Home Bisnis dan Usaha Contoh Bisnis di Lingkungan Rumah Sakit yang Menjanjikan

Contoh Bisnis di Lingkungan Rumah Sakit yang Menjanjikan

by Lara Nifa

Menjalankan bisnis di lingkungan rumah sakit ternyata dapat menguntungkan. Anda tertarik? Nah, kira-kira usaha apa saja yang cocok dan pastinya tidak membutuhkan modal besar? Seperti yang kita tahu, rumah sakit adalah tempat yang sering didatangi masyarakat ketika berobat, ada yang dirawat secara intensif dan ada juga yang rawat jalan.

Ketika menginap di rumah sakit, berarti pasien perlu menyediakan berbagai kebutuhan. Sementara itu banyak orang tidak sempat berkemas karena panik mengurus anggota keluarganya yang sakit. Dari sinilah muncul peluang usaha menjanjikan bagi orang-orang yang jeli melihatnya. Kalau Anda tinggal di sekitar rumah sakit atau punya properti tak terpakai maka dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha yang menjual berbagai kebutuhan.

Secara singkat, ada 3 kebutuhan utama yang harus dipenuhi manusia, paling utama makan, tempat untuk istirahat dan pakaian. Nah dari hal tersebut maka bisa muncul beberapa ide bisnis menjanjikan berikut ini. Siapa pelanggannya? Bisa anggota keluarga pasien, karyawan rumah sakit, atau bahkan pasien itu sendiri.

Jual Aneka Bubur

Pola makan orang sakit biasanya harus dijaga benar. Mereka tidak boleh jajan sembarangan, paling hanya makan bubur dan itupun sudah disiapkan oleh pihak rumah sakit. Namun kalau kurang berselera, pasien atau anggota keluarga akan mencari makanan dari luar. Salah satu makanan yang paling dicari untuk orang sakit adalah bubur ayam. Makanan ini mudah ditemukan di banyak tempat, khususnya di pagi hari saat sarapan.

Banyak orang tertarik mencoba usaha bubur ayam karena mudah dilakukan. Apalagi kalau berada di lokasi strategis seperti di lingkungan rumah sakit. Seperti yang kita tahu, lokasi sebuah usaha sangat menunjang keberlangsungannya. Lokasi strategis dapat membantu usaha bubur ayam laris manis. Sudah menjadi hal umum membuka usaha kuliner di dekat rumah sakit karena memang peluang untung sungguh besar.

Ingin sukses lebih cepat? Pastikan pemilihan tempat jual aneka bubur Anda mudah terlihat dan dijangkau pelanggan. Sementara untuk jadwal buka bisa dari pagi hingga sore atau sampai malam sekalipun.

Parcel dan Buah-buahan

Sudah menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat Indonesia ketika menjenguk orang sakit, mereka akan membawa buah tangan berupa parcel buah-buahan. Kebiasaan ini menjadi peluang usaha menjanjikan di sekitar rumah sakit yang layak dicoba. Supaya lebih menarik, Anda bisa mengkombinasikan berbagai buah untuk menambah estetikanya.

Parcel buah sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang sakit, sekaligus menjadi doa agar mereka cepat sembuh. Buah tangan ini selain segar dan lezat, juga mengandung nutrisi yang menyehatkan tubuh. Lalu bagaimana memulai bisnis parcel buah-buahan di sekitar rumah sakit? Pertama Anda perlu mencari suplier buah terpercaya.

Kemudian pilih buah yang warnanya sesuai dengan warna asli, masih utuh bentuknya dan memiliki aroma khas. Kedua siapkan keranjang atau wadah untuk parcel. Sebelum buah dimasukkan ke wadah, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu lalu susun berdasarkan warna dan bentuk. Bungkus buah agar rapi dan beri hiasan.

Warung Makan

Warung makan banyak dicari anggota keluarga pasien atau karyawan rumah sakit karena mereka malas keluar jauh-jauh. Sehingga bisnis ini menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Anda dapat menjual makanan sehat seperti menu sayuran hijau, ikan dan makanan laut, olahan daging, atau buah-buahan. Asalkan harganya sesuai, penyajian dan rasanya tidak mengecewakan sudah pasti warung makan Anda akan laris manis dikunjungi pelanggan.

Perlu perhatikan juga bagaimana cara melayani agar pelanggan tidak kabur. Kelebihan usaha warung makan di sekitar rumah sakit adalah bisa dimulai dengan modal kecil. Apalagi kalau Anda yang punya lahan, jadi tak perlu menyiapkan budget untuk sewa properti. Mulailah usaha warung makan dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Cari informasi tentang makanan apa saja yang dicari orang-orang ketika di rumah sakit, tentukan dimana lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau, lalu pilih konsep warung makan untuk kalangan menengah ke atas atau bisa semua kalangan. Kebanyakan konsumen juga lebih suka tempat yang bersih dan rapi. Setelah Anda mengetahui target pelanggan, maka strategi bisnis bisa berjalan lebih maksimal.

Jadi perlu memperhatikan kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar maupun yang berobat ke rumah sakit. Sebaiknya Anda tidak mematok harga terlalu tinggi, lebih disarankan menjual makanan yang harganya ramah dikantong serta memuaskan.

Pakaian dan Peralatan Mandi

Biasanya orang sakit harus menginap beberapa waktu hingga diizinkan pulang. Bagi anggota keluarga yang terburu-buru mengantar tanpa persiapan pasti butuh pakaian ganti selama menemani pasien. Anda dapat menjual pakaian dalam berbagai ukuran. Bahkan baju bayi yang biasanya dicari ibu-ibu yang baru melahirkan. Selain pakaian, peralatan mandi juga dibutuhkan orang yang sedang menunggu orang sakit. Usaha ini cukup menjanjikan untuk dijual.

Itulah beberapa ide bisnis di lingkungan rumah sakit yang menjanjikan keuntungan besar. Semoga informasi kami membantu.

Related Posts