Home Pinjaman Catat! Berikut Ini Daftar pinjaman BCA untuk keperluan UMKM

Catat! Berikut Ini Daftar pinjaman BCA untuk keperluan UMKM

by Lara Nifa

Saat ini dunia perbankan telah menyediakan bantuan berupa pinjaman modal usaha, salah satunya dari bank swasta ternama BCA. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) yang ingin kembali mengepakkan sayapnya, karena untuk melakukan hal tersebut butuh biaya yang cukup besar.

Nah, pinjaman modal usaha Bank BCA dapat menjadi solusi dan keuntungan bagi para pemilik UMKM. Membuat perkembangan bisnis lebih cepat, arus kas lebih terjaga, dan melancarkan kegiatan operasional. Apa saja jenis pinjaman yang ditawarkan BCA dan bagaimana syaratnya?

Daftar Produk Pinjaman Modal Usaha BCA

Berbicara mengenai proses menjalani usaha, tentu hal penting pertama yang wajib disertakan adalah modal. Tanpa modal, kebutuhan produksi barang yang dijual takkan berjalan lancar. Modal tambahan tetap diperlukan untuk mengembangkan usaha, meskipun usaha tersebut telah berjalan selama beberapa waktu tertentu.

Inovasi dalam dunia bisnis tak hanya perkara ide baru dan buah pemikiran saja, namun juga memerlukan modal untuk berkembang. Oleh sebab itu, para wirausaha sering mempertimbangkan pinjaman modal dari bank yang dinilai cenderung aman, mempunyai prosedur jelas, dan terpercaya. Bank BCA juga menyediakan pilihan pinjaman modal usaha, terdiri dai beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Adapun keunggulan yang dimiliki pinjaman BCA UMKM adalah:

  • Jenis pinjaman beragam
  • Suku bunga yang lebih kompetitif
  • Menyediakan dua cara penarikan dana

Adapun syarat umum pengajuan pinjaman BCA UMKM:

  • Minimal usia >17 tahun atau sudah menikah
  • WNI
  • Tidak dalam proses sengketa kepailitan atau dalam status pailit
  • Sesuai dengan anggaran dasar dan aturan hukum
  • Berbadan hukum
  • KTP dan NPWP
  • IMB dan surat izin usaha
  • Tagihan dan bukti bayar PBB terakhir
  • Tidak sedang menerima kredit dari bank lain
  • Tidak dalam daftar blacklist BI.
  • Laporan keuangan minimal 4 bulan terakhir.

Kredit Modal Kerja Angsuran

Kredit modal kerja merupakan jenis pinjaman usaha dari BCA yang bisa dipilih pengusaha ketika perlu modal taktis untuk working capital. Pembayaran secara angsuran ini tanpa grace period dengan maksimum 5 tahun untuk jangka waktu kredit yang tidak bisa kembali diperpanjang. Pihak yang meminjam modal kerja bisa menarik dana kapanpun sekaligus atau secara bertahap. Bank BCA akan memindahbukukan fasilitas kredit setelah disetujui ke rekening penerima. Kemudian terkait mekanisme pembayaran kredit modal kerja ini dilakukan secara bertahap dengan bunga yang dihitung sesuai hari pemakaian pinjaman.

Kredit Lokal

Pemilik usaha kecil dan menengah bisa menggunakan produk pinjaman kredit lokal untuk pembiayaan yang sifatnya likuid. Pihak bank memperbolehkan debitur untuk menarik dan melunasi pinjaman sewaktu-waktu melalui rekening giro selama masih dalam jangka waktu penggunaan kredit. Produk kredit lokal dari BCA menyediakan fitur-fitur berikut ini:

  • Penarikan dana kredit melalui online banking, cek atau bilyet giro kapan saja dan dimana saja, dapat dilakukan berkali-kali dengan batas plafon yang ditetapkan.
  • Masa tenor pinjaman 1 tahun dan bisa diperpanjang kembali.
  • Pembayaran cicilan angsuran di BCA dihitung sesuai jumlah dan bunga pemakaian kredit.
  • Memperbolehkan debitur melunasi kredit sebelum batas waktu yang disepakati.

Kredit Ekspor

Usaha Anda bergerak dibidang ekspor? Sangat layak mencoba kredit ekspor yang disediakan bank BCA. Pinjaman modal yang diperoleh bisa digunakan untuk kegiatan penyiapan barang ekspor mulai dari pengumpulan hingga produksi. Terkait dengan bunga akan dihitung sesuai dengan jumlah hari pemakaian kredit. Menariknya debitur bisa memperpanjang masa pinjaman. Untuk penarikan dana dilakukan dengan SPPFK yang telah ditandatangani, kemudian membawa dokumen rencana ekspor ke bank.

Kredit Investasi

Pinjaman modal usaha selanjutnya dari BCA untuk debitur yang ingin melakukan pembangunan, pembelian, atau peremajaan aktiva tetap seperti kendaraan dan mesin, properti komersial seperti ruko, kantor, gedung, dan sebagainya yang dinamakan dengan kredit investasi. Masa tenor kredit ini cukup panjang, bisa sampai 12 tahun lamanya karena menyesuaikan plafon pinjaman yang cukup besar. Sesuai dengan perjanjian kredit, pemindahbukuan dana ke rekening debitur penerima kredit investasi akan dilakukan secara bertahap atau sekaligus. Bank BCA diketahui menyediakan beberapa fitur kredit investasi yakni:

  • Pelunasan berdasarkan kuasa yang diberikan berlaku untuk pendebetan atas rekening dana pemilik pinjaman.
  • Memberikan pinjaman sesuai dengan jenis aset yang diinvestasikan.

Kredit Usaha Rakyat

Bank BCA menyediakan investasi kepada kelompok usaha atau individu produktif yang layak tapi belum punya jaminan cukup disebut dengan kredit usaha rakyat (KUR). Produk pinjaman ini tidak kalah dari bank lain karena menawarkan bunga kompetitif tanpa biaya administrasi dan provisi. Limit KUR lumayan besar, mulai dari Rp. 10 juta – Rp. 500 juta. Untuk fitur-fitur yang disediakan sesuai dengan pihak debitur.

BCA Smartcash dan Visa Corporate

Jenis pinjaman yang mirip dengan layanan kartu kredit. BCA Smartcash dikhususkan untuk para pebisnis yang ingin mendapat kemudahan dalam menarik uang tunai di ATM BCA atau transfer setiap saat tanpa biaya administrasi. Limit yang diberikan mulai dari Rp. 10 juta – Rp. 100 juta dengan bunga murah, per hari hanya 0,06%.

Sementara untuk pengusaha yang ingin memiliki kartu kredit perusahan agar transaksi bisnis lebih fleksibel dapat menggunakan BCA Visa Corporate. Sangat cocok digunakan saat kebutuhan perjalanan dinas yang sifatnya mendesak.

Itulah daftar pinjaman BCA untuk keperluan UMKM yang bisa diajukan secara online dan di kantor cabang. Silahkan dicatat.

Related Posts