Home Perencanaan Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

by Lara Nifa
BPJS kesehatan Indonesia

Memilih pindah faskes didasarkan pada kebutuhan masing-masing para peserta, sehingga penting untuk memahaminya secara menyeluruh. Tingkat pertama atau kelas 1 pada BPJS memberikan banyak keuntungan dan kenyaman dalam mendapatkan pelayanan berobat gratis. Tetapi perlu dipahami iurannya akan lebih mahal, tetapi jika tidak masalah berikut ini cara pindah faskes BPJS.

Untuk melakukan pindah faskes bpjs tidak begitu sulit dan sangat mudah untuk dilakukan, karena hampir semua layanan sudah terintegrasi dengan digital. Pada artikel kali ini kami mencoba mengulas dan membahasnya secara lengkap dan menyeluruh, simak penjelasan lengkapnya.

Memenuhi Syarat Pindah Fasilitas Kesehatan

cara klaim BPJS kesehatan

Untuk melakukan pindah pada faskes, maka Anda perlu untuk memperhatikan dan memenuhi syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Karena apabila tidak memenuhi standar kriteria yang ada, proses untuk pindah faskes akan sangat sulit dilakukan dan tidak akan disetujui oleh pihak BPJS. oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa ketentuannya terlebih dahulu. 

Syarat dan ketentuannya mewajibkan untuk peserta aktif melakukan pembayaran iuran dan menjadi anggota BPJS minimal pada 3 bulan pertama. Jika Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, maka proses untuk pindah faskes BPJS tidak akan disetujui. Dalam tahap ini Anda harus memperhatikannya terlebih dahulu agar bisa memaksimalkannya secara menyeluruh. 

Namun proses pemindahan fasilitas kesehatan dapat dilakukan apabila ada beberapa kegiatan yang berkaitan penugasan dinas atau pindah domisili. Kegiatan pemindahan dengan alasan tersebut dapat dilakukan dan langsung disetujui oleh pihak BPJS. untuk melakukan pemindahan perlu menyiapkan beberapa dokumen, berikut ini beberapa dokumen yang wajib disertakan.

Berikut ini beberapa persyaratannya, KTP, Kartu Kesehatan BPJS, KK atau Kartu keluarga, Bukti Pembayaran Iuran, Daftar kolektif gaji bagi PNS, TNI, dan Polri, serta Fotokopi rekening bank, jika ingin pindah dari kelas 3 ke kelas 2 atau 1.

Cara Pindah Faskes BPJS 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perpindahan faskes yang diinginkan, berikut ini beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan. 

  • Melalui Mobile JKN

Tahap pertama Anda bisa menggunakan proses pemindahan dengan menggunakan aplikasi mobile JKN yang bisa Anda dapatkan dan download melalui playstore atau app store. Dalam tahap ini bisa Anda lakukan dengan langsung mengklik aplikasi tersebut, lalu langsung saja mengklik menu pada perubahan data peserta dan masukan faskes yang diinginkan.

Dalam tahap ini pastikan Anda sudah memiliki akun BPJS di mobile JKN, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan proses perubahan dan pemindahan. 

  • Melalui Kantor Cabang 

Jika ingin melakukan secara langsung, prosesnya Anda bisa langsung mendatangi kantor cabang yang ada di kabupaten atau kota. Melalui kantor cabang tersebut, Anda bisa melakukan perubahan fasilitas kesehatan yang diinginkan. Prosesnya Anda tinggal meminta pada loket perubahan data dan cetak kartu, lalu Anda diminta untuk mengisi formulirnya.

Di tengah pandemi Covid 19 sekarang ini rasanya tindakan ini perlu dibatasi, apabila memungkinkan untuk dilakukan secara online saja lebih baik melakukan cara tersebut. Karena meminimalisir resiko dan membuat Anda akan terhindar dari paparan Covid 19. 

  • Melalui Call Centre 

Proses selanjutnya Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan call centre, karena dalam tahap ini melakukan perubahan data dapat dilakukan. Langsung saja hubungi call centre nya BPJS di 1500 400 untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan

Alasan-Alasan Peserta Memutuskan Pindah Faskes

Ada beberapa alasan yang menyebabkan banyak peserta melakukan pemindahan faskes tersebut yang membuat mereka harus pindah faskes BPJS tersebut. Berikut ini beberapa alasan yang dapat Anda lihat secara langsung, simak ulasannya. 

  • Merasa Kurang Tepat 

Banyak dari masyarakat yang memiliki kartu BPJS merasa faskes yang dipilih tidak sesuai dan tepat mengenai beberapa faskes yang telah dipilih dari awal. Tentunya ini diluar ekspektasinya yang membuat banyak masyarakat ingin mengajukan perpindahan atau perubahan. 

  • Tidak Sesuai Ekspektasi 

Beberapa masyarakat melihat kalau dari faskes yang dipilih pertama kali tidak sesuai dan tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan. Hal ini membuat harapan yang diinginkan tidak dapat diwujudkan secara menyeluruh. Dengan demikian membuat banyak peserta BPJS memutuskan untuk pindah dan mengganti faskesnya yang sesuai kebutuhan. 

  • Pelayanan Kurang Memuaskan 

Penyebab selanjutnya bisa terjadi, karena kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pihak penerima BPJS tersebut yang membuat pelayanan yang diharapkan kurang maksimal. Hal ini menjadi perhatian bersama dan banyak yang memutuskan untuk mencari dan pindah faskes yang diharapkan. Tentunya ini menjadi alasan banyak orang ingin pindah. 

  • Perhitungan Jarak 

Faskes yang dipilih sebelumnya begitu jauh dengan jarak atau tempat tinggal peserta, sehingga memutuskan untuk mengganti dan pindah faskes yang lebih dekat. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara pindah faskes BPJS yang dapat Anda pahami dan lihat secara menyeluruh.

Related Posts