Home Bisnis dan Usaha Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

by Lara Nifa

Banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berbisnis namun seringkali terhenti di tengah jalan, salah satunya karena terkendala pada modal. Padahal tidak semua usaha memerlukan modal yang besar. Terlebih, sekarang kita sudah memasuki zaman yang serba modern dengan didukung teknologi yang canggih. Pemanfaatan teknologi yang tepat sebenarnya akan banyak membantu kita memulai usaha dengan modal kecil tetapi bisa untung besar.

Dari tahun ke tahun semakin banyak bermunculan jenis usaha yang hanya membutuhkan modal kecil namun menjanjikan. Cocok sekali bagi para pemula yang baru mau mencoba terjun menjadi pebisnis.

Keinginan orang-orang untuk berbisnis yang terus meningkat, dilatari oleh berbagai faktor dan yang paling banyak yaitu karena tidak begitu suka terikat dengan waktu. Dengan memiliki usaha sendiri, waktu kita memang menjadi lebih fleksibel dibandingkan bekerja sebagai pegawai kantoran. Selain itu, kita juga bisa menyesuaikan usaha yang akan dijalankan dengan minat dan bakat yang dimiliki.

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Jangan berkecil hati jika memang Anda tidak memiliki cukup modal untuk memulai usaha. Kini, untuk memulai usaha kecil-kecilan dengan modal terbatas sangat mungkin dilakukan. Dan di bawah ini terdapat beberapa contohnya yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Menjadi Dropshipper

Memulai usaha tanpa modal, mungkinkah ? Jika pertanyaan seperti itu pernah terlintas di benak Anda, maka menjadi dropshipper adalah salah satu jalan keluarnya. Anda hanya butuh mencari supplier produk tertentu, misalnya pakaian, peralatan rumah tangga, atau produk kecantikan.

Sistem kerjasama dengan cara menjadi dropshipper itu sangat mudah dilakukan karena Anda tinggal menawarkan produk supplier  melalui media sosial atau situs belanja online (marketplace). Jika produk itu laku, pihak supplier lah yang akan mengirimkannya ke konsumen dengan menyertakan nama toko Anda. Jadi, produk tidak perlu di stok terlebih dahulu sehingga Anda tidak butuh mengeluarkan modal untuk membeli produk.

Untuk keuntungannya, setiap supplier memiliki ketentuannya masing-masing. Ada yang membebaskan dropshipper untuk menjual produk dengan harga yang berbeda dan ada juga yang memberlakukan sistem diskon.

2. Membuka Usaha Jasa Titip (Jastip)

Bisnis dengan modal terbatas namun sangat menguntungkan berikutnya yaitu menawarkan jasa titip atau biasa disebut jastip. Saat ini, usaha jastip menjadi semakin populer dan banyak diminati masyarakat terutama bagi orang-orang yang hobi berbelanja.

Sembari melepas penat dengan berbelanja, Anda juga bisa mendatangkan untung yang besar. Usaha ini bisa berupa jasa titip pakaian branded, produk kecantikan, kebutuhan rumah tangga, mainan anak dan lain sebagainya. Biasanya produk-produk tersebut dijual di mal-mal besar bahkan ada juga yang di luar negeri.

Jasa ini sangat membantu siapa saja untuk mendapatkan barang yang selama ini diincar dengan mudah tanpa harus membelinya sendiri. Hal yang terpenting untuk memulai usaha ini, yaitu gencar menawarkan jasa melalui platform online. Anda juga bisa membuat grup di telegram maupun whatsapp agar Anda mudah berkomunikasi dengan para konsumen untuk mengirim foto-foto produknya dan membuat deal. Biasanya tarif yang dikenakan berkisar 5.000 – 20.000 per produk.

3. Bisnis Waralaba (Franchise)

Jenis usaha yang satu ini adalah sebuah sistem kemitraan atau kerjasama yang ditawarkan oleh pemilik bisnis (franchisor). Peluang dari bisnis waralaba terbilang sangat menjanjikan karena produknya sudah dikenal masyarakat luas. Anda bisa langsung menjual produknya tanpa perlu memulai strategi dari awal.

Jenis usaha waralaba yang banyak diminati yaitu makanan dan minuman kekinian. Biasanya, usaha waralaba ini menawarkan sejumlah paket yang di dalamnya sudah terdapat beberapa fasilitas seperti gerobak atau booth, peralatan memasak dan bahan baku. Setiap brand memiliki ketentuannya masing-masing dalam hal keuntungan.

Anda bisa untung besar dengan menjalankan usaha ini, apalagi jika memilih produk yang sudah banyak menjadi favorit masyarakat dan memang belum ada di sekitar rumah Anda. Modal yang dibutuhkan pun tidak begitu besar karena rata-rata hanya perlu mengeluarkan sebesar 5 juta sampai 10 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap. Bahkan beberapa pihak franchisor menawarkan paket kemitraan mulai dari 1 juta rupiah saja, menarik bukan ?

4. Usaha Makanan Dengan Sistem Pre Order 

Bisnis dengan modal kecil namun bisa menguntukan lainnya yaitu membuka usaha makanan dengan sistem PO atau pre order. Sistem ini sangat membantu Anda yang terbatas pada modal karena produk hanya akan dibuat saat sudah ada yang memesannya.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk stok bahan baku makanan yang kemungkinan cepat basi. Anda bisa menjual berbagai macam makanan, misalkan kue kering, katering harian, rice bowl dan masih banyak lagi. Untuk mempromosikannya, cukup gunakan media sosial atau beri tahu ke kerabat terdekat Anda secara langsung.

Itulah tadi beberapa contoh usaha dengan modal kecil yang bisa untung besar. Manakah yang tertarik Anda coba?

Related Posts