Home Belanja Cemas Beli Mobil Bekas Malah Rugi? Pelajari Tips Beli Mobil Bekas di Sini

Cemas Beli Mobil Bekas Malah Rugi? Pelajari Tips Beli Mobil Bekas di Sini

by Lara Nifa
Cemas Beli Mobil Bekas Malah Rugi? Pelajari Tips Beli Mobil Bekas di Sini

Untuk bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas baik, Anda dapat langsung mendatangi toko atau showroom yang memang menjual mobil-mobil bekas secara resmi yang ada di kota Anda. Bisa juga dengan mencarinya melalui internet mengenai website khusus dan terpercaya yang menjual mobil bekas, tentunya sudah memiliki izin.

Walau memang membeli mobil bekas nyatanya jauh lebih murah daripada mobil baru, namun Anda harus jeli dalam memilih dan menentukan sebelum melakukan transaksi. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah interior, eksterior serta kualitas dari mesinnya. Jika Anda tidak mengerti, ajaklah seseorang yang mengenal dengan baik mengenai seluk-beluk dari mobil.

Cara memilih mobil bekas berkualitas

Untuk dapat memilih mobil second memang cukup sulit, Anda harus sabar dan juga teliti. Berikut adalah tips dalam memilih mobil bekas sebelum Anda membelinya :

  • Periksa riwayat service

Jika Anda berminat membeli mobil bekas yang murah, Anda perlu mengecek riwayat servisnya hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah mobil yang ingin Anda beli itu terawat dengan baik atau tidak.

Pada dunia otomotif, melakukan pengecekan pada riwayat servis disebut service record yang mana jika mobil tersebut mempunyai jadwal rutin melakukan servis, bisa dipastikan bila mobil dalam kondisi yang baik serta layak digunakan. Pastikan juga mobil incaran Anda di servis pada bengkel resmi atau tidak.

Sebaiknya Anda memilih mobil yang mempunyai riwayat perawatan dengan menggunakan bengkel resmi, selain dapat menjamin kondisi mobil incaran Anda. Dengan dilakukannya servis secara rutin, maka bisa dipastikan mengenai odometernya, artinya Anda dapat mengetahui kilometer yang telah ditempuh.

  • Jangan terjebak harga miring

Dalam membeli mobil second yang menjadi incaran dan menemukannya dengan harga miring tentu menggiurkan, namun pada hukum ekonomi ada istilah “ada rupa ada barang merupakan hal yang wajib ditekankan secara baik.

Jadi, sebaiknya ketika akan membeli mobil second atau bekas jangan sampai terjebak dengan harga miring yang diberikan oleh penjual. Waspadalah dan lakukanlah inspeksi secara teliti bersama seorang montir atau seseorang yang memang ahli untuk menilai apakah mobil tersebut memang layak.

Karena jika mobil tersebut dijual lebih murah dan terasa tidak wajar, bisa saja mobil pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir serta hal lainnya.

  • Cek interior dan aksesoris

Melakukan pemeriksaan pada mobil yang akan Anda beli merupakan hal wajib yang memang harus dilakukan. Cara termudah adalah dengan mengecek bagian interior, dari dashboard, karpet alas, kulit, lampu kabin sampai dengan audio.

Pastikan juga bila semuanya berfungsi baik, termasuk pendingin udara (AC), sabuk pengaman, lampu hazard, rem tangan dan lainnya. Dengan begitu maka akan dapat apakah memang mobil tersebut layak dan apa pernah terendam banjir atau tidak.

  • Cek bodi kendaraan

Kemudian lakukanlah pemeriksaan terhadap body mobil, misalnya panel pintu, kaca mobil, cat dan kap mobil. Apabila masih memiliki body asli, maka tidak akan terlihat adanya perubahan yang berarti, namun bila sudah pernah melakukan reparasi kemungkinan akan ada beberapa bagian berbeda. Pastikan juga jika chassis pada mobil tersebut tidak berkarat.

  • Cek kondisi mesin

Setelah Anda melakukan pemeriksaan di bagian bodi juga interior, lalu jangan lewatkan menginspeksi keadaan mesin, bukalah kap mobil kemudian nyalakan mobil tersebut, awasi atau perhatikan dengan baik mulai dari komponen hingga suara mesin.

Jika terdapat komponen terlihat bergetar tidak seperti seharusnya biasanya akan mengeluarkan suara ketika mobil dinyalakan. Periksalah secara menyeluruh, apa ada kebocoran di bagian oli atau lainnya.

Kemudian lakukan test drive, namun Anda harus mendapatkan izin dari orang atau showroom tempat mobil tersebut dijual. Jangan memaksa. Ketika test drive Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti, tarikan gasnya, transmisi, kondisi rem, hingga per mobil. Apakah nyaman atau tidak.

  • Pastikan dokumen lengkap

Terakhir pastikan jika mobil tersebut memiliki dokumen yang lengkap, seperti nomor rangka dan mesin apakah sudah cocok dengan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) serta BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor).

Perawatan mobil bekas

Hal utama yang harus dilakukan dalam pemeliharaan mobil second, yaitu harus rutin membawanya ke bengkel untuk mengecek keadaanya. Karena bagaimanapun juga mesin dari mobil bekas tidak akan sebaik mobil baru. Ada baiknya Anda mencari bengkel yang memang khusus untuk mobil-mobil tua agar mendapatkan penanganan tepat.

Bagian dari mobil yang harus mendapatkan perhatian ekstra biasanya pada mesin, aki, radiator, kaki-kaki mobil. Bila mobil yang Anda miliki merupakan keluaran 2005 atau sebelumnya, Anda dapat menggunakan bahan bakar bensin beroktan 88. tujuannya agar mesin tidak mudah rusak.

Pastikan untuk selalu memanaskan mesin mobil sebelum digunakan berkendara. Namun, apabila mobil tersebut jarang digunakan, Anda bisa memanaskan mesin mobil 2 atau 3 hari sekali agar mesin mobil tetap dalam kondisi baik.

Related Posts