Home Pinjaman Cari Tahu Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Sudah Lama

Cari Tahu Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Sudah Lama

by Lara Nifa
investasi sejak dini

Kartu kredit merupakan alat pembayaran termudah ketika kita kekurangan uang untuk membeli suatu produk. Sayangnya dibalik kemudahan tersebut membuat banyak orang lalai menggunakan secara bijak, hingga berakhir dengan hutang yang menggunung. Tak jarang sampai kesulitan membayar tagihan kartu kredit sampai nunggak berbulan-bulan.

Utang adalah kewajiban, harus dibayar sampai lunas berikut dengan denda keterlambatannya. Para nasabah kartu kredit harusnya tahu mengenai risiko ini sebelum membuat pengajuan. Lalu, bagaimana cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama? Silahkan ikuti tips berikut.

Untuk Sementara Hentikan Penggunaan Kartu Kredit

Kalau berencana melunasi tunggakan utang Anda, maka caranya adalah menghentikan penggunaan kartu kredit. Walaupun bunga tagihan tetap berjalan, setidaknya Anda bisa mengurangi total tagihan yang akan datang. Jangan terus menambah utang kalau tidak mau kondisi keuangan kacau balau. Rencana penyelesaian tunggakan pasti hanya tinggal kenangannya saja kalau masih nekat tetap menggunakan kartu kredit.

Membayar Minimum 10 Persen dari Jumlah Tagihan

Alternatif solusi berikutnya adalah memilih opsi membayar minimum 10 persen dari jumlah tagihan kalau benar-benar belum punya uang untuk melunasi seluruh hutang Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan konsekuensi bunga cicilan yang bertambah besar.  

Mencari Pemasukan Tambahan

Punya waktu luang setelah bekerja? Daripada dipakai hanya untuk main sosial media lebih baik manfaatkan supaya bisa menghasilkan uang tambahan. Anda dapat menggunakan gaji utama dalam mencukupi kebutuhan hidup dan gaji tambahan untuk melunasi tunggakan kartu kredit yang macet. Hutang kartu kredit yang menumpuk memang harus disikapi dengan niat ingin membayarnya. Maka dari itu silahkan cari pemasukan tambahan, Anda dapat mengerjakannya saat malam hari sepulang dari pekerjaan rutin atau saat weekend.

Pakai Tabungan atau Jual Aset

Kalau ingin segera melunasi hutang kartu kredit sebenarnya bisa dengan menjual aset bergerak atau tidak bergerak. Atau gunakan tabungan yang telah dikumpulkan atau deposito misalnya. Lebih baik tidak punya apa-apa asal hutang lunas dan Anda dapat tidur dengan nyenyak. Seperti yang kita ketahui, kartu kredit memakai sistem bunga, jadi semakin cepat diselesaikan maka semakin kecil kemungkinan utang membengkak.

Mengajukan Pinjaman di Tempat Lain

Pernah dengar kalimat “gali lubang kecil untuk tutup lubang besar”? Walau cara satu ini cukup ganjil, namun dapat Anda pertimbangkan kalau ingin benar-benar terlepas dari hutang kartu kredit. Silahkan cari tempat yang menyediakan produk pinjaman dengan bunga lebih kecil dari kartu kredit. Syukur-syukur kalau tidak ada bunga sama sekali. Meskipun butuh waktu lama, setidaknya efektif karena membuat beban utang berkurang.

Membuat Skala Prioritas Hutang

Apakah Anda memiliki lebih dari dua kartu kredit yang menunggak bayaran? Cara ini mungkin akan berguna. Silahkan sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Buatlah skala prioritas hutang yang harus dibayar, mulai dari bunga terbesar terlebih dahulu. Kenapa demikian? Sebab bunga tagihan dapat membuat hutang semakin lama dibayar, makanya harus segera diatasi. Kalau sudah tuntas dengan kartu kredit berbunga besar, selanjutnya Anda dapat fokus membayar tunggakan kartu kredit bunga kecil. Anda juga bisa memilih opsi melunasi kartu kredit dengan tagihan hutang terkecil dulu, baru ke hutang berbunga besar.

Negosiasi dengan Pihak Penerbit Kartu Kredit

Tidak punya opsi lain? Solusi terakhir untuk Anda lakukan adalah bernegosiasi dengan pihak bank penerbit kartu kredit. Anda bisa meminta mereka melakukan refinance hutang kartu kredit. Jumlah utang juga tidak semakin membengkak kalau bank mau menghentikan penambahan bunga cicilan.

Menggunakan Kartu Kredit dengan Cerdas dan Bijak

Penggunaan kartu kredit sebenarnya memberi banyak keuntungan kalau digunakan dengan bijak. Maka dari itu pemilik harus bertanggung jawab selama penggunaan, jangan biasakan diri berhutang sampai di luar kemampuan membayar. Untuk mencegah diri Anda terjebak hutang, batasi penggunaan kartu kredit ke kartu debit. Lebih baik pakai tabungan sendiri daripada meminjam uang terus tidak mampu bayar. Berikut ada beberapa tips mengenai cara menggunakan kartu kredit yang baik agar tidak menjadi beban keuangan berlebih.

  • Memilih produk yang tepat sebelum sampai ke tangan Anda, manfaatnya dapat membantu mengalokasikan penggunaan untuk menghindari penggunaan berlebih.
  • Memperhatikan biaya dan fasilitas kartu kredit.
  • Harus bayar tagihan tepat waktu agar terbebas dari biaya admin. Kalau dibiarkan menunggak semakin lama, tagihan yang Anda bayar semakin menumpuk.
  • Membayar tagihan secara penuh.
  • Menghindari menarik uang menggunakan kartu kredit karena beban bunga yang harus ditanggung cukup besar. Lebih baik tarik uang tunai langsung dari tabungan bank Anda.

Sebelum menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, pastikan bahwa Anda mampu membayarnya. Sekian tips atau cara melunasi hutang kartu kredit yang sudah lama. Buat Anda yang punya masalah tersebut, silahkan coba diterapkan dan semoga membantu. Kalau tagihan kartu kredit telah berhasil lunas pada akhirnya, jangan sampai menunggak utang lagi ya.

 

Related Posts