Home Bisnis dan Usaha Cara Optimasi Akun Bisnis di Instagram

Cara Optimasi Akun Bisnis di Instagram

by Lara Nifa

Teknologi yang semakin pesat ini sangat membantu masyarakat dalam berbagai bidang di kehidupan. Tidak terkecuali untuk mempermudah dunia bisnis makin berkembang. Sekarang ada aplikasi Instagram yang bisa menjadi platform bisnis yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan suatu bisnis.

Nah, seperti apa sih cara optimasi akun bisnis di instagram. Yuk, kita cari tahu caranya satu persatu, tapi sebelum itu kamu harus mengetahui cara membantu akun bisnis di instagram. 

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Login Pada Instagram dengan Akun yang Sudah Terdaftar

Cara pertama agar kamu bisa menggunakan fitur bisnis dalam aplikasi di Instagram yaitu dengan masuk dulu pada akun Instagram yang sudah terdaftar. Kamu bisa daftarkan atau membuat akun instagram terlebih dahulu jika sebelumnya tidak punya. Pastikan bahwa kamu ingat dengan username dan password dari akun Instagram. 

 Masuk Pada Halaman Pengaturan di Instagram

Setelah kamu masuk pada akun instagram yang sudah terdaftar, langkah selanjutnya adalah mencari tombol pengaturan pada akun instagram. Biasanya pengaturan ini ada di kanan atas halaman profil Instagram. Kamu tinggal klik dan selanjutnya mencari tulisan setting untuk bisa melakukan langkah yang selanjutnya. 

 Menentukan Kategori atau Jenis Bisnis yang Dipilih

Kamu bisa setting jenis bisnis yang kamu jalani untuk bisa dicantumkan pada profil bisnis. Apa saja jenis bisnis yang akan kamu pilih akan ada di bagian pilihan. Bahkan kamu bisa mencari sendiri kategori bisnis yang akan kamu pilih. 

 Melengkapi Data Kontak Bisnis

Selanjutnya halaman akan berganti pada halaman yang bertuliskan Review Your Contact Info. Pada halaman ini kamu diminta untuk mengisi atau melengkapi  data kontak seperti nomor telepon, email dan alamat tempat yang berkaitan dengan bisnis yang kamu jalani. 

 Menghubungkan Akun Pada Facebook

Jika kamu memiliki akun Facebook, Instagram juga bisa di hubungkan dengan akun Facebook loh. Sehingga setiap kamu memposting berbagai informasi bisnis pada instagram, otomatis Facebook juga akan terhubung langsung. 

 Melengkapi Data

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengisi atau melengkapi seluruh data yang dibutuhkan akun terkait informasi bisnis yang kamu miliki. Lengkapi data seperti profil, kamu bisa gunakan foto produk atau logo brand bisnis. Lalu username bisa menggunakan nama produk dalam bisnis kamu. Hingga pada alamat, dan bio bisa kamu lengkapi dengan informasi yang membantu orang-orang tau terhadap bisnis yang ingin kamu promosikan. 

Cara Memaksimalkan Akun Bisnis di Instagram

 Menentukan Target Konsumen 

Menentukan target konsumen adalah hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Bahkan jika bisnis yang kamu jalani dibuat dari akun bisnis di Instagram. Lebih mudah lagi melakukan nya karena kamu tinggal riset terlebih dulu followers yang nantinya akan melihat posting kamu. Bisa dilihat dari umur, pekerjaan dan trend yang saat ini sedang viral di dunia maya. 

 Optimasi Profil

Pada profil Instagram, kamu hanya bisa memberikan informasi dan deskripsi produk bisnis yang kamu jalani dengan terbatas, yaitu hanya sekitar 150 karakter yang bisa dituliskan. Maka dari itu optimalkan fungsi profil akun instagram bisnis kamu dengan beberapa cara untuk membuatkan jalan pintas bagi penghujung akun untuk mengetahui berbagai informasi tanpa harus melihat postingan. 

Kamu bisa menggunakan hastag atau link yang bisa langsung mengarahkan pengunjung pada sumber informasi yang dibutuhkan. Selain itu kamu bisa membuat Highlight yang menyajikan berbagai informasi penting. 

 Menentukan Jadwal Posting Konten Bisnis

Menentukan jadwal posting konten adalah suatu hal yang paling penting untuk menjadikan postingan bisnis kamu lebih berpeluang mendapatkan perhatian yang lebih dari followers. Dalam fitur instagram bisnis, kamu bisa menggunakan fitur insight dari instagram agar bisa membantu kamu menganalisis pada jam berapa saja kamu bisa posting konten produk di akun bisnis.

Setelah mengetahui tentang informasi ini, selanjutnya kamu bisa tentukan jadwal posting untuk konten yang kamu buat. Jadwal yang kamu buat bisa berubah sesuatu dengan insight instagram yang bisa kamu cek setiap harinya. 

 Membuat Konten Semenarik Mungkin

Meskipun jadwal posting yang sudah kamu buat sudah sangat pas dengan target followers yang akan kamu promosikan, tetap saja akan sia-sia jika konten yang kamu posting tidak menarik bahkan tidak layak untuk di posting. Maka jangan sembarangan untuk membuat konten, pastikan konten yang kamu buat semenarik mungkin. 

 Nah, itu dia beberapa cara optimasi akun bisnis di Instagram yang bisa kamu lakukan agar bisnis kamu makin maju dan tidak ketinggalan zaman. Kamu harus mulai manfaatkan sosial media untuk sarana bisnis yang lebih maju lagi. Karena dengan kamu mengikuti perkembangan zaman, akan membuat bisnis yang kamu jalani juga akan berkembang pesat. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu ya. 

Related Posts