Home Tips Cari Tahu Apa Aja Asupan Vitamin yang Ideal Selama Masa Pandemi

Cari Tahu Apa Aja Asupan Vitamin yang Ideal Selama Masa Pandemi

by Lara Nifa
Cari Tahu Apa Aja Asupan Vitamin yang Ideal Selama Masa Pandemi

Bagi manusia, imun tubuh wajib dipelihara dengan baik supaya tubuh tetap bugar sehat. Khususnya hidup di tengah pandemi covid-19. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya menjalankan pola hidup sehat serta memenuhi asupan tubuh seperti vitamin. Dimana terdapat berbagai jenis vitamin yang diperlukan tubuh agar tetap menunjang performa sehari-hari.

Sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh memang dirancang agar dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang datang dari bakteri atau virus. Menerapkan pola hidup sehat serta memenuhi kebutuhan vitamin dapat membantu imun tubuh tidak bekerja secara maksimal. Bila Anda penasaran terkait jenis vitamin apa saja yang ideal dikonsumsi selama pandemi? Silahkan simak artikel tersebut sampai habis.

Asupan Vitamin Di Tengah Pandemi Covid-19

1.    Vitamin C

Pertama adalah vitamin C, yang mana vitamin satu dikenal bisa meningkatkan imun tubuh manusia, vitamin C sendiri bisa ditemukan di beberapa jenis buah seperti jambu, jeruk, stroberi, sayur brokoli dan masih banyak lagi. Selain itu kebutuhan vitamin C dari masing-masing tubuh seorang manusia pastinya berbeda-beda.

Bagi wanita dewasa, vitamin C yang dibutuhkan per hari yaitu 75 miligram, sementara untuk pria dewasa vitamin C yang dibutuhkan per hari sebesar 90 miligram. Anda dapat memenuhi asupan vitamin C dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Anda juga dapat memperoleh manfaat vitamin C lewat konsumsi suplemen dan sejenisnya.

2.    Vitamin B6

Pyridoxine atau vitamin B6 adalah vitamin yang bisa membantu memperkuat antibodi serta sel darah putih yang bisa menopang imun tubuh manusia. Tidak hanya sebata meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia saja, kehadiran vitamin B6 juga memiliki peran penting untuk perkembangan saraf otak manusia.

Untuk menemukan vitamin B6 tergolong mudah, Anda bisa menemukannya di makanan seperti, salmon, ayam, tuna sampai sayuran hijau. Vitamin B6 yang dibutuhkan oleh pria setiap harinya yakni 1,4 miligram, sementara vitamin B6 yang dibutuhkan oleh wanita setiap harinya yakni 1,2 miligram. Apabila Anda kekurangan vitamin B6 kemungkinan akan mengalami gangguan di kulit seperti pecah-pecah di area mulut.

3.    Vitamin B12

Vitamin B12 sejatinya berfungsi untuk pembentukan protein, jaringan dalam tubuh sampai sel darah. Vitamin B12 bisa Anda temukan di berbagai jenis makanan laut, misalnya kepiting, kerang, ikan sarden dan masih banyak lagi. Rata-rata kebutuhan vitamin B12 harian yakni sekitar 1,5 mikrogram. Jika kekurangan asupan dari vitamin B12 bisa menimbulkan gangguan darah.

4.    Vitamin D

Vitamin D tidak hanya berguna bagi tulang, tapi vitamin D dikenal bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin tersebut bekerja dengan cara mengaktivasi sel T agar meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin D juga dapat mencegah penyebaran bakteri dan virus. Vitamin satu ini bisa ditemukan pada jenis makanan berlemak, yakni kuning telur, salmon, tuna kaleng dan masih banyak lagi.

5.    Vitamin E

Pastinya vitamin E juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, dimana bisa melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan serta membantu pembentukan kembali sel darah merah. Selain itu, vitamin E juga bisa mengurangi risiko penyakit mata atau sendi.

Umumnya vitamin E ditemukan pada buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau dan makanan laut. Selain berfungsi sebagai daya tahan tubuh manusia, vitamin E juga kaya antioksidan dan sangat baik bagi kesehatan kulit.

6.    Vitamin A

Karena mempunyai efek layaknya antioksidan, vitamin A tersebut sangat dibutuhkan manusia guna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin A juga mempunyai fungsi yang terbilang penting bagi organ penglihatan, kesehatan sistem reproduksi dan pertumbuhan tubuh.

Vitamin A dapat anda temukan di sayur-sayuran, susu, ikan dan buah yang mempunyai warna kuning dan merah, seperti wortel, cabai, pepaya, serta pisang. Bagi tubuh yang asupan vitamin A nya kurang bisa timbul risiko infeksi berupa diare dan pneumonia.

7.    Vitamin B1

Vitamin B1 juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, serta mempunya fungsi bisa melindungi otak dan jantung supaya tetap sehat. Daging sapi dan telur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan Vitamin B1. Apabila seseorang mengalami kondisi seperti kekurangan vitamin B1 makan akan timbul risiko seperti detak jantung tidak normal, sesak nafas dan muntah-muntah.

Nah, itulah beberapa macam vitamin yang dapat Anda konsumsi agar membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi jika Anda hanya mengkonsumsi vitamin saja tentu tidak cukup. Agar bisa menjalankan fungsi dengan baik, perlu diiringi dengan pola hidup sehat dengan makanan sehat, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

Perbanyak makan sayur hijau dan buah-buahan untuk memenuhi asupan vitamin harian pada tubuh. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memanfaatkan suplemen agar bisa memenuhi asupan vitamin harian, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi sesuai kebutuhan tubuh saja, jangan sampai berlebihan.

Related Posts