakibatkan cacat hingga kematian. 

  • Asuransi pensiun 

Asuransi yang wajib dimiliki selanjutnya yaitu asuransi pensiun. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karyawan adalah bagian paling penting di dalam sebuah perusahaan. Sesudah bekerja dengan waktu yang lama, ada baiknya Anda memberikan sesuatu untuk mengapresiasinya atas kinerjanya terhadap perusahaan. 

Bentuk apresiasi ini bisa berbentuk jaminan kesehatan untuk masa depan maupun asuransi pensiun. Asuransi tersebut bisa dikatakan menjadi tabungan hari tua yang bisa Anda gunakan dengan keluarga tercinta. Biasanya perusahaan besar sudah menyiapkan asuransi pensiun ini untuk para karyawannya. 

  • Asuransi kendaraan 

Saat ini masih banyak masyarakat yang tidak memakai asuransi kendaraan sebab beberapa hal, salah satunya yaitu tidak begitu penting seperti asuransi jiwa dan kesehatan serta biaya asuransi ini tergolong mahal. Sehingga tidak banyak orang yang berminat untuk membuat asuransi kendaraan. 

Tetapi, asuransi kendaraan ini bisa memberikan perlindungan kepada Anda jika ada kerusakan kendaraan yang Anda miliki maupun orang lain jika terjadi kecelakaan. Selain itu, asuransi kendaraan pun dapat mengganti kehilangan. 

  • Asuransi rumah tinggal 

Asuransi yang satu ini menjadi asuransi yang harus Anda miliki selain asuransi kesehatan dan jiwa. Jenis asuransi ini berguna untuk memberikan proteksi pada pemilik rumah untuk semua kerugian yang berhubungan dengan rumah Anda. Kerugian yang dapat diganti berbentuk kerusakan, kebakaran, banjir dan juga bencana alam lainnya yang dapat menimpa rumah Anda. Nantinya pihak asuransi akan memberikan uang sebagai ganti rugi yang dapat Anda gunakan untuk membangun atau merenovasi rumah.

Asuransi ini banyak diminati oleh masyarakat karena manfaatnya yang begitu terasa, sehingga masyarakat tidak ragu untuk membuat asuransi rumah tinggal supaya jika ada kerusakan bisa langsung klaim ke perusahaan asuransi yang digunakan. 

Sesudah membaca asuransi-asuransi yang wajib Anda miliki, sudahkan Anda memikirkan kembali untuk menggunakan asuransi di atas? Tidak ada salahnya untuk memikirkan masa depan supaya Anda tidak kesusahan di hari kemudian.

Related Posts