Home Tips Contoh-contoh Soal Psikotes dan Cara Menjawabnya

Contoh-contoh Soal Psikotes dan Cara Menjawabnya

by Lara Nifa
contoh soal psikotes

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan akan melalui tes psikotes sebagai salah satu prosedur penyeleksian. Terkadang test psikotes ini bisa menjadi hal yang paling menakutkan bagi masyarakat. Alasan mengapa test ini cukup membuat cemas adalah karena jumlah soalnya terbilang banyak dan waktu untuk mengerjakannya juga terbatas. Tapi, kecemasan ini bisa Anda hindari jika mengetahui contoh soal psikotes dan juga cara menjawabnya.

Kenali Jenis Psikotest

Sebelum mengetahui apa saja contoh dari soal psikotes, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis dari test yang satu ini. Karena dengan mengenali test ini, Anda akan bisa menjawab test dengan lebih percaya diri. Berikut ini adalah jenisnya:

Test Kecerdasan

Jenis piskotes yang pertama yang adalah test kecerdasan. Jenis test ini paling umum dan sudah jelas akan selalu ada setiap psikotes. Tujuan dari adanya test ini adalah seperti dari namanya, yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan dari para pelamar pekerjaan. Test ini sendiri dibagi menjadi beberapa jenis lagi, berikut ini adalah jenis dari test kecerdasan:

  • Test verbal

Dalam test ini, nantinya akan diberikan soal-soal yang akan mengetahui kemampuan seseorang terhadap konsep kata, kalimat dan lain sebagainya. Dalam artian, test ini untuk mengukur seberapa baik Anda dalam menyusun kata dan kalimat. Bahkan akan ada soal yang mengandung kosa kata yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan sehari-hari.

  • Test kuantitatif

Untuk test yang satu ini sendiri mungkin yang paling sulit. Karena dalam test ini Anda harus bisa menyelesaikan test matematika logika, perhitungan aljabar, aritmatika dan lain sebagainya. Mungkin hal yang menyusahkan bukanlah dari soal-soalnya yang ada, tapi karena waktu yang diberikan sangat terbatas sangat penting sekali untuk Anda agar bisa membaca soal dengan teliti sehingga tidak ada kesalahan saat menjawab.

  • Test penalaran

Sedangkan test penalaran akan berisi beberapa soal yang mengharuskan Anda melakukan penalaran dan analisis. Tujuannya sendiri adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan akan peserta dalam memahami, menganalisis serta mencerna hingga mendapatkan kesimpulan akhir yang logis.

Selain 3 test di atas, masih ada beberapa test kecerdasan lain yang biasanya juga perlu dikerjakan. Seperti test gambar, angka berkolom dan spasial. Masing-masing pun tetap memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan atau kecerdasan peserta.

Test Kepribadian

Selain test kecerdasan, Anda pun biasanya juga harus menjalani psikotes untuk kepribadian. Test yang satu ini mungkin menjadi penentu dalam seleksi karyawan baru, karena test ini sendiri untuk mengetahui kepribadian yang Anda miliki. Dalam test ini pun dibagi menjadi beberapa jenis, berikut ini adalah jenis test kepribadian:

  • Test quisioner

Test yang satu ini sendiri akan meminta Anda mengisi ya atau tidak akan sebuah pernyataan yang ada. Apabila pernyataan tersebut sesuai dengan diri Anda, maka Anda bisa menjawab Ya dan begitu sebaliknya. Dalam test ini yang terpenting adalah kejujuran dari Anda, sehingga karater serta kepribadian dapat terlihat.

  • Wartegg test

Namanya memang terbilang sangat unik, tapi test yang satu ini juga sering digunakan ketika penyeleksian karyawan baru. Dalam test ini, Anda akan diberikan sebuah kertas dengan pola titik yang acak sehingga tidak memiliki makna apapun. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menghubungkan titik tersebut dan menggambar apa yang sekiranya ada dalam pikiran Anda.

Selain kedua test itu, ada juga test gambar orang, rumah dan pohon. Di mana test ini juga akan memberikan gambaran akan karakter serta kepribadian Anda. Setelah mengenal beberapa jenis psikotes, maka Anda bisa mulai mempelajari contoh-contoh soalnya.

Contoh Soal Psikotes dan Cara Menjawabnya

contoh soal psikotes

Untuk bisa membantu Anda dalam menyelesaikan psikotes, berikut ini adalah beberapa contohnya dan cara menjawabnya:

  1. Test persamaan kata
  • Insomnia = …
  1. Cemas
  2. Tidur
  3. Kenyataan
  4. Sedih
  5. Tidak bisa tidur

Jawabannya adalah e. tidak bisa tidur, karena itu adalah arti dari insomnia.

  • Baku = …
  1. Standar
  2. Perkiraan
  3. Normal
  4. Asli
  5. Umum

Jawabannya adalah a. standar.

  1. Test kolerasi makna
  • Kepala – pusing, perut – …
  1. Pilek
  2. Masuk angin
  3. Lapar
  4. Mules

Jawabannya adalah d. mules, karena pada kata pertama adalah kepala pusing, maka sudah pasti untuk perut adalah mules.

  1. Kemampuan penalaran
  • Semua manusia pasti meninggal, saya adalah manusia
  1. Manusia dan saya pasti meninggal
  2. Manusia pasti meninggal
  3. Saya dan manusia tidak meninggal
  4. Saya pasti meninggal

Jawabannya adalah d. saya pasti meninggal, karena “saya” di sini adalah seorang manusia, maka sudah pasti akan meninggal.

Itulah beberapa contoh soal psikotes dan cara menjawabnya. Masih banyak sekali soal-soal lain yang juga perlu Anda pelajari agar saat menjalani psikotes dapat menjawab dengan tepat dan teliti. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

 

Related Posts