Home Administrasi Cek Pajak Mobil Secara Online Sesuai Daerah Anda

Cek Pajak Mobil Secara Online Sesuai Daerah Anda

by Greg Pascal
cek pajak mobil

Membayar pajak saat ini terbilang sangat mudah. Anda bisa dengan mudah cek pajak mobil secara online sesuai dengan daerah Anda tinggal. Tinggal mengikuti instruksi yang ada dan tertera. Kemudian mengisi data yang diperlukan dalam mengetahui besaran pajak kendaraan Anda.

Setelah Anda melakukan pemeriksaan, dilanjutkan dengan pembayaran pajak. Untuk Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) akan dikirim ke rumah wajib pajak ataupun melalui email. Berikut merupakan cara yang dilakukan untuk mengecek pajak mobil secara online

Cek Pajak Mobil Secara Online Sesuai Daerah Anda

1. Melalui Website Resmi

Cara cek pajak yang pertama yaitu melalui website resmi lembaga pajak. Namun sebelum Anda mengecek pajak mobil atau motor, sebaiknya pahami terlebih dahulu mengenai sistem online yang belum tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Karena layanan online ini baru disediakan di kota dan provinsi besar.

Berikut ulasan layanan cek pajak mobil dan motor di daerah DKI Jakarta, Jawa Tengah,  Jawa Timur, Jawa Barat dan sebagainya.

a. DKI Jakarta

DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki fasilitas e-samsat online. Pemerintah Jakarta memperbolehkan warganya untuk mengecek pembayaran pajak sesuai dengan tanggal jatuh tempo dan informasi lainnya melalui website samsat-pkb.jakarta.go.id. 

b. Jawa Tengah

Untuk provinsi Jawa Tengah, cara mengecek pajak mobil atau motor bisa mengunjungi website dppad.jatengprov.go.id. Untuk mengecek pajak kendaraan bermotor, Anda cukup melakukan pengisian formulir informasi kendaraan dan Anda tunggu hingga proses selesai.

c. Jawa Timur

Pemerintah Jawa Timur juga menyediakan cara cek pajak kendaraan secara online. Cek pajak kendaraan secara online di Jawa Timur Anda bisa mengunjungi website dipendajatim.go.id. Cara untuk mengecek pajak online-nya yaitu dengan mengisi formulir dengan benar dan menunggu hingga informasi selesai diproses.

d. Jawa Barat

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Barat, untuk pengecekan e-samsat bisa dilakukan dengan mengunjungi website bapenda.jabarprov.go.id. namun, untuk pajak kendaraan bermotor masih bisa dilakukan melalui SMS. Untuk pembayaran pajak, Anda bisa melakukan melalui SMS banking, ATM atau internet banking.

cek pajak mobil

Baca Artikel Selanjutnya :

2. Melalui SMS

Selain mengunjungi situs web resminya lembaga pajak, Anda juga bisa mengecek informasi pajak kendaraan melalui SMS. Namun, pengecekan pajak melalui sms ini jarang digunakan karena prosesnya cukup lama.  Layanan pajak SMS ini juga baru dimanfaatkan oleh para pengendara yang ada di wilayah Jawa Barat. 

3. Melalui Aplikasi Pajak

Anda juga bisa memanfaatkan HP untuk mengecek pajak mobil melalui aplikasi pajak resmi. Aplikasi yang digunakan yaitu Pajak Online. Aplikasi ini hanya tersedia di wilayah Jakarta Timur dan Sumatera Barat.

Setelah mengetahui cara bagaimana mengecek pajak mobil secara online tanpa mendatangi kantor Samsat. Berikut merupakan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Langkah-Langkah Membayar Pajak Kendaraan

1. Menginstal Aplikasi Samolnas

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan yaitu mengunduh atau menginstal aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional) di smartphone Anda. Hal ini dilakukan karena pembayaran pajak saat ini menggunakan sistem online.

Setelah  Anda menginstal aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional) ini , kemudian Anda bisa mengklik mulai dan melakukan registrasi aplikasi Samolnasnya.

2. Mengisi Identitas Diri

Langkah selanjutnya yaitu melakukan pengisian identitas diri guna melakukan pembayaran pajaknya. Anda hanya perlu mengisi data diri sesuai dengan yang diminta pada setiap kolom. Ada beberapa data yang wajib Anda isi seperti NIK, nomor polisi dan 5 digit nomor terakhir dari rangka kendaraan.

Apabila semua data sudah terisi, selanjutnya yaitu mengecek setiap angka apakah sudah benar atau ada yang salah. Kalau sudah yakin benar semua kemudian klik “lanjutkan”.

3. Pemrosesan Data

Setelah mengisi identitas diri, Anda akan diminta menunggu sekitar satu menit karena sistem sedang memproses data. Jika data yang dimasukkan sudah benar semua, di layar smartphone Anda akan muncul data Anda dengan lengkap sesuai dengan pajak mobil yang seharusnya dibayarkan.

Jika data yang Anda masukkan ada yang salah, maka diminta untuk memasukkan data ulang.

4. Melakukan Transaksi Pembayaran

Untuk proses selanjutnya yaitu pembayaran pajak. Setelah pemrosesan data di layar smartphone Anda akan muncul kode bayar yang hanya berlaku selama 2 saja. Setelah itu, Anda akan langsung diminta untuk melakukan pembayaran melalui bank ataupun channel pembayaran lainnya. 

Pada proses pembayaran ini, Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

5. Mendapatkan e-TBPKB

Jika Anda sudah melakukan pembayaran, Anda tinggal menunggu mendapatkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang hanya berlaku selama 30 hari kedepan. Untuk mendapatkan TBPKB/SKPD dan stiker pengesahan, Anda tidak perlu mendatangi kantor Samsat.

Pihak Samsat yang akan mengirimkan seluruh dokumen yang tersisa milik Anda melalui jasa ekspedisi sesuai dengan alamat yang tercantum pada STNK. Sehingga Anda cukup menunggu dokumen Anda di rumah. 

Nah itulah, penjelasan mengenai cara cek pajak mobil secara online sesuai dengan daerah Anda, seperti cek pajak mobil Jawa Barat dan cek pajak mobil Jakarta. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda. Semoga bermanfaat.

Related Posts