Home Featured Cloud Computing dan Manfaatnya bagi Peluang Usaha

Cloud Computing dan Manfaatnya bagi Peluang Usaha

by Lara Nifa

Tidak bisa dipungkiri jika dunia bisnis bisa memperoleh keuntungan yang besar dari penggunaan Cloud Computing atau Komputasi Awan, sehingga tidak sedikit perusahaan yang beralih memakai teknologi canggih yang satu ini. Dengan alasan dapat memangkas biaya dan juga meningkatkan kinerja dengan baik.

Tetapi, masih banyak orang yang belum paham tentang definisi dan juga manfaat Cloud Computing untuk dunia bisnis. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara detail. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu Cloud Computing? 

Cloud Computing adalah gaya komputasi terbaru yang maka sumber dayanya sudah tercukur secara dinamis dan juga kerap kali memakai konsep virtualisasi yang diberikan oleh provider dengan menggunakan media internet. 

Ada juga ahli yang menilai jika cloud adalah sekumpulan teknologi, yaitu berbentuk sepasang teknologi yang membentuk sebuah lingkungan cloud. Tidak sedikit ahli IT yang berharap jika cloud computing bisa membentuk lagi pasar TI dan proses teknologi informasi. 

Jika dilihat dari konsepnya, Cloud Computing berarti juga menyimpan dan mengakses data serta program lewat internet dari lokasi yang berbeda atau memakai komputer dari hard drive komputer Anda. Dengan memanfaatkan Cloud Computing ini maka Anda dapat mengakses program atau data dimanapun, kapanpun dan menggunakan perangkat apa saja. 

Manfaat dari Cloud Computing 

  • Fleksibilitas 

Pada beberapa tahun belakangan ini, tidak sedikit perusahaan yang sudah menyadari jika Cloud Computing ini sangat penting untuk digunakan di lingkungan kerja sekarang. 

Bahkan pada survei terbaru yang sudah dilakukan oleh KPMG kepada 500 eksekutif, ditemukan ada sekitar 42% dari mereka yang berpikir jika fleksibilitas merupakan faktor utama mereka memakai Cloud Computing

  • Tabungan dan Investasi 

Mungkin manfaat Cloud Computing yang satu ini juga sangat penting untuk bisnis. Anda tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli inventaris seperti harddisk dan infrastruktur lainnya. Anda hanya perlu membayar biaya kompensasi per bulannya secara rutin atau sekali bayar saja sesuai dengan paket yang digunakan. 

Dengan begitu, biaya royalti di lisensi perangkat lunak secara otomatis akan berkurang, sebab semuanya berjalan menggunakan komputasi Cloud. Anda juga bisa menghemat biaya jika memanfaatkan Cloud Computing ini dalam bisnis. 

  • Pemulihan Bencana 

Tidak masalah dengan ukurannya, semua bisnis wajib berinvestasi di sistem pemulihan bencana. Untuk bisnis kecil yang mempunyai sedikit anggaran dan juga skill yang diperlukan, maka berinvestasi di sistem pemulihan bencana ini cukup sulit untuk dilakukan. 

Cloud Computing hadir menjadi solusi guna menepis semua hal tersebut. Berdasarkan dari sebuah penelitian, sebenarnya perusahaan kecil bisa menggunakan solusi back-up yang berbasis Cloud dan juga pemulihan yang memangkas waktu. 

Untuk itu, mereka bisa menjauhkan investasi secara besar-besaran di awal dan memadukan keahlian dari pihak ketiga menjadi bagian dari sebuah proses bisnis mereka. 

  • Interaksi Menjadi Lebih Efektif dan Efisien 

Cloud Computing yang bagus bisa memudahkan karyawan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lebih mudah. Perangkat lunak ini memungkinkan interaksi yang lebih aktif lagi baik antar karyawan atau beberapa pengguna lainnya untuk mengerjakan dan berbagi data dan dokumen secara bersamaan. 

Cloud Computing bisa memudahkan pekerjaan ahli konstruksi dan desain perusahaan yang hampir seluruh waktu kerjanya di berbagai wilayah hingga luar negeri untuk memperoleh dokumen, informasi dan catatan tentang pekerjaan mereka dengan aman dan cepat. 

  • Skalabilitas 

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan oleh pebisnis juga menggunakan perangkat lunak ini yaitu skalabilitasnya. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki banyak permintaan bandwidth atau berfluktuatif. Usaha Anda bisa mengurangi atau meningkatkan pengoperasiannya dan kebutuhan untuk penyimpanan sumber daya bisnis. 

Selain itu, bisnis Anda mungkin membutuhkan perubahan skalabilitas ini. Bila kebutuhan Anda meningkat, maka Anda bisa langsung meningkatkan kapasitas dari Cloud dengan menggunakan layanan sistem jarak jauh. Begitu juga bila Anda harus menghemat energi, Anda bisa mengurangi kapasitasnya kembali.

  • Mampu Mengontrol Dokumen 

Banyaknya representatif dan mitra kerja yang memakai dokumen yang sama secara sekaligus, maka semakin besar pula kebutuhan akan pengendalian file yang aman. Dahulu sebelum Cloud Computing hadir, para pegawai harus mengirim file bolak-balik untuk lampiran email kepada klien atau pegawai lainnya. 

Jika pola tersebut dibiarkan begitu saja, maka hal ini bisa menyebabkan judul, format dan konten di dokumen menjadi berantakan. 

  • Meningkatkan Daya Saing 

Persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat memaksa perusahaan untuk bergerak lebih cepat dan lebih praktis untuk menanggapi perubahan yang ada di pasar. 

Cloud Computing yang fleksibel bisa menjadi solusi dan bisa disesuaikan serta bisa memberikan banyak keuntungan guna membantu perusahaan supaya dapat bergerak lebih cepat dalam menjalani bisnisnya. 

 

Demikianlah, ulasan tentang definisi dan manfaat Cloud Computing untuk peluang bisnis. Setelah membaca ulasan di atas tentunya Anda harus memanfaatkan Cloud Computing untuk bisnis Anda supaya bisa lebih berkembang lagi, ya! 

 

Related Posts