Home Tips Cara mudah membuat anggaran bulanan biar tidak bokek

Cara mudah membuat anggaran bulanan biar tidak bokek

by Lara Nifa

Membuat anggaran bulanan yang baik akan membuat kesehatan keuangan Kamu antara pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya seimbang, hal ini harus dilakukan segera supaya dalam jangka waktu panjang akan memberikan kesehatan keuangan yang kamu miliki. Dengan memiliki atau merencanakan anggaran kamu bisa tahu pola kebiasaan belanja maupun transaksi apapun yang dilakukan setiap bulannya, sehingga kamu bisa mengubahnya demi keamanan keuangan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan.

 

Secara harfiah anggaran adalah metode keuangan yang disusun secara sistematis dengan berbentuk angka dan memiliki peran penting dalam mengatur kebutuhan perencanaan keuangan seseorangan maupun lembaga atau perusahaan.

Dampak Negatif Anggaran Keuangan Buruk

Dampak negatif anggaran yang buruk tidak hanya akan membuat kerugian untuk kamu sendiri juga untuk masa depanmu, anggaran yang buruk menjadi masalah yang kerap terjadi ditengah masyarakat, banyak orang yang terjerat dengan hutang yang tinggi karena tidak bisa mengelola keuangan pribadinya. masalah ini juga bisa jadi kamu rasakan jika tidak segera untuk memperbaiki anggaran keuangan dengan baik, lalu apa saja dampak negatif Anggaran keuangan buruk?

 

  • Tidak memiliki tabungan
    Dampak negatif yang paling sering terjadi pada masyarakat adalah tidak memiliki tabungan karena kurangnya mengatur anggaran sehingga pemasukan sama dengan pengeluaran setiap bulannya.

  • Terjerat Hutang
    Terjerat hutang dan melakukan tutup lobang gali lobang bisa terjadi kepada kamu jika tidak teliti untuk anggaran bulanan, dimana pengeluaran melebihi pendapatan.

  • Tidak memiliki investasi masa Depan
    Tanpa adanya anggaran bulanan yang baik maka memberikan dampak keuangan yang tidak sehat dan juga dari pendapatan tidak bisa menyisihkan beberapa persen yang digunakan untuk investasi masa depan.

  • Tidak Memiliki Dana Darurat
    Musibah maupun kebutuhan mendadak pastinya tidak bisa diprediksi oleh siapapun, dengan pengelolaan keuangan yang baik akan memberikan kamu rasa tenang ketika harus mengeluarkan dana darurat dari tabungan.

  • Selalu Merasa Tidak Memiliki Uang
    Dampak selanjutnya ketika anggaran bulanan tidak baik adalah selalu merasa tidak punya uang, hal ini dikarenakan antara pengeluaran dan pendapatan sangat menipis, apalagi ditambah adanya hutang, akan membuat seseorang menjadi stress karena tidak punya uang untuk kebutuhan lainnya.

 

Tips Membuat Anggaran Bulanan

Mungkin membuat Anggaran keuangan bulanan ini terdengar sangat sepele, padahal ketika kamu tahu perhitungan pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya, maka akan tahu kemana saja pemasukan bulanan selama ini. Jika memang ada masalah pengeluaran maka kamu harus gerak cepat untuk memperbaiki manajemen keuangan tersebut.

 

Anggaran bulanan sangat penting untuk menjaga kesehatan keuangan seseorang, karena didalam anggaran dapat menyeimbangkan pendapatan dan juga pengeluaran untuk jangka panjang. Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mempermudah membuat anggaran bulanan? simak dibawah ini ya

 

  • Menghitung Total Pemasukan
    Langkah pertama yaitu menghitung total berapa jumlah pemasukan uang kamu, misalnya dari Gaji, usaha sampingan atau bisnis yang berjalan. walaupun mungkin setiap bulannya akan memiliki jumlah yang berbeda beda namun di usahakan tetap untuk mencatat dan menghitung pemasukan kamu.

  • Membuat Daftar Belanja Kebutuhan
    Langkah yang kedua adalah dengan membuat daftar belanja seperti kebutuhan pokok, membayar listrik, membayar tagihan lainnya dijadikan satu dalam buku catatan lalu dipisahkan secara rinci mana kebutuhan yang mendesak dan juga kebutuhan yang mungkin bisa diabaikan.

  • Membuat Kategori Kebutuhan
    Langkah selanjutnya adalah membuat kategori kebutuhan pokok dan kebutuhan yang sifatnya tambahan, kebutuhan pokok wajib diutamakan karena bersifat kamu membutuhkannya untuk kehidupan sehari hari seperti makan, minum, operasional bekerja. Kebutuhan tambahan tetap dicatat dan dipelajari, jika memang tidak terlalu membutuhkan bisa dialokasikan untuk Investasi jangka panjang seperti saham, tabungan emas maupun obligasi.

  • Membuat Tujuan Finansial Bulanan
    Jika semua kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan sudah terperinci dan di targetkan tidak ada kesalahan maka langkah selanjutnya ada membuat tujuan finansial yaitu salah satu langkah mengelola keuangan pribadi atau keluarga dengan menyisihkan beberapa persen untuk tabungan atau untuk kebutuhan lainnya seperti membeli sesuatu, atau berlibur dengan sisa anggaran tersebut.

  • Evaluasi Anggaran setiap bulannya secara terperinci dan revisi kesalahan
    Setiap anggaran pasti tidak ada yang sempurna, ketika pemasukan memang belum stabil maka kamu harus berhati hati dalam membuat rincian kebutuhan pokok, jika saat ini berbeda dengan bulan lalu maka cepat lakukan revisi alokasi dana anggaran supaya tidak ada pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan, lalu jika hal ini terjadi secara terus menerus akan membuat finansial kamu akan tidak stabil.

 

Nah, jadi itulah cara mudah untuk membuat anggaran bulanan biar kamu tidak bokek dan masih dapat menabung atau mengembangkannya di bidang investasi jangka panjang, supaya lelahnya kamu bekerja masih memiliki tabungan untuk masa depan.

Related Posts