Home Bisnis dan Usaha Contoh Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa

Contoh Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan Oleh Mahasiswa

by Greg Pascal
contoh peluang usaha

Seorang mahasiswa idealnya sudah mulai bisa untuk menghasilkan uang dari hasil kerja kerasnya sendiri. Ada banyak contoh peluang usaha yang bisa Anda lakukan sembari berkuliah. 

Meskipun masih mahasiswa dan masih mendapatkan uang saku dari orang tua, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja meminta uang saku kepada orang tua bukan? Toh uang saku yang orang tua Anda berikan juga belum tentu cukup untuk biaya hidup Anda.  

Memulai menjalankan usaha sampingan semenjak masih duduk di bangku kuliah bukan hanya bisa menambah uang jajan Anda, namun Anda juga bisa belajar, bagaimana kerasnya dunia kerja. Jika hal tersebut Anda lakukan sejak dini, ketika Anda sudah lulus, Anda tidak akan kaget lagi dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus. 

Syukur – syukur, usaha yang sudah Anda rintis semenjak kuliah bisa berlanjut hingga Anda lulus kuliah dan menghasilkan omset yang tinggi. 

Lalu, apa saja contoh – contoh usaha yang bisa dilakukan mahasiswa? Berikut ini adalah pembahasannya.

1. Bisnis Online Shop

Online Shop adalah salah satu usaha yang cocok untuk dijalankan mahasiswa, pasalnya jenis usaha seperti ini tidak terlalu menghabiskan tenaga mahasiswa, sehingga mereka masih bisa cukup fit dalam mengerjakan berbagai tugas kuliahnya dan mengikuti perkuliahan. 

Selain itu, modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, karena modalnya hanya gadget, koneksi internet, dan barang yang akan dijual. Anda bisa memulai dari menjual barang –  barang Anda yang tidak terpakai, atau membuat sebuah produk. 

Bahkan, jika Anda tidak mempunyai barang untuk dijual dan tidak memiliki cukup modal untuk membuat sebuah produk, Anda bisa memulai online shop dari bisnis Dropship lebih dulu. Jadi, Anda tidak perlu menyediakan stok barang.

2. Bisnis Fotografi

Anda punya hobi fotografi? Usaha sampingan ini mungkin cocok untuk Anda yang ingin memulai untuk menjalankan usaha sampingan. Dari hobi Anda tersebut, Anda bisa menjadikannya sebuah bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. 

Mulailah untuk menjalin kerja sama seperti dengan Event Organizer atau Wedding Organizer. Dari jalinan kerja sama tersebut, Anda mempunyai kesempatan yang besar untuk mengerjakan job – job fotografi maupun videografi.

Baca Artikel Selanjutnya :

3. Menjadi Tutor Les

Mahasiswa cenderung memiliki waktu yang fleksibel untuk melakukan kegiatan di luar kampus. Namun, tak jarang hal tersebut malah membuat tanggung jawabnya di kampus keteteran. Menjadi tutor les bisa mengasah kembali ilmu yang sudah Anda dapatkan di bangku kuliah. Selain itu, Anda juga bisa memiliki uang saku tambahan. 

Jika boleh memberi saran, maka akan lebih baik jika Anda menjadi tutor les yang sesuai dengan bidang keilmuan Anda di kampus. Dengan begitu, Anda bisa terus mengasah keterampilan bidang keilmuan Anda di lapangan dan bisa mempermudah Anda dalam berprestasi di bangku perkuliahan juga karena Anda mempelajari bidang yang sama dengan background pendidikan Anda. 

Namun, jika ternyata Anda memiliki pengetahuan di bidang lain yang juga cukup mumpuni dan bisa diajarkan ke orang lain, ini juga bisa menjadi kelebihan bagi Anda. Anda tetap masih bisa juga mengajar berbeda topik dengan background pendidikan Anda.

4. Usaha Kuliner

Usaha mahasiswa lain yang cukup menjanjikan bagi mahasiswa adalah bisnis kuliner. Jika Anda adalah mahasiswa yang memiliki hobi dan minat yang tinggi dalam memasak, mungkin bisnis ini cocok bagi Anda. Anda bisa memulai bisnis katering dan menawarkan kepada teman – teman Anda di kosan atau di kampus. 

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak cukup besar, Anda hanya perlu menyiapkan modal awal sekitar 600 ribuan saka untuk kemudian mendapatkan hasil tambahan sebesar 55% dari modal awal. 

Selain catering, Anda bisa juga bisa memulai bisnis mahasiswa ini dengan bekerja sama teman – teman Anda dengan membeli lisensi bisnis waralaba seperti minuman bubble dengan modal awal sekitar 3 jutaan. 

5. Jasa Desain Grafis

Untuk Anda para mahasiswa yang memiliki keterampilan desain grafis yang cukup baik, jasa desain grafis adalah Anda bisa mulai menawarkan jasa desain grafis seperti design logo, pamflet, flyer, spanduk dan sebagainya. 

Di era digital seperti ini, jasa desain grafis semakin banyak dibutuhkan. Apalagi semua perusahaan dan UMKM kini sudah banyak yang mulai merambah ke digitalisasi untuk mempromosikan produknya. Anda bisa membuka usaha desain grafis hanya bermodalkan laptop saja, lalu membentuk brand awareness akan jasa desain grafis yang Anda tawarkan.  Jika Anda tekun, bahkan Anda bisa saja mendapatkan klien dari luar negeri yang mau membayar Anda hingga puluhan atau ratusan dolar. 

Itulah contoh – contoh peluang usaha mahasiswa yang bisa Anda lakukan sembari berkuliah. Di atas hanyalah sebagian kecil dari banyak usaha yang bisa Anda lakukan, kami yakin, bahwa sebenarnya Anda masih punya keterampilan lain yang bisa Anda kembangkan untuk memulai sebuah usaha sampingan. 

Related Posts