Home Pinjaman Cara Mudah Mengaktifkan Tokopedia Paylter Ovo dan Indodana

Cara Mudah Mengaktifkan Tokopedia Paylter Ovo dan Indodana

by Lara Nifa
Tokopedia paylater

Fintech loan and payment platform Indodana dan juga Ovo bekerja sama dengan perusahaan teknologi Indonesia Tokopedia merilis fitur pembayaran digital dalam bentuk layanan “PayLater” sebagai solusi alternatif metode pembayaran saat berbelanja di Tokopedia menggunakan layanan Tokopedia Paylater dari dua fintech tersebut.

Fitur Tokopedia Paylater

Fitur atau layanan ini merupakan bentuk kerja sama dan juga kolaborasi antar perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan layanan, mempermudah transaksi, dan mencapai keadilan dalam ekonomi digital, sekaligus mendorong masyarakat Indonesia untuk mencapai inklusi keuangan.

Selain kartu kredit, kini ada layanan terbaru bernama PayLater yang bisa digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan Anda, seperti kartu kredit. Membeli  sekarang dan bayar nanti adalah konsep utama layanan tersebut. Walaupun masyarakat belum mengenal secara masif, sistem PayLater menjadi semakin dikenal luas karena telah banyak diadopsi oleh banyak startup populer, mulai dari website hingga dompet elektronik digital.

Ini memiliki sistem yang sama dengan kartu kredit, tetapi tidak ada proses pengajuan bank yang merepotkan. PayLater, yang saat ini banyak digunakan, dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, membeli tiket pesawat untuk akomodasi, dan pengiriman makanan.

Apa Itu OVO Paylater Tokopedia?

Aktivasi Tokpedia Paylater

Arti atau maksud dari OVO Paylater Tokopedia mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat karena baru pertama kali mendengarnya. Tidak ada yang salah tentang hal ini, karena OVO Paylater merupakan produk yang sebenarnya belum terlalu lama ada, baru diluncurkan ke publik pada awal Januari 2019 lalu.

OVO Paylater Tokopedia adalah sistem atau metode pembayaran terbaru, saat Anda bertransaksi dan juga membayar di aplikasi Tokopedia, maka kreditnya akan terbatas. Tokopedia awalnya menyediakan jalur kredit ini dari Taralite. Situs web Tokopedia bekerja sama dengan Taralite, dan Taralite sendiri merupakan perusahaan startup fintech loan.

Layanan pembayaran kredit berupa OVO Paylater Tokepedia ini hanya dapat digunakan untuk pembayaran pembelian yang dilakukan di Tokopedia. Tidak dapat digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit, membayar cicilan emas, membayar cicilan kredit, membayar reksadana serta membayar zakat.

Apa Itu Indodana Paylater Tokopedia?

Indodana PayLater merupakan layanan kredit digital yang memungkinkan Anda melakukan pembelian dengan memberikan batas kredit sebesar 500 ribu rupiah sampai dengan 25 juta rupiah. Dengan Indodana PayLater, Anda bisa membeli atau mendapatkan barang dulu, dan untuk membayarnya bisa nanti atau di kemudian hari. Indodana sendiri  telah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) OJK S-235 / NB.213 / 2018 dari pertengahan tahun 2018 lalu, lalu mendapat izin sejak Mei 2020.

Untuk apa menggunakan layanan ini, Anda dapat melakukan registrasi saat memilih metode pembayaran Indodana PayLater, atau Anda dapat mengajukan aplikasi Indodana untuk mendapatkan limit atau batasan kredit.

Cara Mengaktifkan OVO Paylater Tokopedia

Untuk pertama kali mengajukan layanan bayar nanti berupa OVO Paylater, pengguna harus memiliki aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Jika tidak atau belum terdapat aplikasi tokopedia, maka Anda bisa mengunduh melalui aplikasi Google Play Store atau App Store.

Setelah mengunduh aplikasi Tokopedia, jika Anda ingin menggunakan layanan bayar nanti OVO Paylater, Anda dapat segera memverifikasinya. Caranya adalah dengan mengunggah foto KTP dengan foto pribadi Anda. Terlepas dari apakah pengajuan diterima atau tidak, hasilnya akan diumumkan dalam waktu kurang lebih 24 jam berikutnya.

Untuk selanjutnya, saat Anda menerima hasilnya dan membuktikan bahwa telah disetujui oleh OVO sebagai pengguna, Anda akan langsung menerima batas kredit atau limit dan dapat menggunakan batas atau nilai limit tersebut untuk melakukan pembelian di aplikasi Tokopedia. Sedangkan untuk transaksi minimum adalah Rp 10.000. Untuk setiap transaksi di platform Tokopedia yang menggunakan layanan OVO Paylater Tokopedia, makan akan dikenakan biaya layanan sebesar 5%.

Cara Mengaktifkan Indodana Paylater Tokopedia

Sebelum mengaktifkan Indodana Paylater Tokopedia, maka sebelumnya Ada harus menyiapkan beberapa syarat, antara lain seperti Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto diri. Dua dokumen tersebut diperlukan untuk diunggah untuk aktivasi paylater. Untuk selanjutnya Anda hanya perlu mengikuti langkah langkah berikut ini untuk mendaftar dan mendapatkan limit Indodana Paylater.

  • Buka aplikasi Indodana di ponsel Anda, atau jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, maka Anda bisa mengunduhnya melalui Google Playstore atau App Store
  • Mengisi formulir aplikasi Indodana PayLater dan menyertakan atau melampirkan dokumen pelengkap yang dipersyaratkan seperti foto KTP dan juga foto selfie diri Anda sendiri.
  • Menunggu pemberitahuan dari Indodana tentang pengajuan aplikasi, untuk mengetahui apakah aplikasi akan disetujui atau tidak.
  • Jika pengajuan atau aktifasi Anda diterima, selanjutnya Anda bisa menggunakan nilai limit Indodana PayLater untuk berbelanja di Tokopedia.

Untuk mendapatkan niat limit dari paylater indodana, jika semua persyaratan pengajuan terpenuhi, biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Dan selanjutnya Anda bisa menggunakan layanan Tokopedia Paylater sepenuhnya.

Related Posts