Home Tips Cara Renovasi Rumah Lama

Cara Renovasi Rumah Lama

by Lara Nifa
cara renovasi rumah lama

Merenovasi rumah memang menjadi salah satu yang perlu untuk sekali dilakukan. Mengingat terkadang Anda membutuhkan suasana baru ataupun ingin menambah ruangan. Namun, merenovasi rumah yang sudah ditempati sendiri harus mengetahui caranya. Dalam artikel ini sendiri ada beberapa cara renovasi rumah lama yang perlu sekali untuk diketahui. 

Cara Renovasi Rumah Lama

Merenovasi rumah lama memang terbilang sulit, apalagi jika rumah tersebut sudah berdiri semenjak puluhan tahun. Maka tentu harus mengetahui bagaimana cara untuk merenovasi rumah lama. Berikut ini adalah cara untuk merenovasi rumah lama untuk Anda: 

  • Cek kondisi dari rumah 

Cara pertama agar Anda dapat melakukan renovasi pada rumah lama adalah dengan mengecek seluruh kondisi dari rumah tersebut. Anda harus  memperhatikan bagian-bagian mana yang sekiranya memang membutuhkan perbaikan. Di mulai dari tiang, dinding, lantai dan lain sebagainya. 

Bagian-bagian mana yang memang sekiranya harus dilakukan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda melihat bagian tiang dan dinding yang sudah mulai rapuh, tapi malah melakukan perbaikan di bagian lain. Pastikan bagian yang menjadi penyokong rumah diperbaiki terlebih dahulu. Baru kemudian bagian lain yang sekiranya tidak begitu berpengaruh pada bagian penyokong. 

  • Gunakan material yang masih bisa dipakai 

Cara selanjutnya adalah dengan memilah material apa saja yang sekiranya masih bisa digunakan. Jangan sampai Anda terburu-buru dalam mengganti beberapa bagian rumah yang memang sebenarnya masih bisa digunakan. Contoh dari bagian rumah yang biasanya masih bisa digunakan adalah pintu, jendela, kusen, genteng hingga keramik lantai. 

Menggunakan material yang masih kokoh dari rumah lama juga akan membantu Anda menghemat pengeluaran. Tidak hanya itu saja, proses renovasi pun juga bisa dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan harus mengganti keseluruhan bagian lain. Namun, jika memang harus diganti jangan dipaksakan untuk menggunakan material yang memang sudah tidak layak. 

  • Mana bagian yang harus terlebih dahulu diganti 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada baiknya Anda memilih bagian mana yang memang perlu untuk direnovasi. Jangan malah nantinya Anda merenovasi bagian yang tidak perlu, karena hal tersebut akan membuat pengeluaran menjadi semakin membengkak.

Prioritaskan bagian rumah lama mana yang butuh perbaikan secepatnya. Semisalnya bagian dinding yang sudah mengalami kerusakan parah, maka Anda bisa melakukan perbaikan pada dinding tersebut. 

  • Ganti furniture 

Mengganti perabot juga dapat menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apabila pada rumah lama terdapat perabot yang memang sudah rusak, tidak ada salahnya untuk mengganti dengan yang baru. Tapi jika memang Anda ingin menghemat biaya, mungkin dapat melakukan perbaikan pada perabot yang rusak. 

Namun, perlu diperhatikan di mana jika Anda memilih memperbaiki perabotan lama, pastikan bahwa perabotan tersebut masih 80% dalam keadaan yang baik. Jangan memaksa memperbaiki perabotan yang memang sudah parah kerusakannya. Jika kerusakan perabotan sangat parah, lebih baik Anda membeli baru yang sudah pasti lebih baik. 

  • Menambah atau mengurangi ruangan 

Tujuan dari renovasi sendiri selain memperbaiki bagian-bagian yang rusak juga untuk mengganti suasana. Di mana Anda bisa melakukan penambahan atau pengurangan ruangan pada rumah. Contohnya adalah ketika Anda merasa bahwa bagian ruang keluarga terlalu sempit, namun ruang tamu terlalu luas. Di mana Anda bisa mengurangi luas dari ruang tamu dan sebagian ditambahkan ke area ruang keluarga. 

Dengan cara di atas, Anda bisa merenovasi rumah lama dengan lebih akurat dan juga tidak terlalu memakan biaya besar karena sudah mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki ataupun diubah. 

Jasa Renovasi Rumah Lama 

renovasi rumah

Setelah mengetahui caranya, Anda tentu saja membutuhkan jasa untuk renovasi rumah ini. Untuk jasa renovasi sendiri, Anda dapat memilih jasa borongan ataupun jasa harian. Namun, jika renovasi yang dilakukan hanyalah beberapa bagian dan tidak terlalu besar perubahannya, lebih baik menggunakan jasa renovasi harian. Karena tentu saja lebih cepat dan lebih murah. 

Namun, jika Anda ingin melakukan renovasi secara besar-besaran. Ada baiknya Anda menggunakan jasa renovasi borongan yang biayanya akan dihitung dari luas proyek yang dilakukan perbaikan. Karena jasa borongan ini sendiri Anda tidak perlu memikirkan upah harian, karena biaya yang dibayarkan adalah tergantung dari luas area yang direnovasi. 

Anda harus perhatikan juga saat memilih jasa renovasi, karena banyak sekali jasa renovasi yang memberikan harga terlalu mahal atau bukanlah dari yang berpengalaman. Maka daripada itu, lebih baik Anda memilih jasa yang sudah jelas dan direkomendasikan oleh orang terdekat. 

Itulah beberapa penjelasan dari cara renovasi rumah lama baik untuk yang masih ditempati ataupun sudah lama tidak ditinggali. Di mana yang terpenting adalah Anda dapat memilah mana bagian yang ingin direnovasi atau melakukan renovasi total. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang memang ingin renovasi rumah agar bisa mengganti suasana rumah menjadi lebih segar.

Related Posts